.

Minggu, 09 April 2017

Pasar monopoli

@A05-Aulia
Oleh : Aulia Silviani Affif

PASAR MONOPOLI
ABSTRAK
Pasar monopoli berasal dari bahasa Yunani yaitu “Monos” adalah bentuk pasar yang dimana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut dengan monopolis.
Dalam pasar monopoli tidak terdapat pihak lain yang dapat menyainginya, sehingga hanya menjadi murni monopoli. Pada perusahaan monopoli hanya menghasilkan produk yang tidak dapat diproduksi oleh perusahaan lain, dan tidak ada penggantinya yang mirip.
Kata kunci : Pengertian pasar monopoli, ciri-ciri pasar monopoli, jenis-jenis, faktor timbulnya pasar monopoli, kelebihan dan kelemahan pasar monopoli, cara mengatasi kelemahan pasar monopoli.

PENDAHULUAN
Dewasa ini, banyak dari kita yang tidak bisa mendefinisikan pasar monopoli.  Kegiatan monopoli sendiri terkadang kita jumpai di suatu negara. Di suatu negara ada juga yang menerapkan kegitan monopoli di dalam suatu pasar.  Kegiatan tersebut juga sangat berpengaruh pada perekonomian di suatu negara. Maka dari itu sebelum menginjak lebih jauh kegiatan monopoli  ini kita lebih baik menganalisa kegitan monopoli. kita dapat mengetahui pengertian, ciri-ciri, dan faktor timbulnya pasar monopoli. Kita juga dapat mengetahui sistem pasar di negara kita. Selain itu, kita dapat mengetahui kelebihan serta kelemahan pasar monopoli (Munika Sulistiawati 2014).

RUMUSAN MASALAH
1.       Apa pengertian pasar monopoli?
2.       Apa ciri-ciri dari pasar monopoli?
3.       Sebutkan jenis-jenis pasar monopoli?
4.       Apa faktor yang menimbulkan terjadinya pasar monopoli?
5.       Bagaimana kelebihan dan kelemahan dari pasar monopoli?
6.       Bagaimana cara mengatasi kelemahan pada pasar monopoli?

PEMBAHASAN
1.      PENGERTIAN PASAR MONOPOLI
      Pasar monopoli yang dari ( bahasan Yunani : monos, satu + polein, menjual ) ialah suatu bentuk pasar yang dimana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Untuk penentu dari harga pada pasar ini ialah seorang penjual atau yang sering disebut dengan ( Monopolis ). Untuk sebagai penentu harga ( price-maker ), seorang monopolis bisa menaikan atau bisa mengurangi harga dengan cara menentukan jumlah barang yang akan diproduksi, semakin sedikit barang yang akan diproduksi maka semakin mahal harga dari barang tersebut, dan begitu pula sebaliknya.

2.       CIRI-CIRI PASAR MONOPOLI
1.         Dalam pasar monopoli hanya terdapat satu penjual saja.
2.         Barang atau jasa yang dihasilkan hanya dapat dibeli dipasar monopoli dan tidak terdapat ditempat lain.
3.         Barang yang diproduksi atau dijual tidak terdapat barang penggantinya.
4.         Terdapat hambatan atau rintangan (barries) bagi perusahaan baru yang akan masuk ke dalam pasar monopoli.
5.         Pelaku pasar monopoli dapat menentukan harga barang sesuai harga barang keinginannya.
6.         Karena sifat monopolinya menyebabkan perusahaan tidak memerlukan promosi atau ikan untuk menawarkan produknya.

3.       JENIS-JENIS PADA PASAR MONOPOLI
1.         Monopoli by Law. Yakni monopoli oleh negara untuk cabang-cabang produksi penting bagi negara dan menguasai sebuah hajat hidup orang banyak.
2.         Monopoli by Nature. Yakni monopoli yang lahir dan berkembang secara alamiah karena didukung sebuah iklim dan lingkungan hidup tertentu.
3.         Monopoli by Lisence. yakni  izin penggunaan hak atas kekayaan intelektual.

4.       FAKTOR TERJADINYA PASAR MONOPOLI
1.         Perusahaan monopoli hanya memiliki suatu sumber daya tertentu yang unik dan tidak dimiliki oleh perusahaan lain.
2.         Perusahaan monopoli pada umumnya dapat menikmati skala ekonomi hingga ke tingkat produksi yang sangat tinggi.
3.         Monopoli wujud dan berkembang melalui undang-undang, yaitu pemerintah memberi hak monopoli kepada perusahaan tersebut.

5.       KELEBIHAN DAN KELEMAHAN PADA PASAR MONOPOLI
Ø  Kelebihan
1.    Perusahaan monopoli hanya memiliki suatu sumber daya tertentu yang unik dan tidak dimiliki oleh perusahaan lain.
2.    Perusahaan monopoli pada umumnya dapat menikmati skala ekonomi hingga ke tingkat produksi yang sangat tinggi.
3.    Monopoli wujud dan berkembang melalui undang-undang, yaitu pemerintah memberi hak monopoli kepada perusahaan tersebut
Ø  Kekurangan
1.    Adanya ketidakadilan karena keuntungan banyak dinikamti oleh produsen
2.    Tidak efisiensinya biaya produksi, karena perusahaan monopoli tidak memanfaatkan secara penuh penghematan ongkos produksi atau sering disebut timbulnya pemborosan.
3.    Konsumen merasa berat karena harus membeli barang dengan harga tinggi
4.    Adanya unsur eksploitasi terhadap konsumen dan pemiliki faktor produksi.

6.       MENGATASI KELEMAHAN PADA PASAR MONOPOLI
1.    Mengeluarkan undang-undang atau peraturan yang mampu mencegah timbulnya monopoli
2.    Mengizinkan impor barang yang sama dengan yang diproduksi pemegang monopoli
3.    Ikut menentukan tinggi rendahnya harga
4.    Menarik pajak yang tinggi kepada pemegang monopoli
5.    Membuat perusahaan sejenis untuk menyaingi perusahaan pemegang monopoli

DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.