.

Senin, 05 Maret 2018

@Proyek-02 Memahami Konsep Mekanisme Pasar

Sumber :
https://sites.google.com/site/seanketchumbusinesssite/home/chapter-10--marketing
Berlaku   5 - 11 Maret 2018.

Simak topik hari ini dengan baik dan cerdas, supaya mendapat pemahaman. Dalam durasi 7 x 24 jam, buatlah artikel dan mind map berkaitan dengan Pokok Bahasan Pertemuan 1 : Memahami Konsep mekanisme Pasar.


Cermati panduan proyek pekan ini :


1. Baca Buku "Pengantar Ilmu Ekonomi"  sesuai dengan Bab yang sedang dibahas secara  cermat dan pahami dengan baik (Bab 1 Memahami Konsep Mekanisme Pasar):

1. Permintaan
2.Penawaran
3. Harga Keseimbangan
4. Perubahan Keseimbangan Pasar
5. Surplus Ekonomi
6. Kegagalan Pasar
7. Intervensi Pemerintah
8. Elastisitas Permintaan
9. Elastisitas Penawaran


2. Buat artikel dengan mengacu pada topik yang mengacu pada buku tersebut (Poin 1), sengan judul singkat, aktual dan menarik.

3. Sistematika Artikel meliputi : Judul; Nama dan Kode Peserta; Abstrak; Kata Kunci; Pendahuluan; Isi/Permasalahan; Kesimpulan; Daftar Pustaka.

4. Artikel ditulis dengan mengacu pada berbagai  sumber : text book,artikel ilmiah (jurnal),  artikel ilmiah populer dan sebagainya (minimal lima sumber).

5. Panjang artikel 300 - 500 kata. Dilarang keras Copas, silahkan Kutip.

6. Cantumkan daftar pustaka , sesuai dengan kaidah penulisan dan penyusunan yang benar.

7. Lengkapi dengan mind map yang menarik

8. Posting artikel di web-blog edukasi Ekonomi123.com ini dengan label : Kode Peserta dan Kode Proyek (@Proyek-02).

9. Share artikel Anda melalui berbagai media sosial (minimal 1.000 viewer).



Lihat :



13 komentar:

  1. @C18-Devi
    mekanisme pasar adalah proses penentuan harga berdasarkan permintaan dan penawaran. Permintaan sendiri adalah keinginan konsumen dalam membeli suatu barang atau jasa dalam berbagai tingkat harga selama periode tertentu sedangkan penawaran adalah jumlah barang/jasa yang ditawarkan pada tingkat harga tertentu selama satu periode.

    BalasHapus
  2. @C06-Bendy
    Mekanisme pasar adalah kecenderungan dalam pasar bebas untuk terjadinya perubahan harga sampai pasar menjadi seimbang (jumlah yang ditawarkan sama dengan jumlah yang diminta). Namun, mekanisme pasar bisa disebut juga sebagai proses penentuan tingkat harga berdasarkan kekuatan permintaan dan penawaran.

    BalasHapus
  3. @C17-Guntur

    Menurut strukturnya pasar dibedakan menjadi empat jenis:

    1.Pasar persaingan sempurna
    2.Pasar Monopoli
    3.Pasar persaingan monopoli
    4.Pasar oligopoli

    BalasHapus
  4. @C10-Rayhan
    suatu proses penentuan tingkat harga berdasarkan dari kekuatan permintaan dan penawaran. Definisi mekanisme pasar yang lainnya yaitu kecenderungan dalam pasar bebas untuk terjadinya perubahan dari harga hingga pasar menjadi seimbang (jumlah yang penawaran sama dengan jumlah permintaan).

    BalasHapus
  5. @C14-Maulani
    Secara sederhana dapat dikatakan bahwa pasar berfungsi membantu para
    pelaku ekonomi untuk saling memenuhi kebutuhan mareka yang berbeda-beda.
    Pada dasarnya pasar tidak akan pernah dapat dipisahkan dari aktivitas
    ekonomi yang dilakukan oleh para pelaku ekonomi, baik negara maupun individu.
    Hampir segala upaya yang dilakukan oleh para pelaku ekonomi dalam rangka
    memenuhi kebutuhannya akan barang dan jasa dilakukan dengan bertransaksi
    dengan para pelaku ekonomi lainnya.

    BalasHapus
  6. Karena adanya kegagalan pasar, pemerintah harus ikut campur tangan (intervensi) yaitu ssebagai berikut:
    a. Kontrol Harga : Pemerintah menetapkan harga terendah,harga tertinggi, dan pembatasan produksi suatu produk
    b. Pajak dan Subsidi: dalam menentukan pajak dan subsidi pemerintah harus memperhatikan elastisitas permintaan dan penawaran
    c. Tarif dan Kuota : pemerintah menentukan tarif (pajak impor) dan kuota impor (pembatasan jumlah impor).

    BalasHapus
  7. @C15-Farhan

    Mekanisme pasar merupakan suatu sistem yang cukup efisien dalam menalokasi berbagai faktor produksi dan mengembangkan perekonomian, tetapi dalam keadaan tertentu dapat menimbulkan akibat yang buruk sehingga dibutuhkan campur tangan dari pemerintah untuk memperbaikinya.

