.

Jumat, 23 Maret 2018

Meminimalkan Biaya Produksi

 @C20-Tania, @Proyek-04
oleh : Tania S Fajrin



Abstrak
Biaya produksi merupakan akumulasi dari semua biaya-biaya yang dibutuhkan dalam proses produksi dengan tujuan untuk menghasilkan suatu produk atau barang. Biaya-biaya ini meliputi biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, biaya operasional barang / pabrik, dan lain sebagainya.

kata kunci
biaya, produksi, perusahaan

Pendahuluan
Biaya produksi  yaitu seluruh pengeluaran yang dijalankan oleh perusahaan untuk memperoleh beberapa aspek produksi dan juga beberapa bahan mentah yang bakal dipakai untuk membuat beberapa barang yang diproduksikan perusahaan itu (Winata, Raden). Biaya produksi membuat harga pokok produksi yang dipakai untuk mengkalkulasi harga pokok produk lalu dan juga harga pokok pada akhir periode akuntansi masih tetap dalam sistem. Biaya produksi dalam suatu perusahaan (khususnya manufaktur) merupakan bagian terpenting dalam proses produksi, hal ini dikarenakan biaya produksi dalam perusahaan tersebut merupakan pengeluaran yang paling besar diantara biaya-biaya yang lain dan terjadi terus menerus selama proses produksi terus berjalan (Rahma, 2017). Suatu perusahaan dapat mengatur biaya produksinya sendiri sesuai dengan perusahaan itu sendiri, dengan seminimal mungkin perusahaan akan mengatur biaya produksi.

Permasalahan
1.       Apa itu biaya produksi ?
2.       Apa saja yang dapat dalam unsur-unsur biaya produksi?
3.       Ada berapa macam biaya produksi menurut waktunya?
4.       Apa saja tujuan penentu biaya produksi?
5.       Bagaimana cara meminimalkan biaya produksi?

Pembahasan
Pengertian Biaya Produksi
Biaya dalam arti produksi adalah seluruh “beban” yang perlu dijamin oleh pridusen membuahkan satu produksi. Biaya produksi merupakan beban yang perlu dijamin oleh produsen berbentuk duit untuk membuahkan suatu barang/layanan (Raden Winata).

Pengertian biaya produksi dari para ahli:
ü  “Biaya produksi adalah biaya-biaya yang terjadi untuk mengolah bahan baku menjadi barang jadi yang siap dijual”. Mulyadi (2007)
ü  “Biaya produksi adalah biaya-biaya yang dikeluarkan dalam proses produksi atau semua beban yang ditanggung oleh produsen untuk menghasilkan suatu barang atau jasa”. Yana Karyana (2008)

Biaya produksi bisa mencakup unsur-unsur seperti berikut :
1.       Bahan baku atau juga bahan basic termasuk juga bahan ½ jadi.
2.       Beberapa bahan pembantu atau juga penolong
3.       Gaji tenaga kerja dari tenaga kerja kuli sampai direktur
4.       Penyusutan perlengkapan produksi
5.       Duit modal, sewa
6.       Biaya pendukung seperti biaya angkut, biaya administrasi, petawatan, biaya listrik, biaya keamanan dan juga asuransi
7.       Biaya pemasaran seperti biaya iklan
8.       Pajak

Teori biaya produksi menurut waktunya dibedakan menjadi 2 :
1.       Periode saat pendek
Dalam periode pendek perusahaan yaitu periode waktu dimana beberapa aspek produksi tidak bisa dilebih jumlahnya. Teori-teori biaya produksi dalam periode pendek yaitu
·         Biaya keselurihan dan juga beberapa jenis biaya keseluruhan
·         Biaya rata-rata dan juga marjinal
2.       Periode saat panjang
Dalam periode panjang perusahaan bisa memberi semuanya aspek produksi atau juga input yang bakal digunakannya.

