.

Minggu, 10 Juni 2018

PENGANGGURAN TERSELUBUNG

@C09-Elvi, @Proyek-11
Disusun Oleh Elvi Khairina

ABSTRAK
Masalah pengangguran baik di negara maju maupun negara berkembang menjadi bagian penting dalam perencanaan pembangunan, terutama berkaitan dengan masalah pembangunan ekonomi. Masalah pengangguran menjadi masalah global. Pengangguran adalah suatu hal yang tidak asing lagi di Negara kita, pengangguran tidak semata-mata disebabkan oleh penduduk yang tidak mau bekerja, namun terdapat banyak penyebab dari pengangguran tersebut, bisa dari faktor pemerintah maupun pihak lainnya. Selain  itu pengangguran juga terdapat banyak jenisnya dan terdapat banyak penyebab salah satunya pengangguran terselubung, tentunya pengangguran memberikan dampak yang negative terhadap masyarakat dan negara . Dalam hal ini pemerintah tidak hanya tinggal diam pemerintah juga berupaya memberikan solusi berupa kebijakan-kebijakan  untuk mengatasi permasalahan yang sangat pelik ini.Pengengguran tentunya dapat di minimalisir jika antara masyarakat umum, pemerintah dan pihak swasta lain dapat bekerja sama  dalam mengatasi pemasalahan ini.
KATA KUNCI : PENGANGGURAN TERSELUBUNG, PENYEBAB PENGANGGURAN, UPAYA PEMERINTAH
 
A.   PENDAHULUAN
Demo buruh yang menuntut penaikan upah minimum hanyalah satu dari serangkaian masalah ketenagakerjaan di Indonesia. Masalah yang lebih buruk adalah terus membengkaknya jumlah pengangguran terselubung.Masalah pengangguran baik di negara maju maupun negara berkembang menjadi bagian penting dalam perencanaan pembangunan, terutama berkaitan dengan masalah pembangunan ekonomi. Peningkatan pengangguran diantaranya merupakan akibat dari menurunnya pertumbuhan ekonomi. Penurunan pertumbuhan ekonomi suatu Negara akan menurunkan penyerapan tenaga ketja yang kemudian diikuti dengan meningkatnya pengangguran. Oleh karena itu, peningkatan pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan pengangguran. Saat ini, jumlah penganggur terselubung diperkirakan mencapai 20 juta orang.

Pengangguran merupakan masalah yang hampir dirasakan semua Negara. Ini merupakan masalah ekonomi makro yang dapat memberikan pengaruh secara langsung terhadap semua Negara. Tidak heran bila pemerintah selalu berupaya untuk mencari tahu cara mengatasi pengangguran maka dari itu pemerintah mewaspadai dan mengantisipasi hal ini

B.    RUMUSAN MASALAH
1.       Apa yang dimaksud dengan pengangguran terselubung?
2.       Apa saja penyebab pengangguran terselubung?
3.       Apa saja ciri – ciri yang terlihat dari pengangguran terselubung?
4.       Bagaimana upaya pemerintah dalam menghadapi masalah pengangguran?

