.

Senin, 05 Maret 2018

ILMU EKONOMI


ILMU EKONOMI

Oleh Naqi Min Gil
@C24-Naqi, @Proyek-01
 Abstrak
Ilmu ekonomi dalah suatu studi mengenai individu individu dan masyarakat membuat pilihan, dengan atau tanpa penggunaan uang, dengan menggunakan sumberdaya terbatas tetapi dapat digunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis barang & jasa serta mendistribusikannya untuk kebutuhan konsumsi, sekarang dan di masa datang, kepada berbagai individu dan golongan masyarakat (Prof. Paul. A. Samuelson)

Kata Kunci
Ilmu ekonomi, Konsep ekonomi

A. Pendahuluan
Ilmu ekonomi sebagai bagian dari ilmu sosial, tentu berkaitan dengan bidang-bidang disiplin akademis lainnya, seperti ilmu politik, psikologi, antropologi, sosiologi, sejarah, geografi, dan sebagainya. Sebagai contoh  kegiatan-kegitan politik seringkali dipenuhi dengan masalah-masalah ekonomi, seperti kebijaksanaan proteksi terhadap industri kecil, undang-undang perapajakan, dan sanksi-sanksi ekonomi. Ini artinya bahwa kegiatan ekonomi tidak dapat dipisahkan dari kegitan kegiatan politik (Abdulah, 1992: 6).

B. Permasalahan
1. Apa pengertian Ilmu Ekonomi?

C. Pembahasan
Istilah ‘ekonomi’ berasal dari bahasa Yunani asal kata ‘oikosnamos’ atau  oikonomia’ yang artinya ‘manajemen urusan rumah-tangga’, khususnya penyediaan dan administrasi pendapatan (Sastradipoera, 2001: 4). Namun dalam bahasa modern istilah ‘ekonomi’ tersebut menunjuk terhadap prinsip usaha maupun  metode untuk mencapai tujuan dengan alat-alat sesedikit mungkin.
Menurut Sadono Sukirno “Ilmu Ekonomi menganalisa biaya dan keuntungan dan memperbaiki corak penggunaan sumber daya (sumber daya: SDA & SDM). dan menurut Mankiw “studi tentang bagaimana masyarakat mengelola sumber daya yang selalu terbatas dan langka”. Dapat disimpulkan bahwa dalam ilmu ekonomi manusia berfikir untuk bisa mengelola sumber daya yang terbatas dengan efisien untuk mendapat keuntungan memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia yang tidak terbatas. Dalam ilmu ekonomi terdapat pula pengelompokannya yaitu ekonomi mikro yang menitik beratkan pada perilaku ekonomi individu rumah tangga, perusahaan dan pasar, dalam mengelola sumberdaya ekonomi secara efisien. Dan ada juga ekonomi makro menitikberatkan pembahasan tentang perekonomian secara keseluruhan, pengangguran, inflasi, pertumbuhan ekonomi dan perdagangan internasional

D. Kesimpulan
Dalam ilmu ekonomi manusia dapat mengatur sebagai mana mungkin untuk bisa memenuhi kebutuhan secara umum, dan memproduksi sebagai langkah pemenuhan kebutuhan yang lebih besar dan dapat mengolah sumberdaya yang ada dengan efisien agar dapat mecapai tujuan dengan alat alat atau biaya yang sesedikit mungkin.

Daftar Pustaka
Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Dasar-dasar Ilmu ekonomi. Universitas Dian Nuswantoro. Semarang (http://eprints.dinus.ac.id/6429/1/Pertemuan_1_-_Dasar_Ilmu_Ekonomi.pdf) diunduh minggu, 4 Februari 2018
Mankiw, N. Gregory .2006. Priciples of Economics : Pengantar Ekonomi Mikro. Edisi 3. Salemba Empat. Jakarta
Sukirno, Sadono. 2005. Mikro Ekonomi Teori Pengantar. Edisi ketiga. Raja Grafindo Persada. Jakarta 
Samuelson, Paul,A. dan Nordhaus, William,D. (1990) Ekonomi, Jilid 1, Diterjemahkan Oleh Jaka Wasana, Jakarta: Erlangga.
Satradipoera, Komaruddin (2001) Sejarah Pemikiran Ekonomi: Suatu Pengantar  Teori dan Kebijaksanaan Ekonomi, Bandung: Kappa-Sigma.
Abdullah, (1992) Materi Pokok Pendidikan IPS-2: Buku 1, Modul 1, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan , PPPG Tertulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.