.

Senin, 07 Maret 2016

Barang Akhir, Barang Modal, dan Barang Antara

Barang akhir atau (final good) adalah barang yang di hasilkan oleh berbagai kegiatan ekonomi dan dapat di gunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Barang akhir dapat di bedakan ke dalam dua golongan , yaitu:
a. Barang tahan lama ( durable good ), misalnya mobil, televisi,almari es , perabot rumah tangga.
b. Barang tidak tahan lama ( non- durable good ) misalnya makanan segar , buah-buahan , sayur-sayuran .
Barang modal ( capital good ) sebagian barang di hasilkan bukan untuk memenuhi langsung kebutuhan konsumen , melainkan di gunakan untuk menghasilkan barang- barang lain . contoh nya adalah mesin-mesin traktor, bangunan pabrik.
Barang antara ( intermediate good ) . Barang-barang yang belum menjadi barang aktif dan masih akan di proses lagi sebelum sebelum dapat di gunakan oleh konsumen di namakan barang antara. contoh nya besi baja dan tekstil.
Dalam bidang ekonomi, "barang modal" adalah istilah khusus yang mengacu pada benda nyata yang dimiliki oleh individu, organisasi, atau pemerintah yang akan digunakan dalam produksi barang atau komoditas. Barang modal termasuk pabrik, mesin, peralatan, perlengkapan, dan berbagai bangunan yang digunakan untuk menghasilkan produk lain untuk konsumsi.
Barang modal umumnya buatan manusia, dan tidak termasuk sumber daya alam seperti tanah atau mineral, atau "modal manusia" – keterampilan intelektual dan fisik dan tenaga kerja yang disediakan oleh pekerja manusia.
Barang Antara adalah meliputi bahan baku maupun bahan penolong yang belum melalui proses pengolahan ataupun sudah melalui proses pengolahan dan biasanya habis dipakai dalam proses produksi atau umur pemakaiannya relatif pendek (kurang dari satu tahun).

Barang produksi/barang modal, adalah barang yang tidak langsung memenuhi kebutuhan manusia/konsumen, tetapi merupakan alat pembantu dalam proses produksi. Misalnya mesin produksi, gedung/bangunan pabrik, tanah, dan bahan baku.


Daftar pustaka:

http://www.academia.edu/10100048/PENGANTAR_ILMU_EKONOMI
http://bisnispemasaran.info/anggaran-keuangan/apa-barang-modal
http://www.mediabpr.com/kamus-bisnis-bank/barang_antara.aspx
http://www.plengdut.com/2012/12/alat-pemuas-kebutuhan-barang-dan-jasa.html

Prathama, Mandala. Makroekonomi dan Mikroekonomi (edisi ketiga). Jakarta: Lembaga Penerbit FEUI, 2008.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.