.

Minggu, 04 Maret 2018

ECONOMIC DEVELOPMENT !!!














@C18-Devi, @Proyek01
Disusun Oleh : Devi Yanti Naibaho



Abstrak
Tulisan ini bertujuan untuk mempelajari tingkah laku manusia menggunakan dan memanfaatkan sumber daya yang terbatas untuk  memenuhi kebutuhan. Dengan menggunakan teknik berfikir yang juga diperlukan suatu strategi atau metodik belajar yang efisiensi dalam ilmu ekonomi.

Kata Kunci
Ilmu ekonomi, Mikro dan Makro, Metodologi.

Pendahuluan
Ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari perilaku keuangan suatu pasar (termasuk suku bunga, nilai tukar mata uang, dan harga saham), mempelajari bagaimana terjadinya ketidakseimbangan ekonomi (kekayaan dan kemiskinan) pada individu atau suatu negara dan bagaiamana mengatasi hal tersebut. Ilmu ekonomi juga mempelajari tentang siklus bisnis, perdagangan internasional, dan mempelajari mengenai kebijakan pemerintah dalam menangani pertumbuhan ekonomi, efisiensi penggunaan sumber daya alam, ketenagakerjaan, stabilitas harga dan pendapatan individu, perusahaan, atau negara (Samuelson dan Nordhaus, 2010).

Permasalahan
a.       Apa itu ekonomi ?
b.       Apa saja bidang dasar pada ilmu ekonomi ?
c.       Bagaimana metodologi pada ilmu ekonomi ?

Pembahasan

A.     Pengertian Ilmu Ekonomi
Istilah ‘ekonomi’ berasal dari bahasa Yunani asal kata ‘oikosnamos’ atau oikonomia’ yang artinya ‘manajemen urusan rumah-tangga’, khususnya penyediaan dan administrasi pendapatan. (Sastradipoera, 2001: 4).
Defenisi ilmu ekonomi menurut :
Ø  Adam Smith : Ekonomi adalah “inquiry into the nature and causes og the wealthof nations”
Ø  Alfred Marshall : Ekonomi adalah “a study of mankind in the ordinary business of life”
Ø  John Maynard Keyness : Ekonomi adalah “the struggle for  subsistence”
Secara fundamental dan historis, ilmu ekonomi dapat dibedakan menjadi dua, yakni ilmu ekonomi positif dan normatif (Samuelson dan Nordhaus, 1990: 9). Jika ilmu ekonomi positif hanya membahas deskripsi mengenai fakta, situasi dan hubungan yang terjadi dalam ekonomi. Sedangkan ilmu ekonomi normatif membahas pertimbangan-pertimbangan nilai dan etika.

B.     Bidang Dasar pada Ilmu Ekonomi
1.       Ekonomi Makro
Ekonomi makro merupakan kegiatan perekonomian yang mempelajari secara keseluruhan,  artinya dalam cabang ilmu ekonomi makro menjelaskan perubahan ekonomi yang memengaruhi banyak masyarakat, perusahaan, dan pasar.  Dalam perkembangan Ekonomi Makro berkaitan dengan masalah ekonomi publik (negara).
Aspek analisis dalam Ekonomi Mikro adalah sebagai berikut:
  • Pendapatan nasional
  • Investasi
  • Kesempatan kerja
  • Inflasi
  • Neraca pembayaran
2.       Ekonomi Mikro
Ekonomi mikro merupakan kegiatan perekonomian yang mempelajari hanya pada bagian kecilnya, artinya bagian kecilnya yaitu seperti perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan harga-harga pasar dan kuantitas faktor input, barang, dan jasa yang diperjualbelikan. Dalam perkembangan ekonomi mikro yang kini telah melahirkan beragam teori dan konsep mengenai ekonomi regional, ekonomi manajerial, ekonomi lingkungan, dan ekonomi sumber daya alam.
Dalam aspek analisis Ekonomi Mikro adalah sebagai berikut..
  • Analisis biaya dan manfaat
  • Teori permintaan dan penawaran
  • Elastisitas
  • Model-model pasar
  • Industri
  • Teori produksi
  • Teori harga
C.      Metodologi Ilmu Ekonomi
a.       Metode Analisa dalam Ilmu Ekonomi
§  Deduktif : menarik kesimpulan dari hal-hal yang bersifat umum menjadi hal-hal yang bersifat khusus.
§  Induktif (Empiris) : menarik kesimpulan dari hal-hal yang bersifat khusus menjadi hal-hal yang bersifat umum.
b.       Metode Kuantitatif - Kualitatif
§  Kuantitatif
o   Ekonometri : gabungan statistika, matematika dan teori ekonomi.
o   Model Keseimbangan Umum (General Equilibrum) : konsep aliran uang dimasyarakat, dari satu agen ekonomi ke agen ekonomi lainnya.
§  Kualitatif
o   Perilaku agen yang berubah
                                                                    Kesimpulan
Melalui tulisan ini, menurut saya ilmu ekonomi adalah suatu situasi tentang perilaku orang dan masyarakat dalam memilih cara menggunakan sumberdaya yang langka dan memiliki beberapa alternatif penggunaan dalam rangka memproduksi berbagai komunity yang dibutuhkan masyarakat serta ilmu yang mempelajari tentang bagaiman manusia dapat memanfaatkan sumberdaya alam disekitarnya, demi kelangsungan hidupanya.

Daftar Pustaka
·         Satradipoera, Komaruddin (2001). Sejarah Pemikiran Ekonomi: Suatu Pengantar Teori dan Kebijaksanaan Ekonomi, Bandung: Kappa-Sigma. Dalam https://mafiadoc.com/ilmuekonomiwordpresscom_59f07eac1723ddac5a70c113.html.pdf  (Diunduh 28 Februari 2018 )
·         Batlajery, Samuel. JURNAL ILMU EKONOMI & SOSIAL, VOL.VII, NO. 1, APRIL 2016; 61-78.
·         Samuelson, Paul,A. dan Nordhaus, William,D. (1990) Economy, Jilid 1. Dalam https://mafiadoc.com/ilmuekonomiwordpresscom_59f07eac1723ddac5a70c113.html.pdf ( Diunduh 28 Februari 2018 )
·         Prishardoyo, Bambang. 2008.  ANALISIS TINGKAT PERTUMBUHAN EKONOMI DAN POTENSI EKONOMI TERHADAP PRODUK DOMESTIK REGIONALBRUTO (PDRB)KABUPATEN PATI TAHUN 2000-2005.  JEJAK, Volume 1, Nomor 1, September, 2008. Dalam https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jejak/article/viewFile/1446/1572. (Diunduh 28 Februari 2018)
·         Suryana. 2000. Model Gravitasi sebagai Alat Pengukur Hiterland dari Central Placa: Satu Kajian Teoritik. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia.Yogyakarta:UGM
·         Effendi, Mas’ud. Teknologi Industri Pertanian. Dalam http://rizkylrs.lecture.ub.ac.id/files/2016/09/PIE-1.-Pengantar-Ilmu-Ekonomi.pdf. (Diunduh 28 Februari 2018) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.