.

Sabtu, 02 Juni 2018

Durasi Siklus dan faktor penyebabnya






Abstrak
Perekonomian yang ideal adalah perekonomian yang terus menerus bertumbuh tanpa mengalami penurunan baik tiap tahun maupun triwulan. Pertumbuhan tersebut harus disertai oleh stabilitas harga dan kesempatan kerja yang terbuka luas.Jika kita melihat di dunia nyata perkembangan perekonomian umumnya bagaikan gelombang yang mengalami pasang surut,semua itu bisa terlihat dari perkembangan tingkat output dan harga. Dimana output yang dihasilkan kurang meyakinkan tetapi harga yang dibuat tidak sesuai dengan kualitas output yang dihasilkan .
Kata kunci: Durasi, Siklus, Ekonomi
Pendahuluan
Perkembangan perekonomian yang terjadi di dunia nyata yang mengalami pasang surut tersebut relatif teratur dan terjadi berulang-ulang dengan rentang waktu yang bervariasi. Ada yang berdurasi pendek (bulanan atau tahunan), panjang (belasan tahun), dan sangat panjang (puluhan tahun). Dalam ilmu ekonomi, gerak naik turun tersebut dikenal dengan siklus ekonomi (business cycle). selain mempunyai rentang waktu yang bervariasi gelombang naik turun perkembangan ekonomi mempunyai  factor- faktor yang memengaruhi yang bervariasi seperti pengaruh alamiah, adat istiadat serta ada faktor eksternal. Salah satu contoh perkembangan ekonomi yaitu yang dialami oleh negara-negara kapitalis selama dari tahun 1929-1933, bagi mereka tahun itu merupakan kenangan paling pahit yang membuat depresi besar dengan penyebab pada masa itu, output ekonomi kurang drastis sementara tingkat pengangguran lebih besar mencapai 25% angkatan kerja.
Permasalahan
1.    Apa saja jenis durasi siklus?
2.    Apa saja faktor yang mempengaruhi?
Pembahasan
Berbicara durasi tentu saja ada hubungannya dengan waktu jika kita berbicara tentang siklus tentu saja ada hubungannya dengan pergerakan atau perkembangan, pada kesempatan ini saya akan membahas keduanya yang berkaitan dengan ekonomi. Ayo kita simak pembahasan berikut ini
Durasi siklus dalam ekonomi terbagi menjadi tiga durasi siklus, antara lain:
1.    Siklus jangka pendek (Kitchin Cycle)
Durasi siklus ini sekitar 40 bulan, pola siklus ini ditemukan oleh Joseph Kitchin pada tahun 1923. Itulah mengapa siklus ini dinamakan siklus Kitchin.
2.    Siklus jangka menengah (Juglar Cycle)
Durasi siklus ini sekitar antara 7-11 tahun, pola siklus ini ditemukan oleh Clement Juglar pada tahun 1860.
3.    Siklus jangka panjang (Kondratief Cycle)
Durasi siklus ini sekitar antara 48-60 tahun, Pola siklus ini ditemukan oleh Nikolai D Kondratief pada tahun 1925.
Setelah mengetahui jenis durasi siklus selanjutnya mari kita bahas faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi dari masing-masing jenis durasi tersebut.
1.    Durasi jangka pendek (Kitchin Cycle)
Faktor yang mempengaruhi durasi ini diduga ada 2 faktor yaitu faktor alamiah dan faktor adat istiadat.
a.    Faktor alamiah itu seperti siklus iklim, pengaruh sinar matahari, curah hujan, kekuatan angina, dan gelombang laut. Kekuatan alamiah itu mempengaruhi aktivitas ekonomi, contohnya di Indonesia kegiatan penanaman padi akan memuncak pada musim penghujan. Sedangkan kegiatan konstruksi entah untuk dijual atau dipakai sendiri aktivitasnya meningkat pada di musim kemarau.
b.    Faktor adat istiadat atau kebiasaan
Faktor adat istiadat atau kebiasaan pengaruhnya terhadap aktivitas ekonomi amat terlihat seperti di negara-negara Barat pengaruh perayaan Natal dan Tahun baru terhadap aktivitas perekonomian barang kali sama dengan  pengaruh bulan Ramadhan Hari Raya Lebaran Terhadap perekonomian di Indonesia. Demikian juga hari libur sekolah dan perguruan tinggi, disekitar bulan Juni-Agustus, biasanya meningkatkan permintaan jasa transportasi dan perhotelan, sebab sebagian pelajar atau mahasiswa menggunakan hari-hari libur tersebut untuk pulang kampung atau piknik.
2.    Siklus jangka menengah (Juglar Cycle)
Banyak para tokoh ekonomi berpendapat mengenai faktor-faktor yang memengaruhi siklus ini salah satunya:
Ø  Pendapat dari seorang ekonomi inggris, William Stanley Jevon, Beliau menjelaskan siklus ekonomi di bumi dipengaruhi oleh faktor eksternal yaitu siklus bintik matahari yang berdaur ulang 11 tahun sekali, aktivitas bintik matahari tersebut menurut jevon, akan memengaruhi siklus iklim/cuaca. Yang berakibtkan memengaruhi output perekonomian nasional.
3.    Siklus jangka panjang (Kondratief Cycle)
Dalam siklus ekonomi ini, faktor yang memengaruhi yaitu dengan ditemukannya penemuan teknologi baru, antara lain:
·         Schumpeter menunjukkan bahwa siklus jangka panjang yang terjadi di Amerika Serikat antara lain adalah periode 1787-1842 dan 1843-1897
·         Siklus 1787-1842 dipengaruhi oleh penemuan mesin uap dan aplikasinya di dunia industri yang melahirkan revolusi industri
·         Siklus 1843-1897 disebabkan ditemukannya teknologi transportasi massal yaitu kereta api.

