.

Minggu, 25 Februari 2018

@Proyek-01 Memahami Ilmu Ekonomi

Sumber : https://steemit.com/money
Berlaku  26 Februari - 4 Maret 2018.

Simak topik hari ini dengan baik dan ceras, supaya mendapat pemahaman. Berikan catatan (review)  secara langsung pada kolom komentar di bawah postingan ini (berlaku 30 - 60 menit pertama perkuliahan, sebagai syarat absensi).

Dalam durasi 7 x 24 jam, buatlah artikel dan mind map berkaitan dengan Pokok Bahasan Pertemuan 1 : Memahamu Dasar-dasar Ekonomi.


Cermati panduan proyek pekan ini :


1. Baca Buku "Pengantar Ilmu Ekonomi"  sesuai dengan Bab yang sedang dibahas secara  cermat dan pahami dengan baik (Bab 1 Memahami Dasar-dasar Ilmu Ekonomi):

A. Pengertian Ilmu Ekonomi
B. Masalah-masalah Ekonomi
C. Barang dan Jasa
D. Mengapa Belajar Ilmu Ekonomi ?
E. Metodologi Ilmu Ekonomi
F. Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi
G.Perkembangan Teori Ekonomi Mikro-Makro

2. Buat artikel dengan mengacu pada topik yang mengacu pada buku tersebut (Poin 1), sengan judul singkat, aktual dan menarik.

3. Sistematika Artikel meliputi : Judul; Nama dan Kode Peserta; Abstrak; Kata Kunci; Pendahuluan; Isi/Permasalahan; Kesimpulan; Daftar Pustaka.

4. Artikel ditulis dengan mengacu pada berbagai  sumber : text book,artikel ilmiah (jurnal),  artikel ilmiah populer dan sebagainya (minimal lima sumber).

5. Panjang artikel 300 - 500 kata. Dilarang keras Copas, silahkan Kutip.

6. Cantumkan daftar pustaka , sesuai dengan kaidah penulisan dan penyusunan yang benar.

7. Lengkapi dengan mind map yang menarik

8. Posting artikel di web-blog edukasi Ekonomi123.com ini dengan label : Kode Peserta dan Kode Proyek (@Proyek-01).

9. Share artikel Anda melalui berbagai media sosial (minimal 1.000 viewer).



Lihat :

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Pakar Ekonomi (https://youtu.be/Qs7np1qjYnw)
Konsep Ilmu Ekonomi Bagian 1 (https://youtu.be/KmOHoKzWrn8)
Pembagian Ilmu Ekonomi (https://youtu.be/GorhTPrKwXU)
Konsep Dasar Ilmu Ekonomi (https://youtu.be/ty9B_nKp-hA)
Dasar Mikro Ekonomi (https://youtu.be/bm_XzHQRIVA)

Masalah Perekonomian Di Indonesia (Klik)
Pengertian Ilmu Ekonomi (Klik)
Sekilas Tentang Ekonomi (Klik)
Barang dan Jasa (Klik)
Masalah Pokok Ekonomi (Klik)
Permasalahan Ekonomi Di Indonesia (Klik)
Teori Ekonomi Makro (Klik)

What is Economics  (A) (Klik)
Defining Economics in the Twenty First Century (Klik
What Is Economics (B)(Klik)







18 komentar:

  1. @Proyek-01 Maulani Nurtilawah
    Menurut J. B say suatu kajin tentang peraturan yang menentukan kakayaan, sedangkan menurut JS Will ilmu ekonomi suatu ilmu yang berhubungan dengan pengeluaran suatu Negara,
    Ekonomi desdriftif ilmu ekonomi yang bekerja dengn mencari mengenai faktual-faktual yang terjadi di permasalahan ekonomi.
    Teori ekonomi terbgi menjadi dua
    1.ekonomi makro
    Mempalajri permasalahan-permasalahan ekonomi secara keseluruhan
    2.ekonomi mikro
    Mempelajari individu dan rumh tangga produksi

    BalasHapus
  2. @C01-Novia,@Proyek01
    ilmu ekonomi dapat diartikan dari berbagai pendapat, namun semua itu dapat dirangkum menjadi 1,yaitu ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Inti masalah ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas. Permasalahan tersebut kemudian menyebabkan timbulnya kelangkaan. teori ekonomi dapat dibedakan menjadi teori ekonomi mikro dan teori ekonomi makro.

