.

Jumat, 23 Maret 2018

Jangka Waktu Produksi


Oleh Bendy Emeraldi Alvaro
@C06-Bendy, @Proyek-04



ABSTRAK
Artikel ini dibuat dengan tujuan agar kita dapat memahami apa yang dimaksud dengan jangka waktu produksi. Di setiap perusahaan pasti kita akan membutuhkan jangka waktu produksi untuk menentukan berapa lama kita membutuhkan waktu untuk memproduksi suatu barang.

KATA KUNCI
Jangka Pendek, Jangka Panjang, Produksi

PENDAHULUAN
Sejalan berkembangannya jaman, dunia perdagangan juga berkembang. Era globalisasi tidak membatasi orang untuk berdagang demikian juga konsumen, mereka berhak dan bebas memilih produsen.Dalam menghadapi era globalisasi setiap produsen dituntut untuk bersaing dari segi kualitas barang, oleh sebab itu dalam proses produksinya setiap perusahaan dituntut untuk efisien dan efektif dalam sistem operasioanl karena akan sangat mempengaruhi harga jual suatu barang.

PERMASALAHAN
1.Apa pengertian dari jangka waktu produksi?
2.Jelaskan perbedaan antara jangka pendek dan jangka panjang dalam suatu produksi?
3.Apa fungsi dari jangka waktu produksi tersebut?

PEMBAHASAN
Jangka waktu produksi dapat di artikan sebagai waktu yang dibutuhkan dalam suatu proses produksi dari input menjadi output.

Jangka waktu produksi dibedakan menjadi 2, yaitu:
1.Jangka pendek (Short Run)
2.Jangka Panjang (Long Run)

*Jangka Pendek
yaitu jangka waktu ketika input variabel dapat disesuaikan, namun input tetap tidak dapat disesuaikan.
Dalam jangka pendek perusahaan memiliki input tetap dan menentukan berapa banyaknya input variabel yang harus dipergunakan. Untuk membuat keputusan, pengusaha akan memperhitungkan seberapa besar dampak penambahan input variabel terhadap produksi total. Misalnya input variabelnya adalah tenaga kerja dan input tetapnya adalah modal. Apabila tenaga kerja yang dipergunakan sebanyak 0, produksi juga nol. Ini berarti proses produksi tidak akan menghasilkan output apabila hanya mempergunakan satu macam input. Apabila jumlah tenaga kerja yang dipergunakan semakin banyak, makan output meningkat.

*Jangka Panjang
Yaitu satu waktu dimana seluruh input variable maupun tetap yang digunakan perusahaan dapat diubah.Adapun tujuan dari pembedaan jangka waktu atau periodisasi dalam produksi adalah untuk meminimumkannya Biaya Produksi.
Jangka panjang suatu proses produksi tidak bisa diukur dengan waktu tertentu, misalnya 10 tahun, 5 tahun, 15 tahun dan seterusnya. Jangka panjang suatu proses produksi adalah jangka waktu di mana semua input atau faktor produksi yang dipergunakan untuk proses produksi bersifat variabel. Dengan kata lain, dalam jangka panjang tidak ada input tetap.

Fungsi dari kita memahami jangka waktu produksi yaitu:
1.Menentukan besarnya jumlah hasil produksi
2.Menentukan kebutuhan jumlah tenaga kerja
3.Menentukan besarnya modal
4.Mengurangi biaya produksi
5.Mengikuti perkembangan teknologi

KESIMPULAN
Jangka waktu produksi dapat di artikan sebagai waktu yang dibutuhkan dalam suatu proses produksi dari input menjadi output. Jangka waktu Produksi dapat dibedakan menjadi 2, yaitu jangka pendek dan jangka panjang. Jangka waktu produksi memiliki fungsi dalam proses produksi.

DAFTAR PUSTAKA
-Sugi, Aritonang.2016.Teori Produksi dan Jangka Waktu Produksi.Dalam http://lessonstogether.blogspot.co.id/2016/01/teori-produksi-dan-jangka-waktu-produksi.html
-Yaelda, Alvionita.2012.Teori Produksi. Dalam http://yaeldaa.blogspot.co.id/2012/01/teori-produksi.html
-Bayu.2011.5 Fungsi Produksi Jangka Pendek yang Perlu Diketahui.Dalam https://dosenekonomi.com/bisnis/fungsi-produksi-jangka-pendek
-Martha, Laila Arisandra.2016.Jurnal PENETAPAN STANDAR WAKTU PROSES DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI PADA PERUSAHAAN BATIK TULIS RUSDI DESA SUMURGUNG KECAMATAN TUBAN – TUBAN Vol.1 No.1.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.