    BalasHapus
  8. @C23-Lestari

    Menurut saya mekanisme pasar terdiri atas pasar, negara, individu  dan masyarakat yang selalu menjadi diskursus hangat  dalam ilmu ekonomi. Pasar memainkan peranan yang sangat penting dalam sistem perekonomian. Pasar bebas menentukan cara-cara produksi dan harga, tidak boleh ada gangguan yang mengakibatkan rusaknya keseimbangan pasar. Mekanisme pasar juga membandrol harga yang sesuai dengan kekuatan penawaran dan permintaan di pasar, maka harga barang tidak boleh ditetapkan pemerintah, karena ketentuan harga dalam mekanisme pasar tergantung pada hukum supply and demand.

    BalasHapus
  9. @C05-Alvian

    Pada prinsipnya, harga yang dibentuk oleh mekanisme pasar bergerak secara bebas sesuai hukum permintaan dan penawaran. Jika penawaran lebih besar dari permintaan, maka harga akan cenderung rendah. Begitupun jika permintaan lebih tinggi sementara penawaran terbatas, maka harga akan cenderung mengalami peningkatan.

    Mekanisme pasar yang bisa berjalan secara sehat akan dapat membentuk kondisi yang seimbang antara permintaan dan penawaran, yaitu kondisi di mana tidak ada kelebihan ataupun kekurangan stok. Sehingga jumlah barang yang ditawarkan dalam satu periode tertentu sama dengan barang yang diminta. Pada kondisi inilah harga keseimbangan akan terbentuk.

    BalasHapus
  10. @C13-Lucia
    Menurut saya pasar sangat erat hubungannya dengan kehidupan manusia sehari-hari. Pasar memiliki peranan yang sangat penting dalam perekonomian masyarakat. Maka dari itu untuk membentuk suatu hubungan ekonomi yang baik dalam suatu pasar diadakanlah yang namanya mekanisme pasar. Dengan adanya mekanisme pasar yang efisien pasar akan berjalan sesuai dengan fungsinya masing-masing dan membentuk suatu kondisi yang seimbang.

    BalasHapus
  11. @C04-Abi
    Mekanisme pasar merupakan suatu sistem yang cukup efisien dalam menalokasi berbagai faktor produksi dan mengembangkan perekonomian, tetapi dalam keadaan tertentu dapat menimbulkan akibat yang buruk sehingga dibutuhkan campur tangan dari pemerintah untuk memperbaikinya.

    Mekanisme pasar dapat mengalokasikan faktor produksi dengan cukup efisien dan juga dapat mendorong perkembangan dari ekonomi yang disebabkan karena dia mempunyai beberapa kebaikan, diantaranya seperti di bawah ini:

    Pasar dapat memberikan informasi yang sangat tepat.
    Pasar dapat memberi perangsang untuk mengembangkan kegiatan.
    Pasar dapat memberi perangsang untuk mendapatkan keahlian yang lebih modern.
    Pasar dapat menggalakan penggunaan barang dan juga faktor produksi secara efisien.
    Pasar dapat memberikan kebebasan yang cukup tinggi pada masyarakat untuk melakukan berbgai kegiatan ekonomi.
    Beberapa kelemahan dari mekanisme pasar, diantaranya seperti di bawah ini:

    Kebebasan yang tidak memiliki batas, dapat menindas golongan yang lemah.
    Kegiatan dari ekonomi sangat tidak stabil keadaannya, mekanisme pasar yang bebas dapat menyebabkan perekonomian akan mengalami kegiatan naik-turun yang tak teratur.
    Sistem pasar dapat menyebabkan monopoli, tidak selalu mekanisme pasar itu merupakan sistem pasar persaingan sempurna, yang dimana harga dan juga jumlah barang yang diperjualbelikan ditentukan oleh permintaan pembeli dan penawaran penjual yang banyak jumlahnya.
    Mekanisme pasar tidak bisa menyediakan beberapa jenis barang secara efisien.
    Kegiatan dari pembeli atau konsumen dan produsen mungkin dapat menimbulkan “eksternalitas” yang merugikan, Disini yang dimaksud dengan “eksternalitas” yaitu akibat sampingan (buruk atau baik) yang dapat ditimbulkan oleh kegiatan mengkonsumsi ataupun menproduksi.

    BalasHapus
  12. @C07-Niko
    mekanisme pasar adalah suatu sistem yang cukup efisien dalam menalokasi berbagai faktor produksi dan mengembangkan perekonomian, tetapi dalam keadaan tertentu dapat menimbulkan akibat yang buruk sehingga dibutuhkan campur tangan dari pemerintah untuk memperbaikinya.
    mekanime pasar akan baik jika dikelolah sesuai dengan ruang dan fungsinya. mekanisme pasar dibagi oleh beberapa seperti market, produk dan lain-lain

    BalasHapus
  13. C08-Selvy
    Mekanisme pasar menurut ilmu ekonomi adalah bertemunya permintaan dengan penawaran. Sehingga pasar bersifat interaktif bukan fisik. Sedangkan pengertian mekanisme pasar sendiri adalah proses penentuan tingkat harga berdasarkan kekuatan permintaan dan penawaran

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.