.

Senin, 05 Maret 2018

ILMU EKONOMI

Lestari Febrina Tanjung
41617010048

ABSTRAK
                Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Inti dari permasalahan ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan antar kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas. Sedangkan kita tahu bahwa manusia tidak pernah merasa puas dengan apa yang sudah dimiliki. Padahal kenyataan kita harus mempelajari ilmu ekonomi itu sendiri agar kita tau permasalahan ekonomi yang sering kali terjadi di sekitaran kita atau pun ruang lingkup yang luas yang bisa menjaring ke masalah dunia.
KATA KUNCI
Ilmu ekonomi, masalah-masalah ekonomi, belajar tentang ilmu ekonomi, ruang lingkup ekonomi
A.PENDAHULUAN
                Ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari cara-cara yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan yang tidak terbatas menggunakan sumber daya yang terbatas. Sumber daya yang terbatas itu sendiri terdiri atas tanah, tenag kerja, modal, dan kewirausahaan. Sedangakan dari kebutuhan manusia yang tidak terbatas itu sendiri dapat menimbulkan masalah inti dari ekonomi yang menimbulkan kelangkaan dari sumber daya terbatas.
B.RUMUSAN MASALAH
1.       Apa itu ilmu ekonomi ?
2.       Apa yang menjadi masalah-masalah ilmu ekonomi ?
3.       Mengapa kita harus mempelajari ilmu ekonomi ?
4.       Apa saja ruang lingkup ilmu ekonomi ?
C.PEMBAHASAN
1.Pengertian Ilmu Ekonomi
                Ilmu ekonomi adalah imu sosial yang mempelajari bagaimana cara manusia berusaha untuk dapat memenuhi kebutuhan dengan sebaik-baiknya dalam usaha mencapai kemakmuran (terminologi).
Ekonomi merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubugan dengan produksi, distribusi dan konsumsi. Istilah ekonomi sendiri berasal dari bahasa Yunani “oikos” artinya keluarga atau rumah tangga sedangkan “nomos” artinya peraturan atau aturan hukum, dan secara garis besar ekonomi diartikan sebagai “aturan rumah tangga” atau “manajemen rumah tangga”. ( Anifia Adriati, 2017 )
Secara fundamental dan historis, ilmu ekonomi dapat dibedakan menjadi 2 yaitu :
·         Ilmu Ekonomi Positif yang membahas deskripsi mengenai fakta situasi dan hubungan yang terjadi dalam ekonomi serta melibatkan diri dalam masalah apa yang terjadi.
·         Ilmu Ekonomi Normatif yang membahas tentang pertimbangan-pertimbangan nilai etika dan beranggapan bahwa ilmu ekonomi harus melibatkan diri dalam mencari jawaban atas masalah apa yang seharusnya terjadi.
2. Masalah-masalah dalam Ilmu Ekonomi
                Masalah ekonomi adalah masalah yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari baik dalam jual beli, atau tawar menawar, maupun ekspor impor. Dalam kehidupan sekarang terutama di Indonesia terdapat beberapa masalah-masalah dalam ilmu ekonomi yaitu :
·         Pengangguran
Pengangguran adalah masalah ekonomi yang paling krusial, karena kenyataannya lapangan pekerjaan yang tersedia tidak memungkinkan dengan jumlah peminat kerja yang sangat banyak.
·         Kemiskinan
Kemiskinan adalah masalah yang tidak pernah tuntas karena masalah ini adalah masalah yang muncul terus menerus. Bahkan tujuan yang paling penting dalam ilmu ekonomi adalah memberantas kemiskinan.
·         Harga
Harga adalah masalah ekonomi yang muncul saat perayaan-perayaan keagamaan. Harga selalu membumbung tinggi saat perayaan besar keagamaan, apalagi harga sembilan bahan pokok (sembako).