    BalasHapus
  3. @C05-Alvian, @Proyek01
    Albert L Meyers mendefinisikan ilmu ekonomi sebagai suatu ilmu yang membahas dan mempelajari tentang apa saja kebutuhan yang harus dimiliki dan dibutuhkan oleh manusia serta bagaimana cara memuaskan kebutuhan tersebut, dengan cara apa manusia bisa memenuhi kebutuhan hidupnya.
    Dari pengertian tersebut bisa diambil suatu rumusan yakni, kebutuhan disitu diartikan sebagai keperluan atau kebutuhan manusia terhadap suatu produk baik barang ataupun jasa yang memiliki sifat, jenis yang bermacam-macam serta tidak terbatas.

    BalasHapus
  4. @Proyek-01,@C15-Farhan
    Ilmu ekonomi adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang membahas tentang objek perekonomian baik individu maupun kelompok (masyarakat) dalam membuat suatu keputusan atau pilihan, baik dengan menggunakan atau tanpa uang, serta memberdayakan sumber daya yang memiliki keterbatasan penggunaanya dalam upaya untuk menghasilkan suatu produk baik barang maupun jasa yang bisa didistribusikan untuk kepentingan dan keperluan konsumsi saat ini dan masa mendatang.

    BalasHapus
  5. @proyek-01,@C7-Niko
    Ilmu ekonomi adalah salah satu cabang ilmu yang membahas tentang objek baik berupa barang atau jasa baik secara individu maupun kelompok yang mempunyai keterbatasan penggunaannya dalam menghasilkan sesuatu yang dibutuhkan oleh masyarakat dan konsumen pada saat ini ataupun yang akan datang

    BalasHapus
  6. @C06-Bendy, @Proyek01
    Paul A. Samuelson menyatakan bahwa ilmu ekonomi adalah suatu studi tentang cara orang-orang dan masyarakat membuat pilihan, dengan atau tanpa menggunakan uang, dalam menggunakan sumber daya produksi yang terbatas tetapi dapat dipergunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis komoditas dari waktu ke waktu dan mendistribusikannya untuk keperluan konsumsi saat ini atau di masa datang, kepada berbagai orang atau kelompok dalam masyarakat.

    BalasHapus
  7. C09-Elvi
    -Beberapa pakar ilmu ekonomi yang mengemukakan tentang definisi ilmu ekonomi yaitu :
    1. Aristoteles => membedakan antara oikonomos dan chrematisti
    2. Adam Smith
    3. J.B.Say
    4. J.S.Mill
    5. David Ricardo
    6. F.A.Walker
    7. Von Neumann dan Morgenstern
    8. Samuekon
    9. Ruenez
    10.Alfred Marshall
    11.Paul A.Samuelson
    12.Lipsey
    13.Willian Beveridge
    14.Louis Cantori
    15.A.C.Pigou
    16.Edwin Cannan
    17.M.Akram Khan
    18.Lionel Robbins
    -Pokok masalah ekonomi ada 3 yaitu : produksi, konsumsi dan distribusi. Permasalahan yang dihadapi dari ke tiga unsur tersebut adalah bagaimana kehidupan ekonomi berjalan terus menerus dengan sumber daya alam yang semakin berkurang, sementara pertambahan penduduk dan kebutuhan masyarakat terus meningkat.
    -Hambatan yang dihadapi oleh perekonomian Indonesia untuk menjadi salah satu raksasa ekonomi, yaitu : kondisi infrastruktur perekonomian (seperti jalan, jembatan, pelabuhan dan listrik), tingginya angka pengangguran (kisaran 9%), tingginya inflasi yang disebabkan oleh meningkatnya harga energi dunia (sudah menyentuh 11,,%), belum optimalnya kedatangan FDI ke Indonesia, belum optimalnya peranan APBN sebagai stimulus ekonomi (belum ekspansif).

    BalasHapus
  8. @C20-Tania

    Menurut Von Neumann dan Morgenstern ilmu ekonomi adalah disiplin ilmu yang sayang sekali bila tidak di perlakukan secara tidak ilmiah karena para tokoh terkemukanya sibuk mengurusi solusi-solusi untuk menghadapi masalah-masalah mendesak zaman itu. Menurut istilah sendiri ilmu ekonomi yaitu ilmu yang mempelajari berbagai tindakan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang terbatas. Menurut Alferd W.Stoner dan Douglas S.Hague ilmu ekonomi daoat dibagi menjadi tiga bagian yaitu 1. Teori ekonomi (anlysa economic), 2. Ekonomi deskriptif (descriptive economics), 3. Ekonomi terapan (apried economics)

    BalasHapus
  9. @C08-Selvy
    Menurut J.S MILL ilmu ekonomi adalah suatu ilmu yang berhubungan dengan pengeluaran hasil negara .

