.

Senin, 10 April 2017

Calon Entrepreneur? Wajib Mengetahui Struktur Pasar!



@A20-Dwi

Oleh : Dwi Afriyanti

Abstrak
            Pada masa ini, banyak sekali bermunculan para pengusaha muda. Wirausaha itu sendiri pun memiliki beberapa macam bidang usaha. Seperti makanan, properti, hotel dan lain-lain. Orang—orang yang seperti itulah yang memiliki jiwa pengusaha, maupun yang sudah memahami situasi persaingan pasar.
Apabila kita ingin menjadi seperti mereka, kita harus memahami struktur pasar, dimana struktur pasar dibagi menjadai dua : Pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna.
Pendahuluan
Semakin lama, persaingan yang ada di dunia bisnis semakin besar. Oleh sebab itu, bila kita ingin bertahan ataupun ingin mengembangkan usaha yang kita miliki, harus memahami struktur pasar yang ada pada saat ini. Struktur pasar merupakan penggolongan pasar berdasarkan strukturnya (Wikipedia) agar para pengusaha dapat membuat strategi yang jitu untuk memikat hati para konsumen yang ada.
Permasalahan
1.       Sebutkan dan jelaskan tentang bentuk—bentuk struktur pasar?!
2.       Sebutkan ciri—ciri , kekurangan dan kelebihan dari setiap bentuk struktur pasar!
3.       Sebutkan contoh interaksi yang terjadi di dalam bentuk struktur pasar!
Pembahasan
I.                    Bagian dari Struktur Pasar
Struktur pasar adalah karakteristik organisasi pasar yang mempengaruhi sifat kompetisi dan harga di dalam pasar (Irfan, 2015). Struktur pasar sendiri pun dibagi menjadi 2 bagian:
Ø  Pasar persaingan sempurnya
Pasar persaingan sempurna adalah struktur pasar  yang dikenal paling ideal dibandingkan dengan struktur yang lain karena dalam kegiatan pasar tersebut terdapat sebuah jaminan untuk menjalankan kegiatan produksi barang dan jasa dengan lebih efisien bagi setiap elemen pasar (Anonim, 2016).
Ø  Pasar persaingan tidak sempurna
Pasar persaingan tidak sempurna dibagi lagi menjadi beberapa bagian, seperti (Wikipedia):
a.       Pasar Monopoli
Pasar monopoli (dari bahasa Yunani: monos, satu + polein, menjual) adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar (Wikipedia).
b.      Pasar Persaingan Monopolistik
Bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek.
c.       Pasar Oligopoli
Pasar ini adalah bentuk pasar dimana barang yang dihasilkan oleh beberapa perusahaan dan banyak perusahaan yang bertindak sebagai konsumen.
II.                  Ciri—ciri , Kekurangan dan Kelebihan dari bagian struktur pasar
a.       Pasar persaingan sempurna :
*Ciri—ciri (Ensikloblogia, 2016) :
Pasar tersebut harus terorganisasi secara sempurna.
·           Setiap penjual dan pembeli mempunyai pengetahuan yang sempurna tentang kondisi pasar, sehingga kekuatan pembeli sama.
·           Barang yang diperjualbelikan bersifat homogen dan kuantitasnya banyak, sehingga distribusi lancar dan pasokan barang untuk pembeli tidak mengalami hambatan.
·           Pembeli dan penjual memiliki kebebasan untuk bertindak atau dengan kata lain tidak dibenarkan adanya perjanjian-perjanjian.
·           Tidak ada campur tangan pemerintah, baik secara langsung maupun tidak langsung.
·           Jumlah pembeli dan penjual banyak, oleh karena itu tidak terdapat pengaruh individual terhadap tinggi rendahnya harga.
·           Setiap penjual dan pembeli bebas keluar masuk pasar untuk bersaing.
*Kelebihan (Irfan, 2015):
·           Pemanfaatan sumber daya dilakukan dengan lebih efisien.
·           Terhindar dari praktik pemusatan kekuasaan pada kelompok kecil masyarakat.
·           Terhindar dari persaingan yang tidak sehat.
·           Terhindar dari permainan harga pasar, karena baik penjual dan pembeli tidak mampu menentukan harga.
·           Harga barang di pasar akan cenderung stabil tanpa melihat besar kecilnya jumlah barang.
*Kekurangan :
·           Penjual tidak bisa memaksimalkan harga jualnya.
·           Jenis ini biasanya terjadai ketika perekonomian kita stabil.
Sumber
b. Pasar monopoli :
     *Ciri—ciri (Dian 2016) :
·           Hanya ada satu pihak baik penjual ataupun perusahaan yang bertindak dan memiliki kuasa untuk mengambil keputusan harga (menjalankan monopoli pasar).
·           Tidak ada satupun pihak yang mampu menyaingi perusahaan tersebut dikarenakan oleh beberapa faktor diantaranya dana yang melimpah, teknologi dan tenaga ahli memadai, memiliki bahan baku atau sumber daya yang khas.