·         Profit
Profit dalam ilmu ekonomi adalah bagaimana cara kita untuk memperoleh laba dengan modl yang sekecil-kecilnya.
·         Inflasi
Inflasi dalam lingkup ilmu ekonomi adalah kita akan terus menerus berkelut dengan masalah. Karena inflasi diartikan sebagai kenaikan harga barang yang naik terus menerus akibat banyaknya uang yang beredar di masyarakat.
3.Mengapa kita harus mempelajari Ilmu Ekonomi ?
Kita harus mempelajari ilmu ekonomi agar kita mengetahui hubungan yang terjadi diantara peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam perekonomian, dapat memanfaatkan segala peristiwa yang terjadi seputar ekonomi untuk dijadikan sebuah landasan dalam mengambil sebuah kebijakan atau keputusan dalam menghadapi segala permasalahan yang ditemui, dan dapat menciptakan suatu kondisi yang kondusif dan baik bagi kemajuan perekonomian.
4.Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi
                Ilmu ekonomi memiliki ruang lingkup yaitu ruang lingkup mikro dan ruang lingkuo makro, dimana kedua ruang lingkup tersebut memberi batasan dan asumsi yang jelas adanya.
·         Ruang lingkup ekonomi mikro adalah ruang lingkup yang merupakan cabang ilmu ekonomi yang khusus mempelajari bagian-bagian kecil dari keseluruhan kegiatan perekonomian. Analisis dalam teori ekonomi mikro antara lain meliputi perilaku pembeli konsumen dan produsen secara individual dalam pasar..
·         Ruang lingkup ekonomi makro adalah ruang lingkup yang merupakan cabang ilmu ekonomi yang khusus mempelajari mekanisme bekerjanya perekonomian sebagai suatu keseluruhan berkaitan dengan penggunaan faktor produksi yang tersedia secara efisien agar kemakmuran masyarakat dapat dimaksimumkan.
D.KESIMPULAN
                Inti masalah dari ekonomi pada hakekatnya terletak pada keterbatasan sarana untuk memenuhi kebutuhan hidup. Keberadaan sumber daya alam yang apabila terus menerus diambil bisa membuat kelangkaan dari sumberdaya tersebut, sehingga tidak menutup kemungkinan suatu saat dunia akan benar-benar mengalami krisis karena kelangkaan bahkan kehabisan hasil sumberdaya. Sesuai degan perkembangan penduduk serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, jenis dan jumlah kebutuhan akan selalu bertambah. Untuk mengimbangi perkembangan tersebut produksi barangdan jasa perlu terus menerus ditingkatkan. Dalam hal ini ilmu ekonomi sangat diperlukan untuk mengatasi persoalan yang berhubungan dengan upaya untuk menciptakan kemakmuran masyarakat.
E.DAFTAR PUSTAKA
Sarpi.2012.Ilmu ekonomi.sarpiepie.blogspot.co.id.dalam http://sarpiapie.blogspot.co.id/2012/10/makalah-ilmu-ekonomi.html
Diakses, Minggu 7 Oktober 2012
Ferdiansyah, Azhari 2013.pengertian dan ruang lingkup ekonomi.basicekonomi.blogspot.co.id.dalam http://basicekonomi.blogspot.co.id/2013/05/pengertian-dan-ruang-lingkup-ekonomi.html
Diakses, Jumat 31 Mei 2013
Dian, Ahmad  2017.tujuan mempelajari ilmu ekonomi.dosenekonomi.com.dalam https://dosenekonomi.com/ilmu-ekonomi/tujuan-mempelajari-ilmu-ekonomi
Diakses, Rabu 7 September 2017
Nur, Debby 2011.masalah ekonomi.debudeboo.wordpress.com.dalam https://debydeboo.wordpress.com/2011/04/26/masalah-ekonomi/
Diakses, Kamis 26 April 2011
Luffy,Monkey 2017.pengertian ilmu ekonomi dan pembagian ilmu ekonomi beserta contohnya.minidjleg.blogspot.co.id.dalam
Diakses, Selasa 20 Juni 2017


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.