.

Minggu, 03 Juni 2018

Durasi Siklus dan Faktor yang Mempengaruhinya

Abstrak 
Perekonomian yang ideal adalah perekonomian yang terus-menerus bertumbuh, tanpa satu tahun atau bahkan satu triwulan pun mengalami penurunan. Pertumbuhan tersebut disertai stabilitas harga dan kesempatan kerja yang terbuka luas. 

Neraca perdagangan dan neraca pembayaran pun mengalami surplus yang baik. Perekonomian seperti ini dipercaya akan mampu memberikan kemakmuran dan keadilan bagi rakyat dari generasi ke generasi.
Menurut Kusnendi (dalam Modul Makroekonomi), siklus bisnis ekonomi adalah fluktuasi pertumbuhasn ekonomi disekitar trendnya yang meliiputi masa depresi, recovery, boom, dan resesi.
 Siklus ekonomi adalah fluktuasi redovisning yang melanda produksi lokal, pendapatan, kesempatan kerja, yang biasanya berlangsung selama 2 sampai 10 th, yang ditandai dengan adanya kontraksi dan ekspansi di semua sektor ekonomi.
Kata Kunci : Siklus , Ekonomi, Produksi, Pekerjaan

Rumusan Masalah : 
1. Apa pengertian siklus ekonomi?
2. Bagaimana perekonomian yang ideal di indonesia ?
3. Bagaimana siklus perekonomian di indonesia ?
4. Faktor apa saja yang mempengaruhi siklus perekenomian indonesia?

Pembahasan 

Suatu siklus dalam perkerjaan ekonomi mencerminkan fluktuasi (gerak menaik dan menurun) selakuala, menurut, bergelombang pada kegiatan redovisning dalam kehidupan masyarakat. Fluktuasi serupa itu terjadi selakuala, menurut, berulang dalam suatu jangka waktu tertentu.

Anatomi Siklus Ekonomi
Siklus ekonomi dapat digambarkan sebagai gelombang naik-turun aktivitas, yang terdiri atas empat elemen. Indikator yang biasa digunakan untuk menganalisa siklus ekonomi adalah pertumbuhan ekonomi atau jumlah output riil dan tingkat harga.
Anatomi terdiri atas 4 elemen yaitu:
a. Gerakan menaik (Upturn atau Expansion)
Pemulihan ekonomi ditandai dengan gerakan perekonomian yang menaik. Kadang – kadang gerakan menaik ini disebut juga ekspansi bila gerakan menaik ini terjadi selama minimal dua triwulan berturut – turut.
b. Titik puncak atau kulminasi (Peak)
Ekspansi ekonomi tidak akan terjadi selamanya, suatu ketika gerakan menaik ini mencapai titik tertinggi. Titik ini disebut titik puncak atau kulminasi. Setelah mencapai titik kulminasi, perekonomian akan mengalami penurunan kembali.
c. Gerakan menurun (Downturn)
Yang dimaksud dengan gerak menurun adalah menurunnya output yang dilihat dari menurunnya tingkat pertumbuhan ekonomi. Kadang – kadang gerakan penurunan ini disebut resesi, bila terjadi selama minimal dua triwulan berturut – turut.
d. Titik terendah atau nadir (Trough)
Gerakan menurun akan berlanjut hingga mencapai titik yang paling rendah, yang disebut titik nadir. Setelah mencapai titik nadir, perekonomian akan pulih kembali dilihat dari adanya gerakan menaik.
Gerakan Satu Siklus
Yang dimaksud dengan gerakan satu siklus adalah gerakan dari satu titik kulminasi ke titik kulminasi yang lain (K-K) atau dari satu titik nadir ke titik nadir yang lain (N-N).
Bum (Boom)
Kadangkala karena berbagai factor , terjadi pertumbuhan ekonomi yang begitu baik, sehingga titik kulminasinya jauh di atas biasanya. Titik kulminasi yang jauh di atas biasanya, dikenal sebagai bum (boom).
Depresi (Depression)
Penurunan pertumbuhan ekonomi jauuh dibawah titik nadir yang biasanya. Kondisi ini dikenal sebagai kondisi depresi.

Faktor-Faktor Siklus Ekonomi

Sewaktu yang dibutuhkan dalam pergerakan satu siklus telah suram menjadi pengamatan para cakap ekonomi. Mereka menemukan dalam beberapa variasi siklus.

Siklus Jangka Pendek (Kitchin Cycle)

Durasi siklus jangka pendek sekeliling 40 bulan. Pola siklus ini ditemukan oleh Paul Kitchin (1923). Itulah sebabnya siklus ini dinamakan siklus Kitchin (Kitchin cycle).
Aspek – faktor yang diduga mempengaruhi siklus jangka pendek adalah pengaruh alamiah serta adat – istiadat ataupun kebiasaan.

Siklus Jangka Menengah (Juglar Cycle)

Durasi siklus jangka menengah adalah berkisar 7-11 tahun. Pola siklus ini pertama kali ditemukan oleh Clement Jugalar (1860)

Siklus Jangka Panjang (Kondratief Cycle)

Pola siklus jangka panjang pertama kali ditemukan oleh Nikolai D. Kondratief (1925).
Durasi siklusnya berkisar 48-60 tahun. Kadang-kadang mereka disebut dengan nama-nama peneliti mereka.
  • Siklus Investasi (7-11 tahun) yang dipelajari dengan Clement Juglar.
  • Siklus penanaman Infrastruktur (15-25 tahun) yang dipelajari oleh Simon Kuznets.
  • Seri Kondratieff (45-60 tahun) yang digambarkan oleh ekonom Rusia Nikolai Kondratiev.
  • Siklus Forrester (200 tahun) dijelaskan oleh insinyur Amerika Jay inslee Forrester.
Karena siklus Ekonomi tidak terhindari, yang meraih dilakukan adalah mengelolah siklus agar dampak negatifnya meraih ditekan seminimal mungkin, sementara pola siklus diusahakan gedrungen meningkat. Dalam arti, simpangan gerak naik – turun output diusahakan tidak terlampau lebar, sementara kecenderungan end result jangka panjang terus naik.
Kebijakan jangka pendek
  • Target utama jangka pendek merupakan mengatasi perbedaan output riil dengan output natural.
Kebijakan jangka panjang
  • Target yang ingin dicapai dalam janka panjang, selain memperkecil simpangan tingkat pertumbuhan ekonomi, jua pencapaian pertumbuhan yang banyak. Sebab, simpangan yang ingusan tidak banyak artinya bila perekonomian bertumbuh lamban.

Daftar Pustaka :

Dudung ,Maret 21,2016. Dosen Pendidikan : pengertian, faktor dan elemen siklus ekonomi indonesia menurut pengamat ekonomi dalam http://www.dosenpendidikan.com/pengertian-faktor-dan-elemen-siklus-ekonomi-indonesia-menurut-pengamat-ekonomi/
Azizah ayu. Makalah siklus ekonomi dalam https://www.google.com/amp/s/azizahayu.wordpress.com/2014/04/03/makalah-siklus-ekonomi/amp/?espv=1
Saputra, Febri . April 1,2017. Makalah siklus ekonomi dalam http://makalahkuindonesia.blogspot.com/2017/04/makalah-siklus-ekonomi.html?m=1
Putri, Intan . Siklus ekonomi dalam https://www.slideshare.net/mobile/IntanPutri34/siklus-ekonomi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.