.

Senin, 22 Mei 2017

Mengenal Lebih Jauh Tentang Investasi


@A07-Ridwan

1.       DEFINISI INVESTASI.
Investasi berasal dari kata investire yang berarti memakai atau menggunakan. Berdasarkan arti katanya pengertian investasi adalah memberikan sesuatu kepada orang lain untuk dikembangkan dan hasil dari sesuatu yang dikembangkan tersebut akan dibagi sesuai dengan yang dijanjikan.
2.      FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INVESTASI
A.    Pengaruh Nilai Tukar
Nilai tukar mata uang domestik akan sangat mempengaruhi investasi. Dari segi permintaan, penurunan tingkat nilai tukar mata uang domestik akan mengurangi investasi. Namun, nilai tukar mata uang domestik akan mendorong perluasan investasi pada barang barang perdagangan jika dari sisi penawaran.
B.     Pengaruh Infrastruktur.
Pembangunan infrastruktur akan menyerap banyak tenaga kerja yang selanjutnya akan berpengaruh pada meningkatnya gairah ekonomi masyarakat. Dengan infrastruktur yang memadai, efisiensi yang dicapai oleh dunia usaha akan makin besar dan investasi yang didapat semakin meningkat.
C.     Pengaruh Inflasi.
Tingkat inflasi yang tinggi sering dinyatakan sebagai ukuran ketidakstabilan roda ekonomi makro dan suatu ketidakmampuan pemerintah dalam mengendalikan kebijakan ekonomi makro.
D.    Pengaruh Tingkat Suku Bunga.
Suku bunga yang turun akan menarik para investor untuk berinvestasi. Ketika tingkat suku bunga turun biasanya para investor meminjam modal dari bank untuk diinvestasikan.
3.      MACAM-MACAM INVESTASI.
A.    EMAS.
Harga emas akan mengikuti kenaikan nilai mata uang dari negara-negara G-7. Semakin tinggi kenaikan nilai mata uang asing tersebut, semakin tinggi pula harga emas. Selain itu harga emas biasanya juga berbanding searah dengan inflasi. Semakin tinggi inflasi, biasanya akan semakin tinggi pula kenaikan harga emas. Seringkali kenaikan harga emas melampaui kenaikan inflasi itu sendiri.
B.     SAHAM.
Saham ialah kepemilikan atas sebuah perusahaan tersebut. Dengan membeli saham di suatu tempat, berarti orang yang memiliki saham sama halnya dengan membeli sebagian perusahaan tersebut. Apabila perusahaan tersebut mengalami keuntungan, maka pemegang saham biasanya akan memperoleh sebagian keuntungan yang disebut deviden.
C.     PROPERTI.
Keuntungan yang bisa didapat dari properti yaitu, menyewakan properti tersebut ke pihak lain sehingga mendapatkan uang sewa atau menjual properti tersebut dengan harga yang lebih tinggi.
D.    REKSA.
wadah dan pola pengelolaan dana/modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi dalam instrumen-instrumen investasi yang tersedia di Pasar dengan cara membeli unit penyertaan reksadana. Dana ini kemudian dikelola oleh Manajer Investasi (MI) ke dalam portofolio investasi, baik berupa sahamobligasipasar uang ataupun efek/sekuriti lainnya.
4.      DAMPAK INVESTASI.
1.      Dampak Positif.
Dengan adanya Investasi pemerintah mendapatkan penghasilan dari pajak yang digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat seperti yang tercantum dalam APBN(Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) sedangkan masyarakat diuntungkan dengan tersediannya lowongan pekerjaan.
Semakin banyak investor dalam negeri maupun asing yang menanamkan modalnya di indonesia, itu berarti dalam sektor industri mengalami pertumbuhan. Sehingga semakin luas kesempatan kerja bagi masyarakat Indonesia, serta Indonesia sedikit demi sedkit mampu mengurangi ketergantungannya terhadap negara lain.
2.      Dampak Negatif.
                Dengan masuknya investasi asing di Indonesia tidak selamanya akan memberikan dampak positif pada pertumbuhan ekonomi Indonesia, namun juga dapat menimbulkan dampak negatif yang merugikan bagi bangsa Indonesia, yaitu dimana Perusahaan asing yang dikelola oleh pihak asing, maka kebijakan manajemennya sesuai dengan operasional perusahaan asing. Perusahaan asing mencari keuntungan yang sebesar-besarnya dan keuntungannya dibawa ke negaranya yang tentunya dapat meninmbulkan kerugian bagi negara Indonesia.


Daftar Pustaka
·         ChairiniaFrista.2015.pengaruhinvestasiterhadappertumbuhanekonomiindonesia. Dalam link http://bahasaindonesiabisnis.blogspot.co.id/2015/12/pengaruh-investasi-terhadap-pertumbuhan.html (Diunduh tanggal 21 Mei 2017)
·         Belajarinvestasi.2017. Dalam link http://belajarinvestasi.my.id/faktor-yang-mempengaruhi-investasi/ (Diunduh tanggal 21 Mei 2017)
·         Anonim,2014,http://www.zonanesia.net/2014/12/macam-macam-bentuk-investasi.html (Diunduh tanggal 21 Mei 2017)
·         Abstraksiekonomi.2013.pengertianinvestasidanpertumbuhanekonomi. Dalam link http://abstraksiekonomi.blogspot.co.id/2013/07/pengertian-investasi-dan-pertumbuhan.html (Diunduh tanggal 21 Mei 2017)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.