Tujuan Penentuan Biaya Produksi
Pada dasarnya perusahaan bertujuan untuk mendapatkan laba dengan memperoleh pendapatan dan membandingkannya dengan pengorbanan yang dilakukan. Untuk mengetahui seberapa besar laba yang diperoleh diperlukan suatu ukuran yanga baik dari pendapatan maupun pengorbanan yang telah dilakukan. Berikut merupakan beberapa tujuan dari penentuan biaya produksi:
1.       Untuk menetapkan jumlah biaya produksi secara tepat
Bukti transaksi yang berkaitan dengan pengeluaran biaya dikumpulkan dan digunakan sebagai dasar pencatatan atas terjadinya biaya. Pengumpulan bukti, pencatatan dan penentuan atas terjadinya biaya produksi yang tepat akan menghasilkan penetapan biaya produksi yang tepat.
2.       Membantu manajemen mengadakan pengendalian biaya yang tepat.
Adanya pengumpulan bukti transaksi, pencatatan dan penentuan biaya produksi yang tepat akan memudahkan pihak manajemen melakukan pengawasan dan pengendalian atas biaya yang keluar untuk melakukan produksi.
3.       Membantu manajemen dalam pengambilan keputusan jangka pendek.
Pengambilan keputusan yang berkaitan dengan biaya produksi meliputi pembelian bahan baku, pembelian mesin atau alat produksi, dan menentukan harga jual dan untuk menentukan keuntungan yang dapat dicapai oleh perusahaan. (Ayu, Dian 2015)

Cara efektif meminimalkan biaya produksi
1.       Biaya bahan
Usahakan agar penggunaan bahan baku se-efisien mungkin. Langkah ini bisa Anda mulai dengan cara meminimalkan bahan yang terbuang. Disamping itu, pada saat pembelian bahan baku juga harus diupayakan mendapatkan harga kulakan yang paling kompetitif. Dengan begitu biaya pembelian bahan tidak mengalami pembengkakan.
2.       Tenaga kerja
Untuk menekan biaya, maka kita harus mengupayakan agar tenaga kerja kita mampu bekerja dengan produktifitas semaksimal mungkin. Sebaiknya, tentukan target kerja yang harus dicapai setiap karyawan agar mereka bisa bekerja semaksimal mungkin di bidangnya masing-masing.
3.       Peralatan
Pembelian dan penggunaan peralatan harus sesuai prosedur agar peralatan tersebut memiliki usia pakai seperti yang telah direncanakan para pemilik perusahaan. Jika peralatan yang dibeli kualitasnya di bawah rata-rata dan dipergunakan dengan cara yang tidak semestinya, pastinya akan menimbulkan biaya perawatan yang tidak sedikit. Untuk itu sebelum membeli dan menggunakan peralatan-peralatan, perhitungkan dengan matang agar tak ada biaya tambahan yang harus Anda keluarkan.
4.       Biaya operasional dan overhead
Selalu mencari terobosan/ cara baru agar operasional perusahaan bisa berjalan lebih efisien. Contohnya seperti mengusahakan untuk mencari cara efektif untuk meminimalisir biaya operasional.

Kesimpulan
Biaya produksi adalah akumulasi dari semua biaya-biaya yang dibutuhkan dalam proses produksi dengan tujuan untuk menghasilkan suatu produk atau barang. Biaya-biaya tersebut berupa biaya bahan baku, biaya penolong, gaji tenaga kerja, modal, biaya pemasaran, pajak, dll. Dalam hitungan waktu biaya produksi terdapat menjadi 2 yaitu biaya produksi pendek dan biaya produksi panjang. Terdapat beberapa cara untuk suatu perusahaan dalam meminimalisir biaya produksi supaya mendapatkan keuntungan yang lebih.

Daftar Pustaka
Rahmah, Nindya 2017. Apa Yang Dimaksud Dengan Biaya Produksi?. Dictio.id. dalam https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-biaya-produksi/14039/2 . Diunduh 23 Maret 2018
Winata, Raden. Pengertian Teori Biaya Produksi Beserta Rumus & Contohnya. Radenwinata.com. dalam https://radenwinata.com/biaya-produksi.html . Diunduh 23 Maret 2018
Thirafi, Nurina 2017. Update Pengertian, Jenis, dan Contoh Biaya Produksi. Harga.web.id. dalam https://harga.web.id/definisi-pengertian-dan-contoh-biaya-produksi.info . Diunduh 23 Maret 2018
Ayu, 2015. Pengertian Unsur Dan Tujuan Biaya Produksi. Kompasiana.com. dalam  https://www.kompasiana.com/dhanatsr/pengertian-unsur-dan-tujuan-biaya-produksi_56406be1727a61d606048be2. Diunduh 23 Maret 2018
(Anonym) 2012. Cara Efektif Meminimalkan Biaya Produksi. Kaskus.co.id. dalam https://www.kaskus.co.id/thread/52b7979fffca17fd608b46e6/cara-efektif-meminimalkan-biaya-produksi/ . Diunduh 23 Maret 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.