.

Selasa, 07 Maret 2017

Ekonomi Sebagai Ilmu Penunjang Teknik Industri

@B18-Edi
Mind Map


oke guys, ini adalah pertama kalinya gue nulis artikel dan gue akan mencoba membahas tentang ilmu ekonomi di dalam teknik industri. Sebelum gue masuk ke dalam pembahasan. Ada yang tau apa itu ilmu ekonomi? Apa fungsinya di dalam teknik industri? Nah buat kalian yang belum tau dan ingin menambah wawasan kalian tentang ilmu ekonomi industri, silahkan baca nih artikel.

Ilmu Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang alokasi sumber daya secara optimal untuk mencapai kemakmuran rakyat atau masyarakat.


Prof. Paul Anthony Samuelson ( ahli ekonomi dari Massachussets Institute of Technologi ) mengemukakan 6 definisi ekonomi :

  1. Ilmu ekonomi / ekonomi politik adalah suatu studi tentang kegiatan yang dengan / tanpa menggunakan uang, mencakup atau melibatkan transaksi-transaksi pertukaran antar manusia.
  2. Suatu studi mengenai bagaimana orang menjatuhkan pilihan yang tepat untuk memenfaatkan sumber-sumber produktif yang langka dan terbatas jumlahnya, untuk menghasilkan berbagai barang serta mendistribusikannya kepada anggota masyarakat untuk mereka konsumsi.
  3. studi tentang manusia dalam kegiatan hidup mereka sehari-hari untuk mendapat dan menikmati kehidupan.
  4. studi tentang bagaimana manusia bertingkah pekerti untuk mengorganisasi kegiatan-kegiatan konsumsi dan produksinya
  5. suatu studi tentang kekayaaan.
  6. suatu studi tentang cara-cara memperbaiki masyarakat.


Jenis-jenis Ilmu Ekonomi

Jenis-jenis analisis ilmu ekonomi yaitu sebagai berikut :

  1. Teori Ekonomi (Analysa Economic), yakni ilmu yang menerangkan hubungan peristiwa-peristiwa ekonomi kemudian merumuskan hubungan-hubungan itu dalam suatu hokum ekonomi. Contoh : Hukum Permintaan (Jika harga suatu barang naik maka jumlah barang yang diminta akan berkurang. Jika harga barang turun maka jumlah barang yang diminta akan bertambah), Hukum Penawaran (Jika harga barang naik maka jumlah yang ditawarkan akan bertambah. Jika harga barang turun maka jumlah yang ditawarkan akan berkurang), Teori Produksi, dan lain-lain.
  2. Ekonomi Deskriptif (Descriptive Economics), yakni ilmu yang menggambarkan keadaan yang sebenarnya dari wujud dalam perekonomian. Contohnya seperti keadaan petani di Jawa Tengah, inflasi yang meningkat pada tahun 1998, dan lain-lain.
  3. Ekonomi terapan (Aplied Economics), yakni ilmu ekonomi yang mengkaji tentang kebijakan-kebijakan yang perlu dilaksanakan dalam mengatasi masalah-masalah ekonomi. Contoh : Ekonomi Moneter, Ekonomi Koperasi, Ekonomi Perusahaan, dan lain-lain.
Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi

Ilmu ekonomi memiliki ruang lingkup mikro dan makro sehingga mudah untuk dipelajari. Keduanya memberikan batasan dan asumsi yang jelas.  


  • Ekonomi Mikro
Ekonomi Mikro merupakan cabang ilmu ekonomi yang khusus mempelajari bagian-bagian kecil (aspek individual) dari keseluruhan kegiatan perekonomian. Analisis dalam teori ekonomi mikro antara lain meliputi perilaku pembeli (konsumen) dan produsen secara individua dalam pasar. Sikap dan perilaku konsumen tercermin dalam menggunakan pendapatan yang diperolehnya, sedangkan sikap dan perilaku produsen tercermin dalam menawarkan barangnya. Jadi inti dalam ekonomi mikro adalah masalah penentuan harga, sehingga ekonomi mikro sering dinamakan dengan teori harga (price theory).
Tujuan dan sasaran analisis ekonomi mikro lebih dititikberatkan kepada bagaimana membuat pilihan untuk;
1) mewujudkan efisiensi dalam penggunaan sumber-sumber, dan
2) mencapai kepuasan yang maksimum.