C.    PEMBAHASAN
1.       Definisi Pengangguran Terselubung (Kemenperin,2016)
·      Berdasarkan definisi Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) dalam Kementrian Perindustrian pengangguran terselubung, adalah keadaan menganggur suatu angkatan kerja yang tidak dilaporkan karena mereka tidak giat mencari kerja.
·      Berdasarkan istilah yang berlaku umum, pengangguran terselubung yaitu tenaga kerja yang tidak bekerja secara optimal karena tidak memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan kemampuannya.
2.       Penyebab Pengangguran Terselubung (Nesa,2016)
·           Pertumbuhan populasi
Pertumbuhan penduduk yang tinggi menyebabkan kelebihan tenaga kerja, terutama di daerah pedesaan. Indonesia, sebagai negara terpadat kedua, memiliki hampir 70% dari total penduduknya di daerah pedesaan (sensus 2011). Kelebihan tenaga kerja yang ada di daerah pedesaan, namun, pekerjaan di daerah-daerah tersebut sebagian besar tetap musiman, sehingga menyebabkan pengangguran terselubung.
·           Kemiskinan
Kemiskinan mengakibatkan ketidakmampuan untuk membeli tanah dan dengan demikian orang memiliki akses ke modal yang terbatas. Modal terbatas: Ini semakin meningkatkan ketergantungan semakin banyak orang dengan sarana terbatas.
·           Ekonomi padat karya
Dengan jumlah penduduk yang tinggi, tenaga kerja tersedia dengan harga lebih murah. Jadi, lebih banyak orang mudah dipekerjakan untuk pekerjaan tertentu, yang dapat dilakukan oleh lebih sedikit orang.
·           Keterampilan dan pengetahuan terbatas tentang peluang yang lebih baik
Pengangguran terselubung juga disebabkan oleh keterampilan yang terbatas dari para pekerja. Pada saat mayoritas penduduk Indonesia tinggal di daerah pedesaan dengan sarana yang terbatas, orang tidak memiliki keterampilan yang layak untuk direkrut di tempat yang lebih baik.
3.       Ciri – ciri yang Terlihat pada jenis Pengangguran Terselubung
·           Terlihat dari banyaknya tenaga kerja di daerah perkotaan maupun perdesaan yang bekerja di bawah jam kerja normal, mereka hanya bekerja secara harian, mingguan atau musiman.
·           Terlihat pada tenaga kerja yang bekerja penuh waktu, sesuai dengan jam kerja normal namun  produktivitasnya begitu rendah sehingga adanya penambahan jam kerja tidak akan mempunyai pengaruh yang berarti terhadap jumlah output.
4.       Contoh Pengangguran Terselubung
·         Bila dalam suatu perusahaan pembuatan kerupuk, terdapat sepuluh orang tenaga kerja. Padahal, untuk bisa memproduksi kerupuk secara optimal bisa dilakukan oleh delapan orang saja. Dengan demikian, dua orang tenaga kerja yang ada termasuk pengangguran terselubung (Laila,2016).
·         Seseorang dengan latar pendidikan S2 yang menerima posisi kasir penuh waktu karena ia tidak dapat menemukan pekerjaan di bidangnya dapat dianggap sebagai setengah pengangguran karena ia bekerja di bawah keahliannya.
·         Mereka yang sakit atau dianggap cacat sebagian. Meskipun mereka mungkin tidak aktif bekerja, mereka mungkin mampu menjadi produktif dalam perekonomian.
5. Upaya Pemerintah dalam Mengatasi Pengangguran Terselubung (AdminSosiologiEkonomi,2016)
·           Mendorong pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), industri padat karya, industri berbasis gaya hidup (lifestyle), industri yang memiliki tren domestik, serta industri yang mengandung unsur-unsur keunikan (uniqueness).
·           Bekerjasama dengan investor untuk membuka lapangan pekerjaan
·           Kemudahan investasi dan menciptakan iklim investasi yang kondusif
·           Penyediaan infrastruktur
·           Dorongan pemerintah diberikan dalam bentuk insentif pajak
        Memberikan pelatihan keterampilan

DAFTAR PUSTAKA
Admin Sosiologi Ekonomi. Jenis - Jenis Pengangguran dan Contoh Lengkapnya. Sosioekonomi.com. Dalam https://sosioekonomi.com/jenis-jenis-pengangguran-dan-contoh-lengkapnya/ (Diakses pada hari Minggu,10 Juni 2018)
Arsyad, Lincolin. 2014. Konsep dan Pengukuran Pembangunan Ekonomi. Repository.ut.ac.id Dalam https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=pengangguran+terselubung&oq=Pengangguran+terse#d=gs_qabs&p=&u=%23p%3DOOMyZVeZAYIJ/ http://repository.ut.ac.id/3950/1/ESPA4229-M1.pdf (Diunduh pada hari Minggu,10 Juni 2018)
KemeperinRI. 2016. Pengangguran Terselubung Menyimpan 'Bom Waktu'. Kemenperin.go.id. Dalam http://www.kemenperin.go.id/artikel/5212/Pengangguran-Terselubung-Menyimpan-%27Bom-Waktu%27 (Diakses pada hari Minggu,10 Juni 2018)
Laila, Sunna. 2016. Mengenal Pengertian dan Jenis Pengangguran. Portal-Ilmu.com. Dalam https://portal-ilmu.com/mengenal-jenis-jenis-pengangguran/ (Diakses pada hari Minggu,10 Juni 2018)
Nesa, Artika. 2018. 3 Contoh Pengangguran Terselubung dan Pengertiannya. DosenEkonomi.com. Dalam https://dosenekonomi.com/ilmu-ekonomi/sdm/contoh-pengangguran-terselubung (Diakses pada hari Minggu,10 Juni 2018)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.