·           Kekuatan perusahaan yang memonopoli ditopang oleh dukungan undang-undang dan kebijakan pemerintah sehingga tidak ada satupun pihak yanag akan menggoyahkannya.
·           Jenis produk baik barang atau jasa yang sejenis atau semacam tidak ada barang pengganti atau yang menyerupai, sehingga hanya satu pihak itu yang berkuasa karena tidak ada pesaing yang berarti.
·           Pemerintah tidak memiliki wewenang untuk menetapkan harga atau menentukan harga, jadi tidak ada campur tangan dari pemerintah tentang penetapan harga yang berhak hanya penjual atau perusahaan yang memonopoli pasar.
·           Promosi atau iklan suatu produk tidak begitu diperlukan karena untuk apa ada iklan karena sudah pasti produk perushaan yang memnopoli pasar pasti laku dan tidak ada pesaingnya.
·           Seringkali menimbulkan kerugian bagi konsumen ketika harga suatu produk tinggi tidak sesuai dengan produk yang mereka beli. Hal ini terjadi karena harga yang menentukan adalah penjual atau perusahaan yang berkuasa.
*Kelemahan (Dian 2016) :
·           Sering muncul ketidakadilan karena hanya satu pihak itu yang diuntungkan, sedangkan pihak lain hanya bisa menerima tanpa menggulingkannya.
·           Pemborosan sering dilakukan oleh pihak yang memonopoli pasar karena mereka tidak begitu memperhatikan efisiensi kegiatan produksi yang dilakukannya, mereka hanya fokus agar produknya laku dan tidak ada pesaing.
·           Konsumen tidak bisa berjuang banyak dan harus menerima semua keputusan dari perusahaan monopoli, jika harus membayar dengan harga yang tinggi, maka konsumen dengan terpaksa akan menurutinya.
·           Unsur eksploitasi sangat kental dalam pasar monopoli ini, karena perusahaan besar tersebut bebas melakukan apapun dengan dana dan tenaga yang mereka miliki. Tentu hal ini akan merugikan semua pihak.
*Kelebihan (Dian 2016) :
·           Dalam pasar bisa dilakukan penelitian dan pengambangan produk karena adanya izin dari pihak yang memonopoli pasar kepada pihak yang bersangkutan.
·           Untuk monopoli yang berbentuk hak cipta, hak paten akan membuat seseorang atau badan terapresiasi dan termotivasi untuk terus mencipta dan berkarya untuk mewujudkan sebuah perkembangan yang signifikan.
·           Kualitas produk selalu terjaga dan dijamin baik karena jika tidak dijaga konsumen akan beralih ke pihak lain meskipun hanya perusahaan itu yang memiliki semuanya, namun jika tidak bisa menjaga kualitas otomatis konsumen juga akan cari yang lain.
c. Pasar persaingan monopolistik :
*Ciri—ciri (Manurung, 2008) :
·           Produk yang terdefinisikan
·           Jumlah perusahaan banyak dalam industri
·           Bebas masuk dan keluar pasar
*Kelebihan (Maulana 2014) :
·           Produsen dapat memperoleh keuntungan lebih besar
·           Memacu inovasi dan kreativitas produsen
·           Pembeli tidak mudah berpindah produk
*Kelemahan (Maulana, 2014) :
·           Adanya persaingan ketat antar produsen
·           Biaya untuk memasuki dan menguasai pasar monopolistik mahal (iklan, promosi, uji kualitas produk)
d. Pasar oligopoli :
*Ciri—ciri (Manurung, 2008) :
·           Hanya sedikit perusahaan dalam industri
·           Produknya homogen
·           Pengambilan keputusan yang saling mempengaruhi
·           Kompetisi non harga
*Kelebihan (Maulana 2014) :
·           Penjual dapat mengendalikan harga
·           Perang harga antar produsen dapat menimbulkan keuntungan bagi konsumen
*Kelemahan (Maulana 2014) :
·           Adanya persaingan ketat antar produsen
·           Sering terjadi perang harga
·           Butuh investasi besar untuk masuk ke dalam pasar
·           Dapat terjadi kartel atau kerjasama antar produsen yang menghasilkan pasar monopoli
III. 



Daftar Pustaka
·         Ensikloblogia. 2016. Ciri—ciri Pasar Persaingan Sempurna serta Kelebihan dan Kelemahan Pasar Persaingan Sempurna
·         Irfan. 2015. Pasar dan Bentuk Struktur Pasar
·         Manurung, M. & Rahardja, P. 2008. Pengantar Ilmu Ekonomi. LP-FEUI.
·         Dian, Ahmad. 2016. Pasar Monopoli – Jenis, Ciri-ciri, Kelebihan dan Kekurangan
·           Maulana, Lutfi. 2014. Pengertian,Ciri2,Kelebihan Dan Kekurngan Dari Pasar,Pasar Tradisional,Pasar Monopoli,pasar oligopoli,pasar monopolistik,pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.