.

Minggu, 04 Maret 2018

Ekonomi


ABSTRAK
Ilmu ekonomi sebagai bagian dari ilmu sosial, tentu berkaitan dengan bidang-bidang disiplin akademis lainnya, seperti ilmu politik, psikologi, antropologi, sosiologi, sejarah, geografi

KATA KUNCI

Ilmu ekonomi, Mikro dan Makro, Manfaat.

A.    Pendahuluan
Ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari perilaku keuangan suatu pasar (termasuk suku bunga, nilai tukar mata uang, dan harga saham), mempelajari bagaimana terjadinya ketidakseimbangan ekonomi (kekayaan dan kemiskinan) pada individu atau suatu negara dan bagaiamana mengatasi hal tersebut. Ilmu ekonomi juga mempelajari tentang siklus bisnis, perdagangan internasional, dan mempelajari mengenai kebijakan pemerintah dalam menangani pertumbuhan ekonomi, efisiensi penggunaan sumber daya alam, ketenagakerjaan, stabilitas harga dan pendapatan individu, perusahaan, atau negara (Samuelson dan Nordhaus, 2010).

B. Permasalahan
a.       Apa itu ekonomi ?
b.       Apa saja bidang dasar pada ilmu ekonomi ?
c.       Bagaimana metodologi pada ilmu ekonomi ?

C. Pembahasan
A. Ilmu Ekonomi Beserta Manfaat
Ilmu ekonomi adalah tentang pertimbangan nilai yang ada di suatu perekonomian. Sehingga tokoh ini menjelaskan perbedaan antara ilmu ekonomi positif dan ilmu ekonomi normatif. Sastradipoera menjelaskan bahwa ilmu ekonomi positif merupakan ilmu ekonomi yang hanya melibatkan diri dalam masalah sederhana membahas tentang deskripsi mengenai fakta, situasi dan hubungan antara beberapa aspek dalam perekonomian, sehingga ilmu ini bisa dibilang netral terlepas dari berapa nilai yang harus dibutuhkan dan lainnya. 



Berbeda dengan ilmu ekonomi normatif yang menerjunkan diri pada masalah yang kompleks dan sulit membahas tentang pertimbangan-pertimbangan nilai dan etika yang harus dilakukan dalam perekonomian, sehingga harus benar-benar berfikir dan mampu memprediksi apa yang akan terjadi. Namun pada dasarnya ilmu ekonomi hadir adalah untuk membantu memcahkan sebuah masalah seputar ekonomi yang manusia temui. Tidak ada yang merugikan kita bisa pakai ilmu ekonomi apapun, namun anda harus berfikir dan cermat dalam menggunakannya. 

Menurut Jack Hirshleifer:
Ilmu ekonomi merupakan studi tentang keputusan dalam memilih di antara berbagai tindakan yang mungkin di ambil, atau ilmu ekonomi juga mempelajari apa yang terjadi bila keputusan bermacam-macam orang saling mempengaruhi satu dengan yang lainnya.

Menurut Case and Fair:

Ilmu ekonomi adalah studi tentang bagaimana individu dan masyarakat mengambil pilihan untuk menggunakan sumber daya yang langka yang telah disediakan oleh alam dengan generasi sebelumnya.

Menurut Adam Smith:

Ilmu ekonomi merupakan ilmu secara sistematis memprlajari tingkah laku manusia dalam usahanya untuk mengalokasikan sumber-sumber daya yang terbatas guna mencapai tujuan tertentu 

Manfaat mempelajari ilmu Ekonomi : 

1. Setiap manusia pasti berusaha mengatur kebutuhan ekonominya, maka dari itu ilmu ekonomi sangat berperan penting di sektor kebutuhan manusia.
2. Ilmu ekonomi sangat berperan penting bagi suatu daerah, baik daerah kecil maupun besar seperti negara, karena ilmu ini dapat meningkatkan taraf hidup Sumber Daya Manusia.
3. Ilmu ekonomi sangat berperan penting dalam mengatur prinsip kebutuhan pokok sosial / masyarakat.
4. Mempelajari ilmu ekonomi dapat melatih seseorang agar berjiwa Sosial dan bersifat teliti (cermat) serta ekonomis.


B. Macam macam Ilmu Ekonomi
llmu ekonomi dibedakan menjadi 3, yaitu:

1. Ekonomi Deskriptif
Ekonomi deskriptif adalah bagian ilmu ekonomi yang menggambarkan keterangan-keterangan faktual tentang suatu keadaan ekonomi dalam bentuk angka-angka, grafik, kurva, atau penyajian lainnya. llmu ekonomi dipergunakan oleh BPS (Badan Pusat Statistik) untuk menyajikan keadaan ekonomi, baik makro maupun mikro.

2. Teori Ekonomi
Teori ekonomi adalah bagian ilmu ekonomi yang menjelaskan mekanisme kegiatan ekonomi. Teori ekonomi ini dibagi menjadi dua, yaitu teori ekonomi mikro dan teori ekonomi makro.
        
 a. Mikro (kecil) : Secara khusus mempelajari bagian-bagian seperti perilaku konsumen dan perusahaan dan penentuan harga pasar untuk satu jenis barang tertentu serta kuantitas faktor input barang dan jasa yang diperjualbelikan.
Tujuan ekonomi mikro adalah efesiensi dalam pengalokasian sumber-sumber daya.
       
  b. Makro (besar) : Cabang dari ilmu ekonomi yang berkaitan dengan studi tentang kegiatan perekonomian nasional secara agregat (keseluruhan).
Tujuan ekonomi makro mencakup : kesempatan kerja penuh penuh (full employment), pencegahan inflasi, pertumbuhan ekonomi, keseimbangan neraca pembayaran.
  
3. Ekonomi Terapan
Ekonomi terapan adalah bagian ilmu ekonomi yang menggunakan kesimpulan-kesimpulan yang diperoleh dari teori ekonomi untuk menjelaskan masalah-masalah yang dikumpulkan dalam ekonomi deskriptif.

Daftar Pustaka :

-Zulsyid, 2014: https://www.bersosial.com/threads/pengertian-ilmu-ekonomi-menurut-para-ahli.12150/

-Zulsyid, 2014: https://www.bersosial.com/threads/manfaat-mempelajari-ilmu-ekonomi.12149/




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.