    BalasHapus
  10. @C17-Guntur, @ProyekA01

    John Adam Smith lahir di Kirkcaldy, Skotlandia, 5 Juni 1723 – meninggal di Edinburgh, Skotlandia, 17 Juli 1790 pada umur 67 tahun, adalah seorang filsuf berkebangsaan Skotlandia yang menjadi pelopor ilmu ekonomi modern. Saat berumur 13 tahun Smith, begitulah julukannya, mulai memasuki Universitas Glasgow, mendapat anugerah Snell exhibition dan memasuki kampus Baliol, Oxford. Buku karya terbesarnya adalah An Inquiry Into the Nature dan Causes of the Wealth of Nations(disingkat menjadi The Wealth of Nations) yang terbit pada tahun 1776. Namun Smith bukanlah orang pertama yang mengabdikan diri pada teori ekonomi, dan banyak gagasan-gagasannya yang terkenal bukanlah asli keluar dari kepalanya. Tetapi, dialah orang pertama yang mempersembahkan teori ekonomi yang sistematik dan mudah dicerna yang cukup tepat sebagai dasar bertolak buat kemajuan bidang itu di masa depan. Melalui karya besarnya dengan teori-teori ekonomi tersebutlah John Adam Smith dinobatkan atau diakui sebagai Bapak Ekonomi Dunia.

    BalasHapus
  11. @C04-Abi
    Menurut Karl Marx ilmu ekonomi adalah penekanan pentingnya perjuangan kelas dalam masyarakat. Marx menyusun sebuah teori besar yang berkaitan dengan sistem ekonomi, sistem sosial, dan sistem politik Pengikut teori ini disebut sebagai Marxisme dalam penyusunannya mark di bantu oleh Friedrich Engels dari pertengahan abad ke-19. Marxisme mencakup materialisme dialektis dan materialisme historis serta penerapannya pada kehidupan sosial, tori marxisme bisa di depinisikan perjuangan kelas buruh untuk menumbangkan kapitalisme dan menumbuhkan paham sosialisme (tanpa kelas).

    BalasHapus
  12. @C18-Devi @Proyek01
    Menurut Adam Smith, ilmu ekonomi adalah :
    “Ilmu kekayaan atau ilmu yang khusus mempelajari sarana-sarana kekayaan suatu bangsa dengan memusatkan perhatian secara khusus terhadap sebab-sebab material dari kemakmuran, seperti hasil-hasil industri, pertanian dan sebagainya”
    Secara umum, subyek dalam ekonomi dapat dibagi dengan beberapa cara, yang paling terkenal adalah mikroekonomi vs makroekonomi. Selain itu, subyek ekonomi juga bisa dibagi menjadi positif (deskriptif) vs normatif, mainstream vs heterodox, dan lainnya. Ekonomi juga difungsikan sebagai ilmu terapan dalam manajemen keluarga, bisnis, dan pemerintah. Teori ekonomi juga dapat digunakan dalam bidang-bidang selain bidang moneter, seperti misalnya penelitian perilaku kriminal, penelitian ilmiah, kematian, politik, kesehatan, pendidikan, keluarga dan lainnya.

    BalasHapus
  13. @C24-Naqi @Proyek01
    Menurut Prof P.A. Samuelson Ilmu ekonomi adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang membahas tentang objek perekonomian baik individu maupun kelompok (masyarakat) dalam membuat suatu keputusan atau pilihan, baik dengan menggunakan atau tanpa uang, serta memberdayakan sumber daya yang memiliki keterbatasan penggunaanya dalam upaya untuk menghasilkan suatu produk baik barang maupun jasa yang bisa didistribusikan untuk kepentingan dan keperluan konsumsi saat ini dan masa mendatang.

    Hal ini diharapkan mampu dirasakan oleh semua golongan masyarakat. Dalam hal ini tugas dari ilmu ekonomi adalah untuk menganalisis biaya yang dikeluarkan serta keuntungan yang didapat serta memaksimalkan corak penggunaan seluruh sumber daya yang ada.

    BalasHapus
  14. @C22-Daffa @proyek01
    1. Aristoteles
    Aristoteles membedakan antara Oikonomos dan Chrematisti. Menurutnya Oikonomos adalah menyelediki peraturan rumah tangga, dan Chrematisti adalah mempelajari peraturan-peraturan tukar-menukar. Pemikiran ini dapat disebut sebagai perintis jalan bagi berkembangnya teori ilmu ekonomi.

