.

Selasa, 11 April 2017

Pasar Persaingan Sempurna



Pengertian pasar secara sempit diartikan sebagai tempat bertemunya antara penjual dan pembeli untuk saling bertransaksi baik barang ataupun jasa. Akan tetapi ada pula pasar yang tidak mempertemukan antara penjual dan pembei, misal saja pasar saham.
Maka dari itu, pasar juga dapat diartikan secara luas, yakni suatu proses dimana penjual dan pembeli saling berinteraksi untuk menetapkan harga keseimbangan. Dengan demikian, kita dapat merangkum kedua arti pasar tersebut menjadi pengertian pasar secara umum, adalah suatu tempat bertemunya permintaan dan penawaran, sehingga dapat menetapkan harga.
Pasar persaingan sempurna ialah suatu pasar dimana terdapat kekuatan dari permintaan bisa penawaran yang bisa secara bebas bergerak. Pasar persaingan sempurna adalah pasar di mana penjual dan pembeli tidak bisa mempengaruhi harga, sehingga harga di pasar benar-benar merupakan hasil kesepakatan dan interaksi antara penawaran dan permintaan.
Permintaan yang terbentuk mencerminkan keinginan konsumen, sementara penawaran mencerminkan keinginan produsen. Dalam pasar persaingan sempurna, penjual dan pembeli sama sekali tidak memiliki suatu kemampuan untuk mempengaruhi harga pasar karena sudah ada sebuah ikatan batin bahwa antara penjual dan pembeli mengetahui struktur dan informasi yang ada di dalam pasar persaingan sempurna.
karakteristik pasar persaingan sempurna:
1.      HOMOGENITAS PRODUK
Barang yang dihasilkan semua perusahaan sama (homogen) atau serupa. Kondisi ini membuat pembeli sulit membedakan perusahaan penghasil produk dan tidak ada gunanya bagi para produsen untuk bersaing.
2.      PENJUAL DAN PEMBELI MEMILIKI PENGETAHUAN SEMPURNA
Maksudnya ialah baik penjual maupun pembeli sama-sama memiliki pengetahuan yang baik tentang harga dan input produk yang dijual. Hal ini membuat penjual dan pembeli tidak bisa mempengaruhi harga pasar.
3.      PRODUSEN MUDAH KELUAR-MASUK PASAR
Bila sebuah perusahaan mengalami kerugian dan ingin meninggalkan industri, pilihan tersebut mudah dilakukan. Begitu juga bila ada produsen yang ingin masuk dalam industri yang cenderung sangat mudah. Tidak ada hambatan yang berarti akan hal ini.
4.      HARGA MURNI HASIL PENAWARAN DAN PERMINTAAN (SUPPLY AND DEMAND)
Perusahaan tidak dapat semena-mena meningkatkan harga jual, karena harga jual murni hasil dari banyaknya penawaran dan permintaan yang ada di pasar. Menariknya, selama masih dalam taraf normal, harga jual pada pasar persaingan sempurna bebas naik turun tanpa campur tangan pemerintah.

