.

Senin, 05 Maret 2018

Memahami Dasar Ilmu Ekonomi



@C01-Novia, @Proyek-01
Oleh Novia Nila Sutarman

Mengapa Kita Harus Mempelajari Ilmu Ekonomi?

Abstrak
Ilmu ekonomi tergolong ilmu-ilmu social yang mempelajari tingkah laku manusia dalam masyarakat, dan dapat didefinisikan, misalnya, sebagai ilmu yang mempelajari cara-cara manusia memutuskan untuk mengalokasikan sumber-sumber daya yang terbatas antara berbagai alternatif kemungkinan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhannya.

Kata Kunci
Ilmu ekonomi, Deskriptif, Terapan, Prinsip Ekonomi

A.   PENDAHULUAN
Menurut Paul E. Samuelson, “llmu ekonomi adalah suatu studi mengenai bagaimana orang-orang dan masyarakat membuat pilihan dengan atau tanpa uang dengan menggunakan sumber daya yang terbatas dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa, kemudian mendistribusikannya untuk keperluan konsumsi untuk masa kini dan masa mendatang”. Selanjutnya pengertian ekonomi menurut M. Manulang bahwa ilmu ekonomi adalah suatu ilmu yang mempelajari dalam usahanya untuk mencapai kemakmuran dimana kemakmuran yang dimaksud adalah suatu keadaan dimana manusia dapat memenuhi kebutuhannya baik barang barang maupun jasa.

B.d PERMASALAHAN
1.    Apa saja macam-macam ilmu ekonomi?
2.    Bagaimana dengan prinsip-prinsip ekonomi?
3.    Mengapa kita pelu mempelajari ekonomi?

C.   PEMBAHASAN
1. Macam-Macam Ilmu Ekonomi
a.  Ekonomi Deskriptif
Ekonomi deskriptif adalah bagian ilmu ekonomi yang menggambarkan keterangan-keterangan faktual tentang suatu keadaan ekonomi dalam bentuk angka-angka, grafik, kurva, atau penyajian lainnya. llmu ekonomi dipergunakan oleh BPS (Badan Pusat Statistik) untuk menyajikan keadaan ekonomi, baik makro maupun mikro.
b. Teori Ekonomi
Teori ekonomi adalah bagian ilmu ekonomi yang menjelaskan mekanisme kegiatan ekonomi. Teori ekonomi ini dibagi menjadi dua, yaitu teori ekonomi mikro dan teori ekonomi makro.
c. Ekonomi Terapan
Ekonomi terapan adalah bagian ilmu ekonomi yang menggunakan kesimpulan-kesimpulan yang diperoleh dari teori ekonomi untuk menjelaskan masalah-masalah yang dikumpulkan dalam ekonomi deskriptif.
2. Prinsip Ekonomi
  • Dalam memenuhi kebutuhannya, manusia selalu berusaha untuk mendapatkan hasil semaksimal mungkin.
  • Untuk mencapai hasil yang semaksimal mungkin, manusia dapat menggunakan benda pemuas kebutuhan yang ada.
3. Alasan Mempelajari Ilmu Ekonomi
a.    Mempelajari cara berfikir
Sepertinya mungkin alasan yang paling penting untuk mempelajari ilmu ekonomi adalah mempelajari cara berfikir, mengapa demikian ? karena cara yang bagus untuk melakukan pendekatan pada ilmu ekonomi adalah memahami 3 konsep yang mendasar [fundamental] dalam ekonomi yaitu : biaya oportunitas, marjinalisme dan pasar yang efisien.Studi ilmu ekonomi mengajarkan kita cara berfikir dan membantu kita mengambil keputusan
b.    Memahami masyarakat 
Alasan lain mempelajari ilmu ekonomi adah untuk memahami masyarakat  dengan lebih baik . mengapa demikian ? karena keputusan yang dilakukanmasa lalu dan saat ini memiliki banyak pengaruh terhadap karakter kehidupan suatu masyarakat . Di sekitar kita terlihat aktivitas seperti contohnya kegiatan diperkantoran orang – orang sibuk dengan pekerjaannya ada asam yang membumbung di pabrik-pabrik, ribuan penumpang keluar dari kereta api , bis dan mobil berseliweran dijalan truk –truk membawa barang ada juga wajah kemiskinan di kota . yang kita lihat sehari hari adalah jutaan keputusan ekonomi, orang orang memutuskan untuk membelanjakan uang untuk investasi atau membangun gedung dan pabrik , bisa juga untuk membangun jalan dan sebagainya.
c.    Memahami persoalan global 
Alasan ketiga mempelajari ilmu ekonomi adalah agar kita memahami persoalan global. Kalau kita sering membaca Koran dikolom utama surat kabar diisi dengan berita-berita ekonomi. Peristiwa internasional sering banyak memiliki konsekuensi ekonomi yang besar seperti fakta yang terjadi perang di Irak dan serangan di Venezuela tahun 2003 membuat psar minyak dunia mengalami gonjang-ganjing yang menyebabkan harga minyak naik  serta contoh fakta lainnya seperti penyebaran virus HIV dan AIDS yang cepat di afrika mengakibatkan konsekuensi ekonomi yang buruk bagi benua tersebut dan seluruh dunia.

D.   KESIMPULAN
Ilmu ekonomi tergolong ilmu-ilmu social yang mempelajari tingkah laku manusia dalam masyarakat, dan dapat didefinisikan. Macam-macam ilmu ekonomi terdiri dari ekonomi deskriptip,teori ekonomi,dan ekonomi terapan. Didalam ilmu ekonomi terdapat beberapa prinsip ekonomi sehingga terdapat sebab sebab kita harus mempelajari ilmu ekonomi


Daftar Pustaka
Aldiarnoldih.7 Agustus 2014.“Mengapa Kita perlu mempelajari Ilmu Ekonomi?” , https://baelmo.wordpress.com/2014/08/07/mengapa-kita-perlu-mempelajari-ilmu-ekonomi/  , diakses pada 2 Maret 2018
Dary,Wulan.2012.earniseasy.com/pengertian-ekonomi-tiga-macam-macam-ilmu-ekonomi.html , diakses pada 2 Maret 2018
Gilarso,T. 2004. Pengantar Ilmu Ekonomi Makro Edisi Revisi. Yogyakarta : Kanisius (Diunduh Jumat, 2 Maret 2018)
IE1822. 2012. Pengantar Ilmu Ekonomi. dalam https://sisfo02.files.wordpress.com/2012/02/buku-ajar-pie2012.pdf  (Diunduh Jumat, 2 Maret 2018)
Teori ekonomi dan Penerapannya di Asia: Buku Kedia Ekonomi Makro dan Ekonomi Mikro diterbitkan oleh Penerbit PT. Gramedia Jakarta.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.