Oleh : Raniyah Vanka Dira (@B19-Raniyah)
Konsumen adalah orang yang melakukan kegiatan konsumsi, konsumsi adalah kegiatan seseorang dalam mengurangi / menghasilkan nilai guna suatu barang atau jasa. Perilaku konsumen adalah proses pengambilan keputusan dan aktivitas masing - masing individu yang dilakukan dalam rangka evaluasi, pendapatan, penggunaan atau mengatur barang dan jasa.
Pada dasarnya, perilaku
konsumen secara umum dibagi menjadi 2 yaitu perilaku konsumen yang bersifat
rasional dan irrasional. Yang dimaksudkan dengan perilaku konsumen yang
bersifat rasional adalah tindakan perilaku konsumen dalam pembelian suatu
barang dan jasa yang mengedepankan aspek-aspek konsumen secara umum, yaitu
seperti tingkat kebutuhan mendesak, kebutuhan utama/primer, serta daya guna
produk itu sendiri terhadap konsumen pembelinya.
Sedangkan perilaku konsumen
yang bersifat irrasional adalah perilaku konsumen yang mudah terbujuk oleh
iming-iming diskon atau marketing dari suatu produk tanpa mengedepankan aspek
kebutuhan atau kepentingan. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa ciri-ciri
yang menjadi dasar perbedaan antara perilaku konsumen yang bersifat rasional
dan perilaku konsumen yang bersifat irrasional.
Berikut ini beberapa ciri-ciri dari Perilaku Konsumen
yang bersifat Rasional:
1. Konsumen memilih barang berdasarkan kebutuhan
2. Barang yang dipilih konsumen memberikan kegunaan
optimal bagi konsumen
3. Konsumen memilih barang yang mutunya terjamin
4. Konsumen memilih barang yang harganya sesuai dengan
kemampuan konsumen
Beberapa ciri-ciri Perilaku Konsumen yang bersifat
Irrasional:
1. Konsumen sangat cepat tertarik dengan iklan dan
promosi di media cetak maupun elektronik
2. Konsumen memilih barang-barang bermerk atau branded
yang sudah dikenal luas
3. Konsumen memilih barang bukan berdasarkan kebutuhan,
melainkan gengsi atau prestise
Faktor
- faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen
Faktor - faktor mengonsumsi barang atau jasa adalah
sebagai berikut :
1. Pendapatan
1. Pendapatan
Pendapatan merupakan
faktor utama dalam mempengaruhi tingkat konsumsi seseorang
2. Harga barang
Semakin tinggi harga
suatu barang maka semakin rendah tingkat konsumsi seseorang, sedangkan apabila
harga suatu barang maka semakin tinggi tingkat konsumsinya.
3. Selera individu
Setiap orang mempunyai
selera yang berbeda - beda barang atau jasa yang diinginkan
4. Status sosial
4. Status sosial
Status sosial
seseorang dalam masyarakat dengan sendirinya membentuk pola konsumsi orang
tersebut.
5. Kebudayaan
5. Kebudayaan
Kebudayaan dapat
mempengaruhi tingkat konsumsi.misalnya, makanan pokoknya adalah sagu
sehingga kebutuhan sagu tersebut lebih besar.
Macam
- macam perilaku konsumen
1.
Perilaku rasional
Perilaku rasional adalah perilaku konsumsi yang dilakukan berdasarkan akal sehat.
Perilaku rasional adalah perilaku konsumsi yang dilakukan berdasarkan akal sehat.
·
mengonsumsi produk sesuai yang dimiliki
·
mongonsumsi produk sesuai kualitasnya
·
mengonsusi produk yang benar - benar yang
dibutuhkan oleh konsumsi
·
mengonsumsi produk yang mampu meberikan
kegunaan optimal, maksudny dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama
2. Perilaku irasional
Perilaku irasional adalah perilaku konsumsi yang dilakukan dangan tidak berdasarkan pada pertimbangan yang baik. perilaku irasional antara lain.
Perilaku irasional adalah perilaku konsumsi yang dilakukan dangan tidak berdasarkan pada pertimbangan yang baik. perilaku irasional antara lain.
·
membeli karena tertarik pada merek
·
membeli karena ikut - ikutan / demostretion
effect
·
membeli karena adanya potongan produk
·
membeli karena tertarik iklan produk
·
membeli karena ingin mempertahankan prestise
·
membeli karena adanya bonus pembelian
Daftar Pusaka :
Boyhaqi. 2015. Pengertian, Faktor-Faktor, dan Macam-Macam
Perilaku Konsumen. http://rajinikutan.blogspot.co.id/2015/12/pengertian-faktor-faktor-dan-macam.html
(diakses 20 Maret 2017)
UCEO. 2015. Perilaku Konsumen. http://ciputrauceo.net/blog/2015/6/11/perilaku-konsumen
(diakses 20 Maret 2017)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.