.

Senin, 05 Maret 2018

Permintaan?


Oleh Anastasia Wiwin Pradita BL de Rozari
@Proyek-02, @C19-Anastasia

ABSTRAK
Dalam kegiatan ekonomi, kita mengenal 3 kegiatan yaitu produksi,distribusi,dan konsumsi. Dalam system produksi, banyak factor yang harus dipenuhi yaitu tenaga kerja, modal, mesin, cara kerja, bahan baku, bahan pendukung, energy, permintaan,dan sebagainya. Permintaan suatu produk datang dari masyarakat ataupun perusahaan. Dalam ilmu ekonomi, pertemuan antara permintaan dan penawaran disebut Pasar.

KATA KUNCI
Permintaan, Harga, Hukum Permintaan

PENDAHULUAN
Dalam artikel ini,materi yang akan dibahas meliputi pengertian permintaan; Faktor yang mempengaruhi permintaan; Kurva permintaan; Kasus yang tidak menggunakan hukum permintaan.

PERMASALAHAN
1.Apakah permintaan itu?
2.Apa factor yang mempengaruhi permintaan?
3.Bagaimana kurva permintaan?

PEMBAHASAN
A.Pengertian Permintaan
Menurut Fatoni (2014), Permintaan adalah sejumlah barang atau jasa yang diinginkan dibeli atau dimiliki pada berbagai tingkat harga pada waktu tertentu. Fungsi permintaan dalam ilmu ekonomi menunjukkan hubungan antara harga barang dan jumlah barang yang diminta oleh masyarakat. Untuk memenuhi permintaan, tentu ada biaya/harga yang harus kita bayar. Harga itu sendiri adalah satuan nilai yang diberikan pada suatu komoditi sebagai informasi kontraprestasi dari produsen/pemilik komoditi.

B. Faktor yang mempengaruhi permintaan
Menurut Rahardja dan Manurung (2008), terdapat ebebrapa factor yang dapat mempengaruhi permintaan suatu barang, yaitu:
1. Harga Barang Tersebut
Jika harga suatu barang semakin murah, maka pemintaan terhadap barang tersebut juga semakin bertambah. Begitu juga sebaliknya. Hal ini membawa kita ke hukum permintaan, yang menyatakan “Bila harga suatu barang naik, cateris paribus, maka jumlah barang itu yang diminta akan berkurang, dan sebaliknya”
2. Harga Barang Lain yang Terkait
3. Tingkat Pendapatan Per Kapita
4. Selera atau Kebiasaan
5. Jumlah Penduduk
6. Perkiraan Harga di Masa Mendatang
7. Distribusi Pendapatan
8. Usaha-usaha produsen Meningkatkan Penjualan

C.Fungsi Permintaan
Fungsi permintaan memiliki beberapa sifat khusus, diantaranya (Fatoni,2014):
1. Fungsi Permintaan bersifat negative. Artinya, jika nilai p (price) bertambah, nilai q (quantity/jumlah) akan berkurang, dan sebaliknya.
2. Titik pada fungsi permintaan tidak dapat memiliki nilai negative dan tidak mungkin bernilai tidak terhingga. Fungsi permintaan selalu berada di kuadran I.
3. Fungsi permintaan bisa berbentuk linier/kurva
4. Fungsi permintaan memiliki fungsi satu-satu. Artinya, satu titik p hanya untuk satu titik q, dan sebaliknya.

D. Kurva Permintaan

E. Kasus Pengecualian
Menurut Rahardja dan Manurung (2008), adakalanya hokum permintaan tidak berlaku, seperti di tiga kelompok barang berikut.
1. Barang yang Memiliki Unsur Spekulasi
Contoh barang yang memiliki unsur spekulasi adalah emas,saham, dan tanah (di kota). Saat harga barang tersebut naik, maka orang akan menambah pembeliannya. Mereka mengharapkan harga akan naik. Saat harganya naik maka mereka akan menjual barang itu lagi.
2. Barang Prestise
Jika harga suatu barang naik, permintaan terhadap barang tersebut juga meningkat, karena bagi orang yang membeli berarti gengsinya naik. Contohnya mobil mewah.
3. Barang Giffen
Jika harga barang turun, maka jumlah barang yang diminta juga akan berkurang.

KESIMPULAN
Permintaan adalah sejumlah barang atau jasa yang diinginkan dibeli atau dimiliki pada berbagai tingkat harga pada waktu tertentu. Hukum Permintaan berbunyi “Bila harga suatu barang naik, cateris paribus, maka jumlah barang itu yang diminta akan berkurang, dan sebaliknya”. Hukum permintaan berlaku untuk semua keadaan kecuali pada barang yang memiliki unsur spekulasi, barang prestise, dan barang giffen.

DAFTAR PUSTAKA
Fatoni,Siti Nur. 2014. Pengantar Ilmu Ekonomi Dilengkapi dasar-Dasar Ekonomi Islam. Bandung:CV PUSTAKA SETIA
Rahardja,Prathama dan Mandala Manurung. 2008. Pengantar Ilmu Ekonomi Edisi Ketiga. Jakarta:Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Sumber Gambar:
http://slideplayer.info/slide/2788333/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.