.

Minggu, 10 Juni 2018

Tingkat Pengangguran di Jawa Barat


@C06-Bendy, @Proyek-11
Oleh Bendy Emeraldi Alvaro




Abstrak
Dalam artikel kali ini saya akan membahas tingkat pengganguran yang terjadi di Provinsi Jawa Barat.

KataKunci
Pengangguran, Inflasi

Pendahuluan
Pengangguran merupakan momok yang sangat sulit untuk diberantas di setiap negara. Banyak sekali tidak tersedianya lapangan pekerjaan, Tenaga ahli pun sangat sedikit, berbagai upaya telah dilakukan oleh setiap negara untuk mengurangi tingkat pengangguran. Seperti memberi pelatihan, berupa ilmu dan keahlian.

Permasalahan
Apa pengertian inflasi dan pengangguran?
Bagaimana kondisi pengangguran di daerah Jawa Barat?

Pembahasan
Kenaikan harga barang dapat bersifat sementara atau berlangsung terus-menerus. Ketika kenaikan tersebut berlangsung dalam waktu yang lama dan terjadi hampir pada seluruh barang dan jasa maka gejala ini disebut inflasi. Jadi, kenaikan harga pada satu atau dua jenis barang tidak dapat dikategorikan sebagai inflasi.
Dengan demikian, inflasi (inflation) adalah kenaikan harga barang-barang yang bersifat umum dan terus-menerus. Lawan dari inflasi adalah deflasi (deflation), yaitu kondisi di mana tingkat harga mengalami penurunan terus-menerus.
Dalam sensus penduduk 2001 mendefinisikan pengangguran sebagai orang yang tidak bekerja sama sekali atau bekerja kurang dari dua hari selama seminggu sebelum pencacahan dan berusaha memperoleh pekerjaan (BPS, 2001: 8).
Menurut Sukirno (2004: 28) pengangguran adalah jumlah tenaga kerja dalam perekonomian yang secara aktif mencari pekerjaan tetapi belum memperolehnya.

Provinsi Jabar hingga saat ini dinilai belum terbebas dari pengangguran.
Angka pengangguran di Jawa Barat meningkat dalam setahun terakhir, dari 9,08 persen pada 2012 menjadi 9,22 persen atau mencapai 1,87 juta orang, menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) provinsi.

Peningkatan angka tersebut terjadi meski ada kenaikan pertumbuhan ekonomi provinsi pada kuartal tiga 2013 sebesar 2,37 persen dibandingkan kuartal dua. 
Kepala bidang statistik sosial BPS Jawa Barat, Dyah Anugrah mengatakan, peningkatan angka pengangguran itu terjadi karena penyerapan tenaga kerja pada sektor industri padat karya melemah.

Beberapa faktor mempengaruhi hal tersebut, ujarnya, diantaranya kenaikan harga bahan bakar minyak, melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika, kenaikan tarif dasar listrik dan kenaikan ongkos produksi. Kondisi tersebut berdampak pada melemahnya sektor industri padat karya yang umumnya adalah industri skala kecil atau mikro, katanya.
Berdasarkan proyeksi rencana tenaga kerja Provinsi Jabar, kata dia, pada 2018 diperkirakan akan ada 21.281.914 kesempatan kerja yang tercipta. Jumlah tersebut meningkat 2,25 persen dibandingkan 2017.
Pemerintah terus berupaya menurunkan angka pengangguran dengan melakukan berbagai strategi dan program kerja. Salah satu langkah nyata yang dilakukan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) ialah dengan meluncurkan aplikasi pengantar kerja berbasis web e-pengantarkerja.kemnaker.go.id.

Saat ini berdasarkan data Badan Pusat Statistik ( BPS) tercatat terjadi penurunan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT), dari Februari 2017 sebesar 5,33 persen menjadi 5,13 persen pada Februari 2018. Dalam setahun terakhir, pengangguran berkurang 140 ribu orang.

Kesimpulan
Provinsi Jawa Barat belum terbebas dari masalah pengangguran, setiap tahunnya pun meningkat, beberapa upaya telah dilakukan pemerintah untuk mengurangi bahkan memberantas tingkat pengangguran di Provinsi Jawa Barat seperti meluncurkan aplikasi pengantar kerja.

Daftar Pustaka
-Gervin Nathaniel Purba.2018.Upaya Pemerintah Mengurangi Jumlah Pengangguran.Dalam http://news.metrotvnews.com/peristiwa/0k8ZZD9N-upaya-pemerintah-mengurangi-jumlah-pengangguran
-R.Teja Wulan.2013.Tingkat Pengangguran di Jawa Barat Naik.Dalam https://www.voaindonesia.com/a/tingkat-pengangguran-di-jawa-barat-naik/1796475.html
-Ahmad Fathono.2014.Pengertian Inflasi.Dalam https://www.zonasiswa.com/2014/08/pengertian-inflasi-lengkap.html
-Aviv Arifian Darmanto.2013.Pengangguran.Dalam https://avievarifian.wordpress.com/2013/01/29/penganguran/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.