.

Senin, 08 Mei 2017

TEORI EKONOMI JOHN MAYNARD KEYNES

TEORI EKONOMI KEYNES


EKONOMI KEYNESIAN  adalah nama suatu teori ekonomi yang diambil dari John Maynard Keynes, seorang ekonom Inggris yang hidup antara tahun 1883 sampai 1946. Beliau dikenal sebagai orang pertama yang mampu menjelaskan secara sederhana penyebab dari Great Depression. Teori ekonominya berdasarkan atas hipotesis siklus arus uang, yang mengacu pada ide bahwa peningkatan belanja (konsumsi) dalam suatu perekonomian, akan meningkatkan pendapatan yang kemudian akan mendorong lebih meningkatnya lagi belanja dan pendapatan. Teori Keynes ini menelurkan banyak intervensi kebijakan ekonomi pada era terjadinya Great Depression. Aliran Keynesian yang dipelopori oleh John Maynard Keynes muncul untuk mengatasi krisis yang melanda Eropa pada 1930-an pasca perang Dunia I. Pada saat itu teori klasik dan neoklasik sudah tidak mampu lagi menjelaskan fenomena yang terjadi dan mengatasi krisis yang dihadapi. Bukunya “The General Theory of Employment, Interest and Money” merekomendasikan agar perekonomian tidak begitu saja diserahkan kepada mekanisme pasar, namun diperlukan peran pemerintah dalam sistem perekonomian, yang justru dalam teori klasik dan neoklasik peran pemerintah diharamkan.
1. Dasar Filsafat Teori Keynes
Inti dari ideologi Keynesianisme adalah untuk mengatasi masalah krisis ekonomi, pemerintah harus melakukan lebih banyak campur tangan secara aktif dalam mengendalikan perekonomian nasional. Kegiatan produksi dan pemilikan faktor-faktor produksi masih dapat dipercayakan kepada swasta, tetapi pemerintah wajib melakukan kebijakan-kebijakan untuk mempengaruhi perekonomian. Misalnya, dalam masa depresi pemerintah harus bersdia melakukan kegiatan-kegiatan yang langsung dapat menyerap tenaga kerja yang tidak dapat bekerja pada swasta, walaupun hal ini dapat menyebabkan defisit dalam anggaran belanja negara. Dalam hal ini Keynes tidak percaya pada sistem liberalisme yang mengkoreksi diri sendiri, untuk kembali pada posisi full employment secara otomatis. Full employment hanya dapat dicapai dengan tindakan-tindakan terencana, bukan datang dengan sendirinya. 

