.

Selasa, 27 Februari 2018

Ayo Lebih Dekat Dengan Ilmu Ekonomi!

@C06-Bendy, @Proyek-01
Oleh Bendy Emeraldi Alvaro




*Abstrak
Ilmu Ekonomi ialah ilmu yang mempelajari kebutuhan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Banyak cara yang dapat dilakukan demi meningkatkan perekonomiannya. Manusia juga mempelajari untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan yang tidak terbatas dengan memanfaatkan sumber daya yang ada.

Kata Kunci : Ilmu ekonomi, Ekonomi Makro, Ekonomi Mikro

*Pendahuluan
Pengertian Ilmu Ekonomi
Menurut Hartono, Ilmu Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku individu dan masyarakat membuat pilihan (dengan atau tanpa uang) menggunakan sumber-sumber yang terbatas, dengan cara atau alternatif terbaik untuk menghasilkan barang dan jasa sebagai pemuas kebutuhan manusia yang relatif tidak terbatas. Barang dan jasa yang dihasilkan kemudian didistribusikan untuk kebutuhan konsumsi sekarang dan dimasa datang kepada berbagai individu dan masyarakat.

*Permasalahan
1.Apa pengertian ilmu ekonomi?
2.Bagaimana ruang lingkup ilmu ekonomi?
3.Bagaimana perkembangan ilmu ekonomi Makro dan MIkro?
4.Apa saja keuntungan dalam mempelajari ilmu ekonomi?

*Pembahasan
Ilmu Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari cara-cara yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan yang tidak terbatas menggunakan sumber daya yang terbatas.
Sumber daya yang terbatas itu disebut pula dengan faktor-faktor produksi yang terdiri dari: tanah (land) , tenaga kerja (labour), modal (capital) dan kewirausahaan (entrepreneur).

Ilmu ekonomi adalah ilmu sosial yang mempelajari bagaimana cara manusia berusaha untuk dapat memenuhi kebutuhan dengan sebaik-baiknya dalam usaha mencapai kemakmuran (terminologi).

Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi
Ilmu ekonomi memiliki ruang lingkup mikro dan makro sehingga mudah untuk dipelajari.

*Ekonomi Mikro
Yaitu cabang ilmu ekonomi yang khusus mempelajari bagian-bagian kecil (aspek individual) dari keseluruhan kegiatan perekonomian. Analisis dalam teori ekonomi mikro antara lain meliputi perilaku pembeli (konsumen) dan produsen secara individual dalam pasar.

*Ekonomi Makro
Yaitu cabang ilmu ekonomi yang khusus mempelajari mekanisme bekerjanya perekonomian sebagai suatu keseluruhan (agregat) berkaitan dengan penggunaan faktor produksi yang tersedia secara efisien agar kemakmuran masyarakat dapat dimaksimumkan.

*Metodologi ekonomi adalah ilmu yang mempelajari metode, umumnya metode ilmiah, yang berhubungan dengan ekonomi, termasuk prinsip tentang pertimbangan ekonomi. Istilah 'metodologi' juga umum meskipun salah dan digunakan sebagai sinonim dari 'metode'.


PERKEMBANGAN TEORI EKONOMI MIKRO
A. Teori ekonomi mikro sebagai teori ekonomi klasik
Titik awal perkembangan ilmu ekonomi modern dianggap di mulai pada saat Adam Smith (1723-1790) menerbitkan bukunya yang kemudian dikenal sebagai Wealth Of Nations (1776).
Adam Smith sangat percaya konsep invisible hand (tangan-tangan gaib) yang dalam bahasa sederhana adalah mekanisme pasar. Dimana masalah ekonomi dapat teratasi jika ekonomi dikembalikan kepada kondisi keseimbangan/Equilibrium dan pemerintah tidak ikut campur dalam perekonomian.
Diperkuat oleh Jean Baptiste Say (1767-1832) dengan melontarkan pendapat yang sekarang dikenal dengan hukum Say (Say’s Law) “...supply create it’s own demand...” yang mempunyai makna bahwa barang dan jasa yang diproduksi pasti terserap oleh permintaan sampai tercapai keseimbangan pasar.
B. Revolusi Keynes: lahirnya teori ekonomi makro
Depresi besar ( Great Depression) membuyarkan keyakinan terhadap ekonomi klasik. Sebab, depresi besar terjadi dalam jangka waktu yang lama ( 1929-1933) dan menimbulkan masalah-masalah besar.
Keynes mengkritik hipotesis klasik berupa:
- Klasik terlalu menekankan masalah ekonomi dari sisi penawaran maka ia berpendapat lain dimana keynes menitik beratkan dari sisi permintaannya “...demand create it’s own supply...”
- Klasik tanpa campur tangan pemerintah, sementara Keynes beranggapan perlunya peranan pemerintah dalam perekonomian dalam rangka menstimulir permintaan.

Inilah beberapa masalah ekonomi yang terjadi di Indonesia :
-Kemiskinan
-Rendahnya Pertumbuhan Ekonomi
-Pengangguran
-Inflasi
-Kesenjangan Penghasilan
-Hutang Luar Negeri
-Defisit Anggaran
-Korupsi
-Masalah Pangan

Sangat penting sekali untuk kita mempelajari ilmu ekonomi, beberapa keuntungan yang di dapat jika kita mau mempelajari lebih dalam tentang ilmu ekonomi.
1.Melatih kita untuk hidup mandiri dalam menghadapi masalah ekonomi melalui kegiatan wirausaha.
2.Merencanakan dan menentukan kebutuhan pokok manusia dalam kehidupan sehari-hari secara efisien dan bijak
3.Menumbuhkan sikap sosial dan sikap cermat dalam kegiatan ekonomi
4.Membantu pelaku ekonomi dalam sumber daya ekonomi secara efisien dengan mempertimbangkan factor produksi
5.Membantu pemerintah dan masyarakat dalam mengatasi masalah tingkat harga dan inflasi

*Kesimpulan
Banyak sekali dampak yang disebabkan oleh kemajuan ekonomi saat ini. Berbagai dampak negatif maupun Positif. Manusia melakukan berbagai cara dan memanfaatkan sumber daya yang terbatas guna memenuhi kebutuhan ekonomi. Oleh karna itu sangat penting untuk mempelajari ilmu ekonomi.

Daftar Pustaka
-Hartono.2011.Pengertian Ilmu Ekonomi. Dalam https://hartonookey.wordpress.com/2011/10/25/pengertian-ilmu-ekonomi/
-Fahriki, Ahmad.Kalimantan Timur.2011.Perkembangan Teori Ekonomi Mikro dan Makro. Dalam http://fahriki.blogspot.co.id/2012/10/perkembangan-teori-ekonomi-mikro-makro.html
-Sugiarto.2016.Metodologi Ekonomi. Dalam http://artonang.blogspot.co.id/2016/05/metodologi-ekonomi.html
-Sasrawan, Hedi.2013.13 Permasalahan Ekonomi di Indonesia. Dalam http://hedisasrawan.blogspot.co.id/2013/02/permasalahan-ekonomi-di-indonesia.html
-Saragih, Ocha.2015.Mengapa Kita Harus Mempelajari Ilmu Ekonomi?. Dalam http://ochasaragih.blogspot.co.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.