Kesimpulan
Durasi siklus dalam ekonomi terbagi menjadi tiga durasi siklus, antara lain: Siklus jangka pendek (Kitchin Cycle). Durasi siklus ini sekitar 40 bulan, pola siklus ini ditemukan oleh Joseph Kitchin pada tahun 1923. Itulah mengapa siklus ini dinamakan siklus Kitchin. Dengan faktor Faktor Faktor alamiah itu seperti siklus iklim, pengaruh sinar matahari, curah hujan, kekuatan angina, dan gelombang laut. Kekuatan alamiah itu mempengaruhi aktivitas ekonomi, contohnya di Indonesia kegiatan penanaman padi akan memuncak pada musim penghujan. Sedangkan kegiatan konstruksi entah untuk dijual atau dipakai sendiri aktivitasnya meningkat pada di musim kemarau.Faktor adat istiadat atau kebiasaan. Faktor adat istiadat atau kebiasaan pengaruhnya terhadap aktivitas ekonomi amat terlihat seperti di negara-negara Barat pengaruh perayaan Natal dan Tahun baru terhadap aktivitas perekonomian barang kali sama dengan  pengaruh bulan Ramadhan Hari Raya Lebaran Terhadap perekonomian di Indonesia. Demikian juga hari libur sekolah dan perguruan tinggi, disekitar bulan Juni-Agustus, biasanya meningkatkan permintaan jasa transportasi dan perhotelan, sebab sebagian pelajar atau mahasiswa menggunakan hari-hari libur tersebut untuk pulang kampung atau piknik. Siklus jangka menengah (Juglar Cycle). Durasi siklus ini sekitar antara 7-11 tahun, pola siklus ini ditemukan oleh Clement Juglar pada tahun 1860. faktor-faktor yang memengaruhi siklus ini salah satunya: Pendapat dari seorang ekonomi inggris, William Stanley Jevon, Beliau menjelaskan siklus ekonomi di bumi dipengaruhi oleh faktor eksternal yaitu siklus bintik matahari yang berdaur ulang 11 tahun sekali, aktivitas bintik matahari tersebut menurut jevon, akan memengaruhi siklus iklim/cuaca. Yang berakibtkan memengaruhi output perekonomian nasional. Siklus jangka panjang (Kondratief Cycle). Durasi siklus ini sekitar antara 48-60 tahun, Pola siklus ini ditemukan oleh Nikolai D Kondratief pada tahun 1925. Dalam siklus ekonomi ini, faktor yang memengaruhi yaitu dengan ditemukannya penemuan teknologi baru, antara lain:Schumpeter menunjukkan bahwa siklus jangka panjang yang terjadi di Amerika Serikat antara lain adalah periode 1787-1842 dan 1843-1897, Siklus 1787-1842 dipengaruhi oleh penemuan mesin uap dan aplikasinya di dunia industri yang melahirkan revolusi industri, Siklus 1843-1897 disebabkan ditemukannya teknologi transportasi massal yaitu kereta api .
Daftar pustaka
1.    Yudharta,N.2015.Teori Siklus Anatomi Siklus.Muhammad Nizar dalam http://nizaryudharta.blogspot.com/2015/03/teori-siklus-ekonomi-anatomi-siklus.html
3.    Apriyanis. 2014. Siklus Ekonomi. Rarity’s dalam http://apriyanis.blogspot.com/2014/01/siklus-ekonomi.html
4.    Raidah dkk. 2014. Siklus Ekonomi. Jurnal Ekonomi. Dalam http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=148951. Diunduh 28 Februari 2014.
5.    Raidah dkk. 2014. Siklus Ekonomi. Jurnal Ekonomi. Dalam http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=148951. Diunduh 28 Februari 2014.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.