.

Jumat, 30 Maret 2018

Memahami Pasar Oligopoli


Memahami Pasar Oligopoli
Oleh                : Lucia Debby Gracella Sihombing
Kode Peserta   : @C13-Lucia, @Proyek-05
Abstrak

Penulisan tulisan ini bertujuan untuk membantu pembaca dan juga penulis dalam memahami makna pasar oligopoli. Adapun latar belakang tulisan ini adalah seringnya terjadi persaingan khususnya dalam dunia pasar, namun pada oligopoli persaingan yang dibahas adalah persaingan tidak sempurna, walaupun tidak sempurna dapat menimbulkan risiko tertentu dalam pasar. Agen-agen pasar akan tetap menjaga loyalitas pembeli agar tidak berpindah produk dengan memanfaatkan para pembuat iklan agar menarik lebih perhatian para pembeli. Hal seperti inilah yang hendaknya kita ingin pahami dalam pembahasan  di dalam tulisan ini.
Kata kunci: oligopoli, pasar, pembeli, iklan.
Pendahuluan

Dewasa ini, banyak sekali permasalahan ekonomi yang dapat kita lihat bahkan alami dikehidupan sehari-hari. Beberapa aspek yang juga mesti kita pahami dalam kehidupan ekonomi disekitar kita adalah tentang proses bagaimana suatu kegiatan ekonomi itu dapat terjadi dengan keadaan tertentu, yang diuntungkankan dan sebaliknya.
Sepengetahuan penulis, buku-buku, teks, dan artikel-artikel ilmiah yang dibuat dalam jurnal yang ditulis para ahli tentang bidang ekonomi adalah sebagai berikut:
(1) Buku yang berjudul “Buku ekonomi mikro oleh Ida Nuirani SE.”.
(2) Buku yang berjudul “Teori Ekonomi Mikro oleh Bayu Pramutoko, SE., MM. ”
(3) Jurnal ekonomi mengenai “Teori Pasar oligopoli ”.

Hasil penelitian dan pembahasan tentang pemahaman pasar oligopoli. Ditinjau dari sudut pandang teoritis, sekurang-kurangnya hasil penelitian ini dapat mengembangkan dan menyempurnakan teo1ri pengantar ekonomi , teori perkembangan ekonomi, teori pengaruh ekonomi masa kini. Jika ditinjau dari sudut pandang praktikal, hasil penelitian tentang pemahaman ekonomi dimasa kini  menghasilkan konsep, strategi, prinsip, skema dan alur proses yang dimanfaatkan dan diaplikasikan secara praktis oleh user penelitian untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Dalam konteks penelitian ini pengguna penelitian yang dapat memanfaatkan penelitian ini.
  Identifikasi masalah
Berdasarkan masalah yang telah dituliskan pada pendahuluan, kita dapat mengidentifikasi beberapa masalah yang harapannya dapat diselesaikan yaitu sebagai berikut:
1.      Memahami arti Pasar
2.      Memahami tentang pasar oligopoli

Pembahasan
1.      Memahami Arti Pasar

Menurut Mankiw (2007) pasar adalah sekumpulan pembeli dan penjual dari sebuah barang atau jasa tertentu. Para pembeli sebagai sebuah kelompok yang menentukan permintaan terhadap produk dan para penjual sebagai kelompok yang menentukan penawaran terhadap produk. Pasar merupakan tempat bertemunya pembeli serta penjual untuk melakukan transaksi jual beli barang atau jasa. Berdasarkan ilmu ekonomi, pasar berhubungan dengan kegiatannya bukanlah tempatnya. Ciri khas suatu pasar yaitu ada aktivitas transaksi atau jual beli. 
Pasar dibagi lagi menjadi beberapa bagian berdasarkan fisik, waktu, luas kegiatan bahkan bentuk yang salah satunya adalah pasar oligopoli (persaingan tidak sempurna).



2.      Memahami  Tentang Pasar Oligopoli

Pasar oligopoli adalah pasar dimana terdapat beberapa penjual dalam pasar suatu produk tertentu. Produk yang dihasilkan oleh produsen bersifat homogen, serta tidak dibedakan dengan perusahaan yang lain. Di pasar ini perusahaan atau produsen dapat bersaing secara langsung, tapi dapat pula melakukan merger (penggabungan).

Beberapa ciri-ciri pasar oligopoli:
·         Beberapa produsen yang menguasai pasar.
·         Setiap produsen atau perusahaan cenderung untuk memberlakukan harga pasar yang umum.
·         Produk yang diperjualbelikan belikan dapat bernilai homo atau beberbeda.
Kebaikan dari pasar oligopoli, perusahaan akan mengembangkan penelitian dan melakukan inovasi terhadap produknya. Inovasi tersebut sangat diperlukan sebab persaingan yang terjadi bukan dalam bentuk persaingan harga, tapi dari hal kualitas produknya.
Kelemahan pasar oligopoli, harga dalam pasar ini cenderung cukup tinggi, sehingga pihak perusahaan akan memperoleh keuntungan yang cukup besar. Kondisi seperti ini bisa berakibat kepada tidak meratanya distribusi pendapatan. Dan selain itu, biaya dari promosi yang dibutuhkan cukup besar yang dapat berakibat pada membesarnya biaya produksi.
Kesimpulan
Pasar adalah salah satu tempat terjadi nya kegiatan ekonomi yang lumayan besar. Dengan beberapa jenis pasar akan melakukan proses ekonomi dengan sifatnya masing-masing. Khususnya pasar oligopoli akan melakukan persaingan walaupun tidak sempurna namun berusaha mendapat banyak keuntungan dengan beberapa penjual dan memanfaatkan iklan untuk menjaga loyalitas pembeli terhadap suatu produk, karna seorang akan selalu merasa “NEVER BE ENOUGH”.

Daftar Pustaka
Aggraini dkk. 2013. Pola Hubungan Pertumbuhan Ekonomi Dan Pembangunan Manusia Di Provinsi Jawa Timur Tahun 2007-2011. Jurnal ekonomi. Dalam http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=123857. Diunduh 15 November 2013.
Sri Budi. 2012. Mengelola Sumber Daya Manusia Dalam Menyongsong Millenium Development Goals (Mdgs). Jurnal ekonomi. Dalam http://id.portalgaruda.org/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=12768. Diunduh 19 November 2012.
Panuntun dkk. 2013. Strategi Bertahan Dipasar Oligopoli. Jurnal ekonomi. Dalam http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=190024. Diunduh 16 September 2013.
Anonim. Kbbi. Pengertian pasar. dalam https://kbbi.web.id/pasar. Di searching 29 maret 2018.
Hestanto. 2018. Pasar oligopoli. Website hestanto. Dalam http://www.hestanto.web.id/pasar/. Di unduh 4 Januari 2018.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.