.

Minggu, 08 April 2018

Persoalan Ekonomi di Provinsi Riau


@C03-Tasya
Oleh Maytasya Fadhila

Provinsi Riau adalah salah satu pertumbuhan pendapatan per kapita yang paling cepat di sumatera lslands. Basis ekonomi struktur ekonomi di Riau Provinsi adalah sektor Kehutanan. Sektor ini meningkatkan pemerintah penghasilan melalui Local rax lncome.
Fenomena ini ", bertolak belakang dengan ketidaksetaraan, pengangguran, dan tingkat kemiskinan di mana secara teoritis ini indikator memiliki tanda negatif berkorelasi dengan pertumbuhan dengan pendapatan per kapita, alasan dari fakta ini karena pendapatan GDp dari basis sekte adalah terpusat pada pemilik modal.
Kata Kunci: Masalah Ekonomi, Provinsi Riau

PENDAHULUAN
Perekonomian merupakan suatu aktivitas yang akan berusaha untuk meningkatkan kesejahteraan pa-ra pelakunya. Kemakmuran yang meningkat bisa dilihat dari bebeiapa indikator ekonomi makro - dan sosialnya, sehingga dapat terukur bagaimana perekonomian tersebut meningkat atau tidak. Provinsi Riau merupakan provinsi di pulau sumatra yang kaya dengan kekayaan alamnya. Hutan merupakan suatu ouipui yang menggerakkan perekonomian baik secara regional maupun nasiona[ disamping beberapa produk tambang lainnya. Tinjauan ekonomi ini akan mencoba untuk melihat bagaimana kondisi perekonomian Provinsi Riau dari beberapa indikatoi seperti pertumbuhan ekonomi, stabilitas ekonomi, pemerataan ekonomi dan Struktur Keuangan Daerah.

RUMUSAN MASALAH
1.      Apa saja permasalahan ekonomi yang terjadi di Kepulauan Riau ?
2.      Bagaimana cara penyelesaian permasalahan ekonomi yang terjadi di Kepulauan Riau ?

        Perekonomian Provinsi Riau bisa dilihat dari kontribusi tiap sektor ekonomi terhadap PDRB. Kontribusi ini bisa mencerminkan bagaimana struktur ekonomi di wilayah Provinsi Riau. Sektor pertanian merupakan sektor yang dominan dalam menyumbang PDRB di Provinsi Riau. Sub sektor kehutanan merupakan kontributor terbesar kepada sektor pertanian disusul oleh sektor perkebunan. Oleh karena itu, bisa disimpulkan bahwa struktur ekonomi dari Provinsi Riau merupakan Pertanian dengan kekuatan pada sub sektor kehutanan dan perkebunan. sektor terendah yang memberikan kontribusi terhadap PDRB adalah sektor Listrik, Gas dan Air Bersih.

Menurut Chairil N Siregar, permasalahan ekonomi yang terjadi di Kepulauan Riau terjadi karena beberapa factor diantaranya :
1.      Nelayan tradisional di Kepulauan Riau menjalankan hidup dengan pola sederhana. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dipenuhi dengan cara  mencari ikan ditengah laut dan berkebun. dengan menggunakan perahu yang peralatannya serba terbatas hasil tangkapan ikan hanya cukup untuk makan sehari. Begitu juga berkebun yang hasil kebunnya hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
2.      Letak antar kabupaten dan pulau-pulau kecil di Kepulauan Riau berjauhan . Hal ini menyebabkan barang-barang yang dibutuhkan masyarakat menjadi mahal karena biaya transportasi yang tinggi.
3.      Transportasi di Kepulauan Riau terbilang masih sederhana diantaranya transportasi laut yaitu kapal laut dan perahu mesin temple
4.      Pemberdayaan masyarakat sudah sering dilakukan tetapi tidak berkelanjutan.
5.      Untuk mendapatkan air bersih sulit sehingga kebutuhan air bersih untuk keperluan masak, minum, mandi dan untuk kepentingan lainnya tidak dapat dipenuhi sebagaimana mestinya. 
6.      Ketersediaan sarana listrik dan kemampuan beroperasinya  juga masih sangat terbatas.


Beberapa cara menyelesaikan permasalahan ekonomi yang terjadi di Kepulauan Riau:

·         Upah  tenaga Kerja
·         Kebijakan mendesentralisir lokasi pusat-pusat industri dan pertumbuhan ekonomi ke daerah lain
·         Penetapan dan pemilahan zona kegiatan ekonomi berdasarkan keunggulan dan potensi daerah
·         Pembangunan sarana kehidupan seperti sekolah, pelayanan kesehatan, dan lainnya
·         Dari segi aparatur pemerintahan, perlu menyiapkan segera SIAK Online (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan)


Daftar Pustaka:

-          Siregar, N Chairil. 2010. Peran Sosial, Ekonomi, Dan Budaya Masyarakat Dalam Meningkatkan Keamanan Di Kabupaten Natuna Provinsi Kepulauan Riau. Jurnal Sosioteknologi  Vol 9, No 21 (2010). 
-          Debo. 26 April. Dalam https://debydeboo.wordpress.com/2011/04/26/masalah-ekonomi/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.