  • Ekonomi Makro
Ekonomi Makro merupakan cabang ilmu ekonomi yang khusus mempelajari mekanisme bekerjanya perekonomian sebagai suatu keseluruhan (agregate) berkaitan dengan penggunaan faktor produksi yang tersedia secara efisien agar kemakmuran masyarakat dapat dimaksimumkan. Apabila yang dibicarakan masalah produsen, maka yang dianalisis produsen secara keseluruhan, demikian halnya jika konsumen maka yang diananlisis adalah seluruh konsumen dalam mengalokasikan pendapatannya untuk membeli barang/jasa yang dihasilkan oleh perekonomian. Demikian juga dengan variabel permintaan, penawaran, perusahaan, harga dan sebaginya. Intinya ekonomi makro menganalisis penentuan tingkat kegiatan ekonomi yang diukur dari pendapatan, sehingga ekonomi makro sering dinamakan sebagai teori pendapatan (income theory).
Tujuan dan sasaran analisis ekonomi makro antara lain membahas masalah
1) sisi permintaan agregate dalam menentukan tingkat kegiatan ekonomi, dan
2) pentingnya kebijakan dan campur tangan pemerintah untuk mewujudkan prestasi kegiatan ekonomi yang diinginkan.


Definisi Ilmu Ekonomi Industri

Ekonomi industri yaitu ilmu ekonomi yang mempelajari aspek ekonomi dari industri yaitu aspek pasar dan perusahaan. Tujuan dari ekonomi industri yaitu menerangkan cara-cara perkembangan dalam sektor ekonomi.

  • Definisi ilmu ekonomi industri dari segi mikro
Yaitu kumpulan perusahaan-perusahaan yang memproduksi barang-barang yang homogen dan substitusi yang erat (Hasibuan).

  • Definisi ilmu ekonomi industri dari segi makro
Yaitu pembentukan pendapatan dan dapat menambah nilai tambah yang lebih besar.
Dalam ilmu ekonomi industri terdapat 2 pendekatan yaitu :

  1. Pendekatan empiris ; nyata/fakta yang terjadi di lapangan
  2. Pendekatan teoritis ; berdasarkan teori yang dipelajari

    Ruang Lingkup Ekonomi Industri
    Didalam ilmu ekonomi industri, terdapat beberapa variabel yang ada didalam perusahaan-perusahaan industri
    Variabel-variabel ilmu ekonomi industri yaitu 
    1. Struktur industri 
    2. Perilaku industri
    3. Kinerja industri
      
Tipe perusahaan dalam ilmu ekonomi industri 

Dalam ilmu ekonomi industri terdapat dua tipe perusahaan yaitu
  • Perusahaan berkompetisi, contohnya pasar persaingan sempurna
  • Perusahaan bebas,contohnya pasar oligopoli
Perusahaan dalam perekonomian, ada yang mampu bertahan dan ada yang tidak mampu bertahan. Perusaahan yang mampu bertahan menggunakan strategi bisnis sehari-hari. Ada beberapa faktor yang menyebabkan perusahaan tidak mampu bersaing yaitu :

  1. Kekurangan modal
  2. Kekurangan SDM
  3. Kekurangan strategi


Nah, sekarang sudah paham kan guys? jadi kesimpulannya adalah di dalam teknik industri terdapat pula ilmu ekonomi yang memiliki fungsi mengatur segala pengeluaran dan pemasukan serta berfungsi dalam memanagement sebuah perusahaan entah perusahaan kecil ataupun perusahaan besar.

 Sekian dulu nih dari gue, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Aamiinn..
 
Sumber:
https://rizalsamsu1922.wordpress.com/semester-1ep/ekonomi-industri/(diakses 6 maret 2017)
http://martuateknik-industri.blogspot.co.id/2012/05/pengantar-ilmu-ekonomi-dan-ekonomi.html(diakses 6 maret 2017)
http://bambangbintorosutarno.blogspot.co.id/2013/10/definisi-dan-ruang-lingkup-ekonomi_1495.html(diakses 6 maret 2017)
http://mkekonomiindustri.blogspot.co.id/(diakses 6 maret 2017)
http://muhammadrafiy.blogspot.co.id/2015/08/normal-0-false-false-false-in-x-none-x.html
(diakses 6 maret 2017)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.