.

Sabtu, 31 Maret 2018

Pasar Persaingan Sempurna


Abstrak
Pada pasar ini kekuatan permintaan dan kekuatan penawaran dapat bergerak secara leluasa. Ada pun harga yang terbentuk benar-benar mencerminkan keinginan produsen dan konsumen. Permintaan mencerminkan keinginan konsumen, sementara penawaran mencerminkan keinginan produsen atau penjual.
Bentuk pasar ini terdapat pula perdagangan kecil dan penyelenggaraan jasa-jasa yang tidak memerlukan keahlian istimewa (pertukangan, kerajinan).

Dalam persaingan sempurna ini pembeli dan penjual berjumlah banyak. Artinya, jumlah pembeli dan jumlah penjual sedemikian besarnya, sehingga masing-masing pembeli dan penjual tidak mampu mempengaruhi harga pasar. Dengan demikian masing-masing pembeli dan penjual telah menerima tingkat harga yang terbentuk di pasar sebagai suatu datum atau fakta yang tidak dapat di ubah. Bagi pembeli, barang atau jasa yang ia beli merupakan bagian kecil dari keseluruhan jumlah pembelian masyarakat. Bagi penjual pun berlaku hal yang sama sehingga bila penjual menurunkan harga, ia Akan rugi sendiri, sedangkan bila menaikan harga. Maka pembeli akan lari penjual lainnya.
Kata kunci:  pasar persaingan sempurna
Rumusan masalah
  1. definisi
  2. Ciri-ciri pasar persaingan sempurna.
  3. Kebaikan & keburukan pasar persaingan sempurna.
Pembahasan 

1.      Definisi
 pasar persaingan sempurna adalah suatu pasar di mana jumlah penjual dan pembeli (konsumen) sangat banyak dan produk atau barang yang ditawarkan atau dijual sejenis atau serupa.

2.      Ciri-ciri
a.    Terdiri atas Banyak Penjual & Pembeli
Adanya sifat ini, mengakibatkan perilaku penjual dan pembeli tidak bisa memengaruhi keadaan pasar, dengan kata lain mereka hanya sebagian kecil dari unsur pasar secara keseluruhan.
b.    Adanya Kebebasan untuk Membuka dan Menutup Perusahaan (Free Entry and Free Exit)
Artinya adalah tidak terdapat suatu hambatan apabila suatu perusahaan ingin memulai sebuah bisnis baru jika dianggapnya menguntungkan, dan menutup usahanya jika ternyata merugikan. Tidak seperti pasar lain yang mungkin ada keterikatan dalam membuka dan menutup pasar misalnya dengan adanya surat perjanjian.

c.    Barang yang Diperjualbelikan Bersifat Homogen

Perusahaan menghasilkan barang di mana barang tersebut merupakan pengganti yang sempurna terhadap barang yang diproduksi oleh perusahaan lain dalam semua aspek, sehingga produk identik sama atau tidak bisa dibedakan.

d.    Penjual & Pembeli Memiliki Pengetahuan yang Sempurna tentang Pasar

Penjual dan pembeli sangat mengetahui betul tentang keadaan pasar dalam hal tingkat harga yang berlaku di pasar dan meliputi setiap perubahannya. Pengetahuan tentang keadaan ini yang mengakibatkan:
- Semua sumber daya digunakan sepenuhnya untuk menghasilkan keuntungan yang maksimal.
- Tidak ada produsen yang menjual barang dangan harga yang lebih rendah dari harga pasar.
- Tidak ada konsumen yang membeli barang dengan harga yang lebih tinggi dari harga pasar
e.    Mobilitas atau Perpindahan Sumber Ekonomi Cukup Sempurna
Maksudnya adalah tidak ada kesulitan sedikit pun jika sumber daya atau faktor produksi ingin dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya. karena pada dasarnya semua tempat produksi memiliki kesamaan baik dalam metode pembuatan hingga penjualannya kepada pembeli.
  1. Kebaikan & keburukan pasar persaingan sempurna.
Kebaikannya:
a. Persaingan sempurna memaksimumkan efisiensi
b. Kebebasan bertindak dan memilih
keburukannya :
a. Persaingan sempurna tidak mendorong inovasi
b. Persaingan sempurna adakalanya menimbulkan biaya social
c. Membatasi pilihan konsumen
d. Biaya produksi dalam persaingan sempurna mungkin lebih tinggi

kesimpulan

pasar persaingan sempurna adalah suatu pasar di mana jumlah penjual dan pembeli (konsumen) sangat banyak dan produk atau barang yang ditawarkan atau dijual sejenis atau serupa. ciri-ciri persaingan pasar sempurna yaitu terdiri atas banyak penjual & pembeli, adanya kebebasan untuk membuka dan menutup perusahaan (Free Entry and Free Exit), barang yang diperjualbelikan bersifat homogen, penjual & pembeli memiliki pengetahuan yang sempurna tentang pasar, mobilitas atau perpindahan sumber ekonomi cukup sempurna, kebaikannya: Persaingan sempurna memaksimumkan, kebebasan bertindak dan memilih, keburukannya antara lain: Persaingan sempurna tidak mendorong inovasi, Persaingan sempurna adakalanya menimbulkan biaya social, Membatasi pilihan konsumen, Biaya produksi dalam persaingan sempurna mungkin lebih tinggi, Distribusi pendapatn tidak selalu merata

daftar referensi 
1. Rahardja, Prathama. dan Mandala Manurung. 2006 .Teori Ekonomi Mikro Suatu pengantar. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia
2. Djojodipuro, Marsudi. 1994. Pengantar Ekonomi untuk Perencanaan. Jakarta: UI-Press.   Buku Mikro Ekonomi “ Teori Pengantar” Edisi Ketiga, penulis Sadono Sukirmo
3. A. Karim, Adiwarman, Ekonomi Mikro Islami, Jakarta: PT RajaGrafindo, 2007.
4. Aziz, Abdul, Ekonomi Islam Analisis Mikro dan Makro, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2008. 
5. Kahf, Monzer, Ekonomi Islam: Telaah Analitik terhadap Fungsi Sistem Ekonomi Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1995.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.