.

Senin, 10 April 2017

Pengertian Mendasar Pada Pasar Monopoli

http://www.gurupendidikan.com/pengertian-ciri-dan-jenis-jenis-pasar-monopoli-beserta-contohnya-lengkap/

Andry Febriansyah
41616010027
@A12-Andry

PASAR MONOPOLI 

PENDAHULUAN
Baiklah teman-teman semua, apakah teman-teman semua pernah pergi berbelanja ke pasar tradisional? Sering sekali kita ke pasar dan melihat dipasar tersebut hanya ada 1 penjual namun pembelinya yang banyak sekali, nah teman-teman sekalian sifat seperti itulah yang merupakan salah satu dari sifat “Pasar Monopoli”.
Untuk lebih luas nya mari kita perhatikan seksama ulasan berikut ini.

APA ITU PASAR MONOPOLI ???
Oke teman-teman sekalian sebelum mengetahui lebih luas tentang pasar monopoli tentu saja kita mesti mengetahui apakah arti dan maksud dari pasar monopoli. Pasar monopoli adalah suatu bentuk pasar yang hanya memiliki satu penjual / produsen dengan banyak pembeli.

Penjual atau orang yang melakukan monopoli pasar disebut MONOPOLIS.
Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, pasar monopolis itu hanya ada 1 penjual saja dalam suatu pasar, maka dari itu seluruh harga jual pun ditentukan oleh sang monopolis tersebut. Harga yang ditentukan pun bisa melalui dua cara, yaitu caranya dengan menambah atau mengurangi persediaan barang yang ada.

Ada juga beberapa perusahaan-perusahaan sebagai monopolis terbesar di Indonesia, kita ambil contoh yang paling sering kita lihat ialah perusahaan Pertamina dan Perusahaan Listrik Negara (PLN).

LALU APA SAJA CIRI DARI PASAR MONOPOLI?

Teman-teman sekalian berikut ini ada ciri-ciri singkat dari pasar monopoli:
  • Terdapat satu orang penjual dengan banyak pembeli di pasar. Karena sifatnya ini, pembeli tidak dapat beralih ke penjual lain meskipun merasa dirugikan dengan harga yang ditetapkan.
  • Tidak terdapat barang pengganti yang dapat disediakan oleh pihak lain selain penjual yang ada di pasar tersebut.
  • Terdapat hambatan dalam memasuki pasar bagi perusahaan baru. Hambatan yang ada dapat berupa undang-undang, teknologi mutakhir yang dimiliki, modal yang sangat besar dan lainnya.
  • Penjual pada pasar monopoli dapat menentukan harga sesuai keinginannya karena tidak tersedianya barang substitusi dekat dari barang yang dijual.
  • Kurva permintaan di pasar sama dengan kurva permintaan yang dihadapi perusahaan monopolis.

SUMBER MONOPOLI
Setiap hal pasti selalu memiliki sumber, termasuk sama hal nya dengan pasar monopoli yang memiliki beberapa sumber terdahulu, diantara nya ialah:

·         Ketetapan hukum, Di Negara Indonesia sudah dibuat undang-undang yang mengatur tentang pasar monopoli
.
·         Sumber Alamiah, yaitu pasar monopoli yang tercipta dengan sendirinya.
·          
      Lisensi, Yaitu pasar monopoli yang sudah mendaftarkan diri dan sudah memiliki hak paten yang tidak dapat diganggu gugat.

APA KELEBIHAN DARI PASAR MONOPOLI???

Teman-teman sekalian tentu saja dengan diciptakannya pasar monopoli memiliki manfaat yang signifikan atau bisa dibilang dampak positif atau kelebihan dari pasar monopoli. Berikut ini adalah ulasan positif atau kelebihan dari pasar monopoli. Diantara nya:

  • Sifat barang yang tidak memiliki barang substitusi dekat membuat perusahaan monopolis tidak perlu menggelontorkan banyak uang untuk melakukan promosi dan iklan agar pembeli dapat membedakan produknya
  • Pada monopoli secara alamiah, tambahan penjual justru akan membuat produksi tidak dapat mencapai skala ekonomi (economies of scale) sehingga monopoli justru akan meningkatkan efisiensi dalam berproduksi.
  • Dengan monopoli pemerintah dapat menjaga sumber daya alam yang penting bagi masyarakat
  • Melindungi hak kekayaan individu sehingga semakin mendorong dilakukannya inovasi
APAKAH ADA KEKURANGAN DAN DAMPAK NEGATIF DARI PASAR MONOPOLI???

Saya tentu menjawab selalu ada kekurangan dibalik suatu kelebihan, Namun kekurangannya tersebut tidak lebih besar dari keunggulan atau kelebihan dari pasar monopoli. Kekurangan dari pasar monopoli diantaranya adalah:

  • Karena produsen dapat menetapkan harga dengan mengurangi atau meningkatkan jumlah produksi, dimungkinkan produksi tidak dilakukan secara optimum dan efisien
  • Pembeli tidak dapat berpindah ke penjual lain meskipun harga yang ditetapkan dirasa mahal
  • Keuntungan terpusat di produsen karena konsumen tidak memiliki pilihan selain membeli dari produsen tersebut untuk memenuhi kebutuhannya
KESIMPULAN

Pasar monopoli adalah suatu bentuk pasar dimana hanya terdapat satu perusahaan saja. Dan perusahaan ini menghasilkan barang yang tidak mempunyai barang pengganti yang sangat dekat. Atau bisa disebut suatu pelaku usaha atau penjual yang menjadi pusat kekuatan ekonomi yang mengakibatkan dikuasainya produksi dan atau pemasaran atas barang dan jasa tertentu sehingga menimbulkan persaingan usaha tidak sehat dan dapat merugikan kepentingan umum



Sumber:
Agnestesia Putri. http://www.studiobelajar.com/pasar-monopoli/.

Bitar.2016.Pengertian, Ciri, Dan Jenis-Jenis Pasar Monopoli Beserta Contohnya Lengkap.http://www.gurupendidikan.com/pengertian-ciri-dan-jenis-jenis-pasar-monopoli-beserta-contohnya-lengkap/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.