.

Senin, 05 Maret 2018

Sekilas tentang Permintaan

Oleh Maulani Nurtilawah
@C14-Maulani, @Proyek-02
Abstrak
Dalam Mekanisme Pasar terdapat beberapa materi yang dapat dibahas dengan lengkap salah satunya yaitu Penawaran dan Permintaan. Untuk permintaan itu sendiri dalah suatu keinginan seseorang untuk membeli suatu barang dalam jumlah tertentu dalam periode tertentu. Permintaan ini sendiri selalu ada dikehidupan masyarakat pada umumnya karena tidak dapat dipungkiri jika permintaan akan lebih besar berbanding terbalik dengan persediaan yang ada. 
Kata Kunci
 Demand, Permintaan, Ekonomi Modern, Mekanisme Pasar

Pendahuluan
Pasar telah mendapat banyak arti selama bertahun-tahun. Dalam pengertian dasar, pasar adalah tempat di mana penjual dan pembeli bertemu untuk saling melakukan pertukaran atas barang dan jasa. Didalam kegiatan Pasar pasti terjadi tawar-menawar untuk mendapatkan barang yang diinginkan, tawar menawar itu dalam ilmu ekonomi lebih akrab dikenal dengan permintaan dan penawaran. Kehidupan manusia selalu berhubungan dunia ekonomi terlebih adalah permintaan karena permintaan sering kali lebih besar dengan persediaan yang ada karena itu biasanya permintaan itu sendiri terjadi didalam periode tertentu didalam kehidupan manusia. 

A. Permasalahan
1. Apa yang dimaksud dengan demand
2. Apa saja faktor dan fungsi yang terdapat pada demand?
3. Bagaimana bunyi hukum pada demand?
4. Bagaimana gambar Kuva pada demand?

B. Pembahasan 
1. Pengertian Demand
Demand atau Permintaan adalah bagian pasar dalam pengertian ilmu ekonomi yang didalamnya memuat penjelasan berupa keinginan konsumen membeli suatu barang pada berbagai tingkat harga selama periode tertentu. (Kutipan : Rahardja,Manurung. 2008)
Menurut Setiawan, 2011 dalam Konsep Ekonomi Pasar dalam Ekonomi Modern menjelaskan Permintaan dibedakan ke dalam permintaan efektif dan permintaan tidak efektif. Yang dimaksud dengan permintaan efektif adalah permintaan yang didukung oleh daya beli, sedangkan yang dimaksud dengan permintaan tidak efektif adalah permintaan yang tidak didukung oleh daya beli.
Permintaan dalam konteks ekonomi didefinisikan sebagai jumlah maksimum suatu barang atau jasa yang dikehendaki seorang pembeli untuk dibelinya pada setiap kemungkinan harga dalam jangka waktu tertentu (Sudarsono, 1990).

2. Faktor dan Fungsi yang terdapat pada demand
a. Faktor-faktor yang mempengaruhi demand
Menurut Lista Kuspriatni menyebutkan beberapa faktor yang mempengaruhi demand.
  • Harga barang itu sendiri
  • Harga barang lain yang terkait
  • Tingkat pendapatan per kapita
  • Selera atau kebiasaan
  • Jumlah penduduk
  • Perkiraan harga di masa mendatang
  • Distribusi pendapatan
  • Usaha-usaha produsen meningkatkan penjualan
b. Fungsi Demand
Fungsi dari demand itu sendiri adalah permintaan yang dinyatakan dalam hubungan matematis dengan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Dengan fungsi permintaan, maka kita dapat mempengaruhi hubungan antara variabel tidak bebas (defendent variable) dan variabel-variabel bebas (independent variables).
P= a-b Q atau Q= a-b P
Keterangan:
Q : jumlah barang yang diminta
P : harga barang per unit
a : angka konstanta (berupa angka)
b : gradien atau kemiringan (yang ada hurufnya) 

Adapun syarat mutlak fungsi permintaan adalah:
a. nilai a harus positif (+)
b. nilai b harus negatif (–)
(Kutipan : Rahardja,Manurung. 2008)
3. Hukum pada Demand
Menurut Ery Sukriah.2009 Menjelaskan hubungan antara banyaknya barang/jasa yang diminta dengan harganya.
Makin rendah harga dari suatu barang/jasa
makin banyak permintaan atas barang/jasa tersebut,
Cateris Paribus
Sebaliknya Makin tinggi harga dari suatu barang/jasa
makin sedikit permintaan atas barang/jasa tersebut,
Cateris Paribus

  4. Gambar Kurva pada Demand

C. Kesimpulan
Mekanisme pasar adalah proses penentuan tingkat harga berdasarkan kekuatan permintaan dan penawaran. Untuk permintaan itu sendiri, Permintaan adalah keinginan suatu produsen untuk membeli suatu barang dengan tingkat tertentu pada periode tertentu. Permintaan memiliki beberapa faktor seperti disebutkan diatas yang akan membantu dalam proses permintaannya itu sendiri dengan fungsi serta kurva yang terdapat pada permintaan. 
 
Daftar Pustaka
Kuspriatni,L. Permintaan dan Penawaran. Universitas Gunadarma dalam http://lista.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/28517/P+2%263+Permintaan+dan+Penawaran.pdf  Diunduh Tanggal 5 Maret 2018
Rahardja,P.Mandala Manurung .2008. Pengantar Ilmu Ekonomi Edisi Ketiga. Jakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia
Setiawan. 2011. Konsep Ekonomi Pasar dalam Ekonomi Modern dalam http://digilib.uinsby.ac.id/9574/9/bab2.pdf 
Diunduh Tanggal 5 Maret 2018
Sudarso. 1990. dalam Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 4 Nomor 1, April 2007 Maimun Sholeh Permintaan dan Penawaran Tenaga Kerja serta Upah : Teori serta Beberapa Potretnya di Indonesia ( http://download.portalgaruda.org/article.php?article=6778&val=444&title=Permintaan%20dan%20Penawaran%20Tenaga%20Kerja%20serta%20Upah:%20Teori%20serta%20Beberapa%20Potretnya%20di%20Indonesia ) Diunduh Tanggal 5 Maret 2018
Sukriah,Erry. 2009. Mekanisme Pasar Permintaan dan Penawaran. Universitas Pendidikan Indonesia dalam http://file.upi.edu/Direktori/FPIPS/LAINNYA/ERRY_SUPRIAH/EKO_WK3_Mekanisme_Pasar_%5BCompatibility_Mode%5D.pdf 
Diunduh Tanggal 5 Maret 2018

Daftar Pustaka Gambar
Diunduh Tanggal 5 Maret 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.