.

Sabtu, 14 April 2018

Penggolongan Sektor Produksi dalam Perekonomian

@Proyek-07, @C18-Devi
Oleh: Devi Yanti Naibaho
Abstrak
Pembangunan Ekonomi suatu bangsa merupakan pilar penting bagi terselenggaranya proses pembangunan di segala bidang.
Karena jika pembangunan ekonomi suatu bangsa berhasil, maka bidang-bidang lain akan sangat terbantu. Sektor produksi juga sebagian dari tercapainya sebuah pembangunan ekonomi karena dari sektor ini dapat memenuhi kebutuhan manusia untuk mencapai kemakmuran.
Kata kunci : Sektor produksi, produksi
Pendahuluan
          Kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh suatu negara tidak dapat lepas dari peran konsumen dan peran produsen, karena kedua pihak tersebut saling berhubungan satu sama lain. Konsumen atau rumah tangga konsumsi menyediakan faktor-faktor produksi yang ditujukan kepada produsen. Adapun produsen atau rumah tangga produksi meminta faktor produksi tersebut untuk dikombinasikan, sehingga menghasilkan barang atau jasa.
Permasalahan
a.       Apa itu produksi ?
b.      Apa saja yang termasuk penggolongan sektor produksi dalam perekonomian ?
Pembahasan
Produksi merupakan suatu kegiatan yang dikerjakan untuk menambah nilai guna suatu benda atau menciptakan benda baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan. Kegiatan menambah daya guna suatu benda tanpa mengubah bentuknya dinamakan produksi jasa. Sedangkan kegiatan menambah daya guna suatu benda dengan mengubah sifat dan bentuknya dinamakan produksi barang.
Produksi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia untuk mencapai kemakmuran. Kemakmuran dapat tercapai jika tersedia barang dan jasa dalam jumlah yang mencukupi. Orang atau perusahaan yang menjalankan suatu proses produksi disebut Produsen.
Faktor-faktor Produksi :
1. Alam.
2. Tenaga kerja.
3. Modal.
4. Kewirausahaan.

Sektor-sektor Produksi dalam Perekonomian
1. Produksi sektor primer
Produksi sektor primer adalah mengolah eksplorasi sumber alam. Contoh produksi sektor primer adalah seperti kegiatan pertanian, pertambangan dan perikanan.

2. Produksi sektor sekunder
Produksi sektor sekunder adalah mengolah hasil sektor primer menjadi barang siap pakai. Contoh produksi sektor sekunder adalah seperti kegiatan pabrik susu dan penerbitan buku.

3. Produksi sektor tersier
Produksi sektor tersier adalah menyediakan jasa. Contoh produksi sektor tersier adalah seperti kegiatan perbankan, pendidikan yang dilakukan guru, kegiatan salon kecantikan dan kegiatan perancangan interior rumah.

4. Produksi sektor publik
Produksi sektor publik adalah kegiatan produksi yang dimiliki oleh negara atau pemerintah. Contoh produksi sektor publik adalah seperti kegiatan PT PLN Persero, kegiatan PT Pos Indonesia dan kegiatan PT Kereta Api Indonesia.

5. Produksi sektor swasta
Produksi sektor swasta adalah kegiatan produksi yang dimiliki oleh perseorangan atau kelompok tertentu (bukan pemerintah). Contoh produksi sektor swasta adalah seperti kegiatan yang dilakukan oleh Astra Grup, BCA Grup dan Media Indonesia.

6. Produksi sektor konsumsi
Produksi sektor konsumsi adalah kegiatan produksi yang menghasilkan barang atau jasa yang langsung dapat memenuhi kebutuhan manusia.

7. Produksi sektor investasi
Produksi sektor unvestasi adalah kegiatan produksi yang menghasilkan barang atau jasa yang dibutuhkan oleh produksi sektor konsumsi.

Perluasan Produksi Dan Peningkatan Mutu
Seorang produsen akan selalu berusaha meningkatkan jumlah dan mutu produksinya dengan cara antara lain yakni sebagai berikut:
  • Ekstensifikasi.
  • Intensifikasi.
  • Diversifikasi.
  • Rasionalisasi.
  • Meningkatkan kualitas bahan baku lewat pemilihan dan pengawasan bahan baku serta berbagai penelitian.
  • Meningkatkan kualitas SDM “Sumber Daya Manusia”
  • Mekanisasi.
  • Rehabilitasi

Daftar Pustaka
Sanwindayani. 2014. SEKTOR- SEKTOR PEREKONOMIAN INDONESIA. Dalam https://sanwindayani.wordpress.com/2014/04/04/sektor-sektor-perekonomian-indonesia/. Diakses [13 April 2018]
Produksi. WIKIPEDIA.COM. Dalam https://id.wikipedia.org/wiki/Produksi. Diakses [13 April 2018]
Hidayat, Rahmad. 2015. Empat Jenis-jenis Kegiatan Ekonomi. Dalam https://www.kitapunya.net/2015/08/empat-jenis-jenis-kegiatan-produksi.html. Diakses [13 April 2018]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.