.

Senin, 20 Maret 2017

Perilaku Konsumen Secara Rasional dan Irrasional



Oleh : Raniyah Vanka Dira (@B19-Raniyah)

Konsumen adalah orang yang melakukan kegiatan konsumsi, konsumsi adalah kegiatan seseorang dalam mengurangi / menghasilkan nilai guna suatu barang atau jasa. Perilaku konsumen adalah proses pengambilan keputusan dan aktivitas masing - masing individu yang dilakukan dalam rangka evaluasi, pendapatan, penggunaan atau mengatur barang dan jasa.
Pada dasarnya, perilaku konsumen secara umum dibagi menjadi 2 yaitu perilaku konsumen yang bersifat rasional dan irrasional. Yang dimaksudkan dengan perilaku konsumen yang bersifat rasional adalah tindakan perilaku konsumen dalam pembelian suatu barang dan jasa yang mengedepankan aspek-aspek konsumen secara umum, yaitu seperti tingkat kebutuhan mendesak, kebutuhan utama/primer, serta daya guna produk itu sendiri terhadap konsumen pembelinya.
Sedangkan perilaku konsumen yang bersifat irrasional adalah perilaku konsumen yang mudah terbujuk oleh iming-iming diskon atau marketing dari suatu produk tanpa mengedepankan aspek kebutuhan atau kepentingan. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa ciri-ciri yang menjadi dasar perbedaan antara perilaku konsumen yang bersifat rasional dan perilaku konsumen yang bersifat irrasional.

Berikut ini beberapa ciri-ciri dari Perilaku Konsumen yang bersifat Rasional:
1. Konsumen memilih barang berdasarkan kebutuhan
2. Barang yang dipilih konsumen memberikan kegunaan optimal bagi konsumen
3. Konsumen memilih barang yang mutunya terjamin
4. Konsumen memilih barang yang harganya sesuai dengan kemampuan konsumen

Beberapa ciri-ciri Perilaku Konsumen yang bersifat Irrasional:
1. Konsumen sangat cepat tertarik dengan iklan dan promosi di media cetak maupun elektronik
2. Konsumen memilih barang-barang bermerk atau branded yang sudah dikenal luas
3. Konsumen memilih barang bukan berdasarkan kebutuhan, melainkan gengsi atau prestise

 Faktor - faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen
Faktor - faktor mengonsumsi barang atau jasa adalah sebagai berikut :

1. Pendapatan
          Pendapatan merupakan faktor utama dalam mempengaruhi tingkat konsumsi seseorang

2. Harga barang
          Semakin tinggi harga suatu barang maka semakin rendah tingkat konsumsi seseorang, sedangkan apabila harga suatu barang maka semakin tinggi tingkat konsumsinya.

3. Selera individu
          Setiap orang mempunyai selera yang berbeda - beda barang atau jasa yang diinginkan

4. Status sosial
          Status sosial seseorang dalam masyarakat dengan sendirinya membentuk pola konsumsi orang tersebut.

5. Kebudayaan 
          Kebudayaan dapat mempengaruhi tingkat konsumsi.misalnya,  makanan pokoknya adalah sagu sehingga kebutuhan sagu tersebut lebih besar.

Macam - macam perilaku konsumen
1. Perilaku rasional
        Perilaku rasional adalah perilaku konsumsi yang dilakukan berdasarkan akal sehat.
·         mengonsumsi produk sesuai yang dimiliki
·         mongonsumsi produk sesuai kualitasnya 
·         mengonsusi produk yang benar - benar yang dibutuhkan oleh konsumsi
·         mengonsumsi produk yang mampu meberikan kegunaan optimal, maksudny dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama
    2. Perilaku irasional
        Perilaku irasional adalah perilaku konsumsi yang dilakukan dangan tidak berdasarkan pada pertimbangan yang baik. perilaku irasional antara lain.

·         membeli karena tertarik pada merek 
·         membeli karena ikut - ikutan / demostretion effect
·         membeli karena adanya potongan produk 
·         membeli karena tertarik iklan produk
·         membeli karena ingin mempertahankan prestise
·         membeli karena adanya bonus pembelian 

Daftar Pusaka :
Boyhaqi. 2015. Pengertian, Faktor-Faktor, dan Macam-Macam Perilaku Konsumen. http://rajinikutan.blogspot.co.id/2015/12/pengertian-faktor-faktor-dan-macam.html (diakses 20 Maret 2017)

UCEO. 2015. Perilaku Konsumen. http://ciputrauceo.net/blog/2015/6/11/perilaku-konsumen (diakses 20 Maret 2017)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.