.

Minggu, 04 Maret 2018

ILMU EKONOMI

ILMU EKONOMI

@C12-Ridho
Disusun Oleh Ridho Fatahillah Fadli


Ilmu ekonomi adalah tentang pertimbangan nilai yang ada di suatu perekonomian. Sehingga tokoh ini menjelaskan perbedaan antara ilmu ekonomi positif dan ilmu ekonomi normatif. Sastradipoera menjelaskan bahwa ilmu ekonomi positif merupakan ilmu ekonomi yang hanya melibatkan diri dalam masalah sederhana membahas tentang deskripsi mengenai fakta, situasi dan hubungan antara beberapa aspek dalam perekonomian, sehingga ilmu ini bisa dibilang netral terlepas dari berapa nilai yang harus dibutuhkan dan lainnya. 

Berbeda dengan ilmu ekonomi normatif yang menerjunkan diri pada masalah yang kompleks dan sulit membahas tentang pertimbangan-pertimbangan nilai dan etika yang harus dilakukan dalam perekonomian, sehingga harus benar-benar berfikir dan mampu memprediksi apa yang akan terjadi. Namun pada dasarnya ilmu ekonomi hadir adalah untuk membantu memcahkan sebuah masalah seputar ekonomi yang manusia temui. Tidak ada yang merugikan kita bisa pakai ilmu ekonomi apapun, namun anda harus berfikir dan cermat dalam menggunakannya. 

Menurut Prof. Paul Anthony Samuelson:
Ilmu ekonomi adalah studi tentang manusia dalam kegiatan hidup mereka sehari-hari untuk mendapat dan menikmati kehidupan.

Menurut Suherman Rosydi:
Ilmu akonomi adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang berdaya upaya untuk memberikan pengetahuan dan pengertian tentang gejala-gejala masyarakat yang timbul karena perbuatan manusia dalam usahanya untuk memenuhi kebutuhan atau untuk mencapai kemakmuran.

Menurut Ensiklopedi Indonesia:
Ilmu ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari usaha-usaha manusia untuk mencapai kemakmuran serta gejala-gejala dan hubungan yang timbul dari usaha tersebut

Menurut Jack Hirshleifer:
Ilmu ekonomi merupakan studi tentang keputusan dalam memilih di antara berbagai tindakan yang mungkin di ambil, atau ilmu ekonomi juga mempelajari apa yang terjadi bila keputusan bermacam-macam orang saling mempengaruhi satu dengan yang lainnya.

Menurut Case and Fair:
Ilmu ekonomi adalah studi tentang bagaimana individu dan masyarakat mengambil pilihan untuk menggunakan sumber daya yang langka yang telah disediakan oleh alam dengan generasi sebelumnya.

Menurut Adam Smith:
Ilmu ekonomi merupakan ilmu secara sistematis memprlajari tingkah laku manusia dalam usahanya untuk mengalokasikan sumber-sumber daya yang terbatas guna mencapai tujuan tertentu 

Manfaat mempelajari ilmu Ekonomi : 

1. Setiap manusia pasti berusaha mengatur kebutuhan ekonominya, maka dari itu ilmu ekonomi sangat berperan penting di sektor kebutuhan manusia. 
2. Ilmu ekonomi sangat berperan penting bagi suatu daerah, baik daerah kecil maupun besar seperti negara, karena ilmu ini dapat meningkatkan taraf hidup Sumber Daya Manusia. 
3. Ilmu ekonomi sangat berperan penting dalam mengatur prinsip kebutuhan pokok sosial / masyarakat. 
4. Mempelajari ilmu ekonomi dapat melatih seseorang agar berjiwa Sosial dan bersifat teliti (cermat) serta ekonomis. 
5. Mempelajari ilmu ekonomi dapat melatih seseorang agar mampu mengatur atau mengelola nilai nominal dengan baik dan bijak. 
6. Mempelajari ilmu ekonomi sangat penting ,dan hal pokok bagi setiap masyarakat khususnya dalam ruang lingkup keluarga, tujuannya agar dapat dengan cermat mengatur skala prioritas kebutuhan dari keperluan yang terpenting/ mendesak terlebih dahulu. 
7. Mempelajari ilmu ekonomi melatih seseorang agar dapat mandiri dalam berwirausaha dan mengelola kebutuhanya. 

Ekonomi Mikro 

Kata mikro berasal dari bahasa Latin “micros” yang berarti kecil. Jadi ekonomi mikro merupakan penjelasan dari variable ekonomi yang lebih kecil seperti konsumsi, investasi dan tabungan. Ekonomi mikro sering di sebut sebagai teori harga (Price Theory). Dalam teori ini terutama di bahas tentang aliran barang dan jasa dari sector perusahaan ke sector rumah tangga, aliran factor produksi dari rumah tangga ke perusahaan, komposisi dari aliran-aliran tersebut dan bagaimana terciptanya harga. 

Ekonomi makro 

Ekonomi makro merupakan bagian dari ilmu ekonomi yang mempelajari mekanisme bekerjanya perekonomian secara keseluruhan. Dengan demikian hubungan kausal yang dipelajari dalam ekonomi makro, pada intinya adalah hubungan antar variabel-variabel ekonomi agregatif (secara keseluruhan), seperti tingkat pendapatan nasional, tingkat kesempatan kerja, pengeluaran konsumsi rumah tangga, saving (tabungan), investasi nasional, tingkat bunga, jumlah uang yang beredar, neraca pembayaran, stok kapital nasional, utang pemerintah dan sebagainya. 

PERBEDAAN EKONOMI MAKRO & MIKRO:

Ekonomi Makro mempelajari variabel-variabel ekonomi secara agregat (keseluruhan). Variabel-variabel tersebut antara lain: pendapatan nasional, kesempatan kerja dan atau pengangguran, jumlah uang beredar, laju inflasi, pertumbuhan ekonomi, maupun neraca pembayaran internasional. Sedangkan Ekonomi Mikro mempelajari variabel-variabel ekonomi dalam lingkup kecil misalnya perusahaan, rumah tangga. Dalam ekonomi mikro ini dipelajari tentang bagaimana individu menggunakan sumber daya yang dimilikinya sehingga tercapai tingkat kepuasan yang optimum. Secara teori, tiap individu yang melakukan kombinasi konsumsi atau produksi yang optimum bersama dengan individu-individu lain akan menciptakan keseimbangan dalam skala makro dengan asumsi ceteris paribus. 

1. Ahmad Dian, 2016: https://dosenekonomi.com/ilmu-ekonomi/pengertian-ilmu-ekonomi
2. Zulsyid, 2014: https://www.bersosial.com/threads/pengertian-ilmu-ekonomi-menurut-para-ahli.12150/
3. zulsyid, 2014: https://www.bersosial.com/threads/manfaat-mempelajari-ilmu-ekonomi.12149/
4. Nayaakyasa, 2014: https://nayaakyasazilvi.wordpress.com/2014/07/11/pengertian-ekonomi-mikro-dan-makro/
5. Bambang Hariyanto, 2013: http://www.bambanghariyanto.com/2013/10/perbedaan-dari-ekonomi-mikro-dan.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.