.

Jumat, 23 Maret 2018

pengertian produksi


Oleh chairun nisa
@C02-Nisa, @Proyek-04

Abstrak:  Seluruh kegiatan ekonomi berpangkal dari produksi. Meski ada perencanaan, marketing, dan distribusi, kalau tidak ada produk yang dijual, semua proses bisa terhenti. Produksi merupakan salah satu kegiatan yang berhubungan erat dengan ekonomi. Melalui proses produksi bisa dihasilkan berbagai macam barang yang dibutuhkan oleh manusia.

Kata kunci: ekonomi, produksi, barang
Pendahuluan: pengertian produksi dapat dilihat dari dua arti yaitu dalam arti sempit dan luas. Pengertian produksi dalam arti sempit yaitu “merubah bentuk barang-barang baru” sedangkan dalam arti luas yaitu “ setiap usaha yang menimbulkan kegunaan(utility). Tingkat produksi juga dijadikan patokan penilaian atas tingkat kesejahteraan suatu Negara. Jadi, tidak heran bila setiap negara berlomba-lomba meningkatkan hasil produksi secara global untuk meningkatkan pendapatan perkapitanya

Permasalahan:
1.      Apa itu produksi?

Pembahasan
Menurut  Pappas (1995) Produksi adalah berkaitan dengan cara bagaimana sumber daya (masukan) dipergunakan untuk menghasilkan produk-produk perusahaan (keluaran). Sementara itu, menurut  Beattie dan Taylor (1994)  produksi yaitu proses kombinasi dan koordinasi material-material dan kekuatan-kekuatan (input, faktor, sumber daya, atau jasa – jasa produksi) dalam pembuatan suatu barang atau jasa output atau produk.
Menurut Philip Kotler & Kevin Lane Keller (2007 : 4), memberikan definisi tentang produk sebagai berikut, “ produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kedalam pasar untuk diperhatikan, dimiliki, dipakai atau dikonsumsi sehingga dapat memuaskan suatu keinginan / semua kebutuhan “. Produk-produk yang dipasarkan meliputi barang fisik, jasa, pengalaman, acara-acara, orang, tempat, property, organisasi, dan gagasan.
Sedangkan menurut Wiliam. J Stanton yang diterjemahkan oleh Juliadi ( 2003 : 242 ), memberikan definisi produk sebagai berikut, “ produk adalah sekumpulan atribut yang nyata dan tidak nyata di dalamnya suatu tercangkup oleh warna, harga, kemasan, plastic, pengecer dan pelayanan dari pabrik serta pengecer yang mungkin diterima oleh pembeli sebagai sesuatu yang bisa memuaskan keinginannya “.
menurut Buffa (2000:65), mengemukakan bahwa: “Production management deals with decision making related to production process, so that the resulting goods or services is produced according to the specification in the amounts and by schedule demand, and at minimum cost”. Yang artinya: “Manajemen produksi merupakan rangkaian kegiatan yang ditetapkan sebagai suatu pengambilan keputusan yang berkaitan dengan proses produksi, sehingga barang dan jasa yang diproduksi sesuai dengan spesifikasi jumlah, mutu dan dalam waktu yang direncanakan dengan biaya yang minimum”.
Menurut Sofyan Assauri, produksi “Produksi adalah segala kegiatan dalam menciptakan dan menambah kegunaan (utility) sesuatu barang atau jasa, untuk kegiatan mana dibutuhkan faktor-faktor produksi dalam ilmu ekonomi berupa tanah, tenaga kerja, dan skill (organization, managerial, dan skills).
Menurut Murti Sumarti dan Jhon Soeprihanto “Produksi adalah semua kegiatan dalam menciptakan atau menambah kegunaan barang atau jasa, dimana untuk kegiatan tersebut diperlukan faktor-faktor produksi.”

Kesimpulan: produksi adalah setiap usaha manusia untuk menciptakansuatu barang atau benda untuk memenuhi kebutuhan manusia. produksi merupakan suatu proses kegiatan untuk mengelola faktor-faktor produksi sebagai masukan (input) untuk diubah menjadi keluran (output) berupa barang dan jasa yang mempunyai spesifikasi jumlah, mutu dan waktu yang sesuai dengan rencana awal dan berbiaya minimum

Daftar pustaka:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.