2.Pasar Tenaga Kerja
Berbeda dengan teori klasik yang menganggap permintaan dan penawaran terhadap tenaga kerja selalu seimbang (equilibrium) karena harga-harga fleksibel, maka menurut Keynes pasar tenaga kerja jauh dari seimbang, karena upah tidak pernah fleksibel, sehingga permitaan dan penawaran hampir tidak pernah seimbang sehingga pengangguran sering terjadi. Menurut Keynesian pengangguran bisa terjadi terus menerus dan jenis pengangguran tersebut ada tiga macam:
a)Pengangguran karena adanya pergeseran tingkat oputput dari berbagai sektor dan ini bersifat sementara (frictional unemployment).
b) Pengangguran musiman, yang jumlahnya tergantung dengan musim (seasonal unemployment).
c) Pengangguran yang “dibuat” (institutional unemployment).
Pengangguran pergeseran (frictional) adalah pengangguran yang disebabkan karena adanya perubahan struktur dalam ekonomi dan orang-orang berpindah dari satu pekejaan ke pekerjaan lain. Masa transisi perpindahan pekerjaan ini menyebabkan timbulnya pengangguran sementara. Misalnya ada suatu industri yang tutup karena tidak efisien lagi untuk diteruskan sehingga orang-orang harus mencari pekerjaan baru. Proses mencari pekerjaan baru memerlukan waktu dan bahkan adakalanya pekerja tersebut harus dilatih kembali untuk memsuki lapangan pekerjaan baru. Contoh lain adalah adanya perpindahan dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain dan sementara perkerjaan baru belum dapat maka status pencari kerja tersebut adalah pengangguran.
Pengangguran musiman disebabkan karena adanya faktor musim dari suatu jenis pekerjaan. Misalnya di sektor pertanian ada musim puncak dimana banyak perkerjaan dan ada pula musim senggang atau tidak ada pekerjaan sama sekali sehingga petani menjadi menganggur dan mencari pekerjaan lain.
Pengangguran institusinal adalah pengangguran yang timbul akibat adanya kebijakasanaan pemerintah seperti upah minimum yang menyebabkan permintaan terhadap tanaga kerja berkurang.
3.        Pasar Barang
Perbedaan pasar barang menurut Keynesian dengan klasik terletak pada Hukum Say bahwa permintaan sama dengan penawaran sehingga tidak akan terjadi kelebihan atau kekurangan permintan atau penawaran.
4.        Pasar Uang
Perbedaan teori Klasik dan Keynesian dalam hal uang adalah, dan ini yang merupakan perbedaan besar, Keynesian tidak setuju dengan pendapat bahwa permintaan uang hanya ditentukan oleh kebutuhan transaksi dimana transaksi ini dipengaruhi oleh volume barang, harga barang dan kecepatan perputaran uang. Menurut Keynesian permintaan uang ditentukan oleh tiga faktor yaitu:
a)        kebutuhan transaksi (transaction motive)
b)        kebutuhan untuk berjaga-jaga (precautionary motive) dan
c)        kebutuhan untuk berspekulasi (speculation motive) atau investasi.
Untuk kebutuhan transaksi sama dengan pendapat klasik dimana tergantung dengan volume barang, harga dan konstanta. Tetapi untuk dua faktor lagi Keynesian berpendapat bahwa permintaan akan uang juga ditentukan oleh faktor berjaga-jaga dan spekulasi.
Ciri Umum Sifat Keynesian
Bersifat makro ekonomi
Teori ekonomi yang bersifat makro terlihat jelas pada variable yang dipergunakan yang bersifat keselurukan seoerti konsumsi total, investasi dan tabungan total, dll.
Harga permintaan total adalah sejumlah penerimaan uang yang digarapkan dari penjualan hasil produksi yang dapat dihasilkan oleh sejumlah tenaga kerja dari suatu masyarakat. SEdangkan penawaran total adalah jumlah seluruh penawaran atas seluruh hasil produksi yang dihasilkan oleh seluruh hasil produksi.
Ekonomi Moneter
Besarnya variable oleh Keynes harus dinyatakan dengan uang. Uang dan jumlah uang menrupakan alat penting bagi bank sentral untuk melakukan aktifitasnya menuju puncak kegiatan ekonomi full employment serta memalului aktifitas tersebutlah permintaan efektif dapat diperbesar.
Ekonomi Arus Lingkaran / Circular flow
Dalam sistem ini pemerintah berfungsi untuk mengusahakan pengeluaran pendapatan masyarakat sama dengan besarnya pendapatan masayarakat tersebut. Serta mengusahakan agar pengeluaran atas pendapatan tersebut menjadi cukup besar sehingga dapat mencapai full employment.
Karya-karya keynes
            Keynes, tahun1913 menulis: indian currency and finance, yang memperlihatkan ketertarikan pada masalah moneter. Tulisan berikutnya tahun 1919 ia menulis tentang : A revision of the treaty. Kedua buku tersebut berdasarkan pengalaman dalam delegasi perdamaian Versailles (perdamaian untuk mengakhiri perang dunia I).
            Dalam buku the economic consequences of the peace keynes mengkritik cara yang digunakan pihak pemenang PD I (Amerika, Inggris, dan Prancis) untuk menekan negara yang kalah (Jerman) dengan mensyaratkan pembayaran hutang yang berat. Keynes meramalkan bahwa tindakan tersebut akan menimbulkan kemarahan dan dendam dari negara jerman. Ramalan itu terbukti dengan diprakarsainya PD II oleh Jerman sebagai bentuk wujud balas dendam.
            Tahun berikutnya ia menulis: A track on monetary reform, yang berisi keperihatinanya tentang perubahan daya beli uang. Tulisanya yang lain adalah A treatis of money (risalah uang) yang terbit tahun 1930. Buku ini terbit dalam dua volume, peran yang pertama menyajikan tentang arti dan peran uang dalam perekonomian murni sedangkan volume kedua membahas penerapanya dalam perekonomian.

KESIMPULAN

mengecam kebijakan pemerintah yang terlalu mendorong tabungan dan tidak mendorong konsumsi. 

Ekonomi makro. 2013. teori ekonomi Keynes . https://wijayanomics.wordpress.com/2013/03/29/teori-ekonomi-keynes/. (Diakses Pada 8-5-2017)
Sepuluh Mia1smanda. 2014. Teori Keynesian. http://sepuluhmia1smanda.blogspot.co.id/2014/12/teori-ekonomi-keynesian.html (Di Pada akses 8-5-2017)

Ilmiama Zukirah. 2013. Rumus-rumus teori ekonomi Keynes. http://zukirahilmiana.blogspot.co.id/2013/04/teori-ekonomi-john-maynard-keynes.html . (Diakses Pada 8-5-2017)

Basyiran bahran. 2012. Pemikiran & Konsep Teori Keynes. http://tbahran.blogspot.co.id/2012/08/pemikiran-konsep-ekonomi-keynes.html. (Diakses Pada 8-5-2017)

Irwan Andi. 2016. Pemikiran-pemikiran Keynes. http://teoriadamsmith.blogspot.co.id/2016/09/makalah-pemikiran-pemikiran-keynes.html. (Diakses Pada 8-5-2017)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.