Kelebihan Dan Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna

Kelebihan Pasar Persaingan Sempurna
Pasar persaingan sempurna juga mempunyai kelebihannya, yaitu sebagai berikut :
  • Pada pasar persaingan sempruna tidak tampak suatu kegiatan saling menyaingi antar pembeli.
  • Penjual tidak mungkin mengadakan suatu persaingan harga dengan maksud merebut pasar, karena harga pasar adalahialah suatu yang harus diterima masing-masing produsen.
  • Barang yang ditawarkan penjual akan laku berapa pun jumlahnya tanpa mengalami suatu penurunan harga.
  • Tidak mungkin mengugah bentuk barang untuk membuat pasar karena adanya suatu homogenitas barang.
  • Sebuah informasi tentang pasar sudah diketahui oleh saingan usaha dan usaha untuk menyaingi perusahaan lainnya juga tidak menghasilkan apa-apa, karena jumlah saingan sangat tidak terbatas.
  • Konsumen tidak perlu beradu tegang tentang tawar-menawar harga barang karena harga tidak bisa dipengaruhi oleh siapapun.
Kekurangan pasar persaingan sempurna
Selain memiliki beberapa kelebihannya, pasar persaingan sempurna memiliki beberapa kelemahan yaitu sebagai berikut:
  • Tidak mendorong inovasi. Di dalam pasar persaingan sempurna teknologi bisa dicontoh dengan mudah oleh perusahaan lain.
  • Membatasi pilihan konsumen, karena barang yang dihasilkan oleh perusahaan-perusahaan ialah seratus persen sama, sehingga membuat konsumen memiliki pilihan yang terbatas untuk menentukan barang yang akan dikonsumsinya.
  • Distribusi pendapatan yang tidak merata/ tidak seimbang.
·         Pada sistem harga pasar persaingan sempurna, dijelaskan bahwa produsen dan konsumen tidak bisa mempengaruhi harga pasaran. Dengan kata lain, harga pasaran relatif stabil dan bila digambarkan dengan kurva bentuknya garis lurus mendatar.
·         Kurva untuk pasar persaingan sempurna sendiri memiliki dua jenis, yakni kurva yang menggambarkan keuntungan maksimum atau kerugian minimum.
System pembentukan harga dalam pasar persaingan sempurna
Pada sistem harga pasar persaingan sempurna, dijelaskan bahwa produsen dan konsumen tidak bisa mempengaruhi harga pasaran. Dengan kata lain, harga pasaran relatif stabil dan bila digambarkan dengan kurva bentuknya garis lurus mendatar.
Kurva untuk pasar persaingan sempurna sendiri memiliki dua jenis, yakni kurva yang menggambarkan keuntungan maksimum atau kerugian minimum.
Berapapun jumlah barang atau produk yang dibeli dan dijual tidak akan membuat harga naik atau turun.
Dalam jangka waktu pendek, kurva berbentuk garis vertikal, karena harga ditentukan permintaan pasar. Dalam jangka panjang harga akan naik atau turun tergantung pada permintaan komoditi dan faktor lain yang mempengaruhi.
Dalam jangka panjang hukum supply and demand atau hukum penawaran dan permintaan tetap berlaku. Dimana jika penawaran naik, dan permintaan turun, maka harga akan ikut turun, dan ketika penawaran turun, dan permintaan naik, maka harga akan ikut naik.
Dalam sejumlah makalah pasar persaingan sempurna, struktur ini merupakan pasar yang paling ideal. Namun, dalam keseharian kesempurnaan tersebut tidak ditemukan.
Dengan kata lain, ini adalah struktur pasar yang hanya ada secara teori. Meski demikian, pasar global saat ini tengah coba mengembangkan model pasar persaingan sempurna dengan bantuan teknologi modern.

Contoh pasar persaingan sempurna

Dalam kenyataan sehari-hari bentuk pasar yang benar-benar bersifat persaingan sempurna sangat sulit ditemukan, yang ada hanyalah kecenderungan mendekati ke bentuk pasar persaingan sempurna. Contoh konkret bentuk pasar yang paling mendekati pasar persaingan sempurna adalah pasar barang-barang atau komoditii makanan pokok, seperti pasar berass. Dlam pasar beras dapat dijelaskan hubungan antara penjual/produsen dengan pembeli atau konsumen dapat dikatakan mendekati ciri-ciri pasar persaingan sempurna sebagai berikut :

§  Dalam pasar komoditi beras jumlah penjual dan pembeli sangat banyak
§  Penjual dan pembeli secara perorangan tidak akan mampu mempengaruhi harga
§  Komoditi beras dapat dikatakan komoditi yang relatif homogen, kalaupun ada perbedaan rasa atau mutu akan berakibat adanya perbedaan harga.
§  Harga yang terbentuk pada pasar beras adalah hasil kekuatan tarik-menarik antara penawaran beras dan permintaan beras. Walaupun kenyataannya di Indonesia masih ada campur tangan pemerintah dalam stabilisasi harga beras, yaitu melalui peran Bulog (badan urusan logistik), namun peran Bulog inipun sudah semakin kecil. 

Adanya campur tangan pemerintah dalam pengendalian harga komoditas pertanian seperti beras sebenarna menjadikan pasar beras kurang tepat kalu disebut dengan persaingan sempurna, lebih tepatnya hanya mendekati pasar persaingan sempurna.

Sumber:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.