    2. Adam Smith
    Menurut Adam Smith, ilmu ekonomi adalah :
    “Ilmu kekayaan atau ilmu yang khusus mempelajari sarana-sarana kekayaan suatu bangsa dengan memusatkan perhatian secara khusus terhadap sebab-sebab material dari kemakmuran, seperti hasil-hasil industri, pertanian dan sebagainya”

    3. J.B. Say
    Menurut J.B. Say, ilmu ekonomi adalah :
    “suatu kajian tentang peraturan yang menentukan kekayaan”

    BalasHapus
  15. @C16-Yan @Proyek01
    Ilmu ekonomi adalah salah satu cabang ilmu yang membahas tentang objek baik berupa barang atau jasa baik secara individu maupun kelompok yang mempunyai keterbatasan penggunaannya dalam menghasilkan sesuatu yang dibutuhkan oleh masyarakat dan konsumen pada saat ini ataupun yang akan datang

    BalasHapus
  16. @C19-Anastasia

    Banyak para ahli yang menganalisa arti ilmu ekonomi, diantaranya Aristoteles (oikonomos dan chrematisti), Adam Smith (ilmu kekayaan), J.B.Say (Peraturan yang menentukan kekayaan), J.S.Mill (Berhubungan dengan pengeluaran hasil negara), David Ricardo (Hukum golongan masyarakat), F.A.Walker (ilmu yang berhubungan dengan kekayaan), Vonneumann dan Morgenstern, Samuekon (Menganalisis kerugian dan keuntungan), Ruenez (Mempelajari tingkah laku manusia dalam menghadapi kebutuhannya), Alfred Marshall (mempelajari usaha individu dalam ikatan pekerjaan), Paul A. Samuelson, Lipsey (Pemanfaatan sumber daya untuk memenuhi kebutuhan), Willian Beveridge (cara manusia bekerjasama untuk mendapatkan keperluan material), Louis Cantori (menjamin berputarnya harta diantara manusia), A.C.Pigou (peningkatan taraf hidup dengan menambah pengeluaran), dan masih banyak lagi.

    Kita perlu belajar ekonomi karena kebutuhan manusia yang tidak terbatas tetapi alat pemuas kebutuhan yang terbatas. Oleh karena itu, kita harus memilih.
    Kebutuhan itu sendiri dapat dibagi menjadi beberapa bagian yaitu menurut:
    1. Intensitas
    a. Primer : kebutuhan yang harus dipenuhi terlebih dahulu yaitu pangan,sandang dan papan.
    b. Sekunder : Kebutuhan yang melengkapi kebutuhan primer yaitu tv,dll
    c. Tersier : Kebutuhan yang ditujukan untuk menaikkan taraf hidup, identik dengan kemewahan. contohnya seperti mobil

    2. Sifat
    a. Jasmani
    b. Rohani

    3. Waktu Pemenuhan
    a. Sekarang
    b. Yang akan datang

    4. Subyek
    a. Individu
    b. Kelompok

    5. Sumber
    a. Sosial
    b. Psikologis

    BalasHapus
  17. @C13-Lucia
    Banyak sekali pengertian atau defenisi mengenai ilmu ekonomi yang dikemukakan oleh para pakar. Dan sebagian besar dari pendapat mereka umumnya memiliki maksud yang sama, yaitu cara atau perilaku dari manusia itu sendiri dalam memenuhi kebutuhannya. Dimana semakin lama kebutuhan manusia semakin meningkat dan tak terbatas sedangkan alat pemuas dari kebutuhan manusia tersebut semakin lama semakin berkurang. Maka dari itu banyak orang yang mulai memikirkan bagaimana cara memenuhi kebutuhan tanpa perlu memakai sumber daya alam yang terlalu berlebihan. Dengan cara mempelajari fakta dan permasalahan yang terjadi pada ekonomi melalui teori ekonomi makro dan mikro.

    BalasHapus
  18. @C12-Ridho
    Ilmu ekonomi adalah salah satu cabang ilmu yang membahas tentang objek baik berupa barang atau jasa baik secara individu maupun kelompok yang mempunyai keterbatasan penggunaannya dalam menghasilkan sesuatu yang dibutuhkan oleh masyarakat dan konsumen pada saat ini ataupun yang akan datang

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.