.

Sabtu, 15 April 2017

Meningkatnya Perekonomian Sulawesi Utara Pada Triwulan II dan Triwulan III

@B27-Indah

Oleh: INDAH PUSPA MURNI

ABSTRAK
Perekonomian Sulawesi Utara saat ini memberikan catatan positif bagi Indonesia. Keberhasilan dalam membangun perekonomian merupakan bentuk keberhasilan yang dilakukan atas kerjasama antara rakyat Sulawesi Utara dan Pemerintah. Hal tersebut dapat mendorong ekonomi indonesia lebih maju dan berani ikut serta dalam kompetisi dengan perekonomian Negara lain. Oleh karena itu tujuan artikel ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis perkembangan yang terjadi di Provinsi Sulawesi Utara.

Keyword: Meningkatnya Ekonomi, Sulawesi Utara, Perkembangan Perdangan Ekonomi

A.    PENDAHULUAN
Pertumbuhan ekonomi merupakan suatu proses peningkatan kapasitas produksi dari perekonomian secara komprehensif dan terus menerus atau berkeseinambungan sepanjang waktu, sehingga menghasilkan tingkat pendapatan nasional yang semakin lama semakin besar (Todaro, 2000). Alat ukur untuk menghitung laju pertumbuhan ekonomi salah satunya adalah dengan melihat Produk Domestik Regional Bruto ( Menurut Ayu Azhari Amin, 2015)
Pembangunan wilayah selain meningkatkan daya saing wilayah juga mengupayakan keseimbangan pembangunan antardaerah sesuai dengan potensinya masing-masing. Perkembangan indikator utama dalam pembangunan wilayah meliputi pertumbuhan ekonomi, pengurangan pengangguran, dan pengurangan kemiskinan dapat menggambarkan capaian kinerja pembangunan wilayah secara umum ( Menurut Seri Analisi Pembangunan Wilayah, 2015 ).
Provinsi Sulawesi utara berada pada posisi strategis karena terletak di Pasifik Rim yang secara langsung berhadapan dengan negara-negara Asia Timur dan negara--negara Pasifik.Posisi strategis ini menjadikan Sulawesi Utara sebagai pintu gerbang Indonesia ke Pasifik dan memiliki potensi untuk menjadi pusat pertumbuhan ekonomi. Provinsi ini juga turut mendukung peran Pulau Sulawesi sebagai pusat produksi dan pengolahan hasil pertanian, perkebunan, perikanan serta pertambangan nikel di tingkat nasional ( Menurut Seri Analisi Pembangunan Wilayah, 2015 ).

B.    PERMASALAHAN
  1. Bagaimana perkembangan ekonomi di Sulawesi Utara saat ini?
  2. Faktor apa saja yang mendukung perkembangan ekonomi di Sulawesi Utara?
  3. Manfaat apa saja yang dirasakan setelah peningkatan ekonomi di Sulawesi Utara?
  4. Peran pemerintah dalam perkembangan yang sedang terjadi di Sulawesi Utara?

 C.    PEMBAHASAN
1. Perkembangan Ekonomi Di Sulawesi Utara
Sulawesi utara merupakan tempat yang paling strategis karena langsung berhadapan dengan Negara asia timur dan pasifik yang mendukung perkembangan ekonomi di Sulawesi Utara. Perekonomian Sulawesi utara pada triwulan II 2016 mulai mengalami peningkatan dibandingkan dengan triwulan sebelumnya. Hal ini terjadi ketika dibukanya direct flight dari beberapa kota di Tiongkok yang ternyata dapat mendongkrak kunjungan wisata ke Sulawesi Utara sehingga membuat pendapatan masyarakat Sulawesi utara meningkat tajam. Tetapi pada triwulan II investasi Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) mengalami perlambatan.
            Memasuki triwulan III 2016, pertumbuhan ekonomi Sulut diperkirakan mengalami peningkatan. Keadaan tersebut tercermin dari meningkatnya wisatawan yang mengunjungi Sulawesi Utara. Membuat Lapangan Usaha Informasi dan komunikasi juga mengalami pertumbuhan yang tinggi yaitu sebesar 6,86 persen yang didorong oleh masih luasnya potensi, ekspansi, dan penetrasi pelaku usaha teknologi informasi, juga mulai masuknya industri transportasi online di Kota Manado pada kuartal ke-3 tahun ini.

2. Faktor Yang Mendorong Perkembangan Sulawesi Utara
  • Pertanian
  • Kehutanan
  • Perikanan
  • Perdangan besar dan eceran
  • Respirasi mobil dan motor
  • Konstruksi

3. Manfaat Dari Meningkatnya Ekonomi Sulawesi Utara
  • Meningkatnya kemakmuran masyarakat.
  • Membantu pemerintah dalam melaksanakan kesejahteraan  secara merata.
  • Memajukan perekonomian Indonesia

4. Peran Pemerintah Dalam Perkembangan Sulawesi
  • Memberikan Gerakan Pengembangan Komoditas Unggulan Berbasis Agri bisnis (Gerbang Kuba) meliputi industri ikan tuna, cakalang dan layang. Hasil penangkapan ikan di taut merupakan produksi tertinggi di sektor perikanan. Para nelayan kini juga tengah mengembangkan teknik-teknik baru dalam budidaya perikanan laut, meliputi ikan untuk umpan, ikan kerapu, baronang, rumput laut dan kerang mutiara. Untuk budidaya perikanan darat fokus diarahkan untuk ikan mas dan nilai.
  • Membantu masyarakat Sulawesi Utara dalam memenuhi alat kebutuhan dalam memajukan kegiatan ekonomi Indonesia.
  • Memberikan program pemerintah berupa sosialisasi tentang kegiatan ekonomi yang dapat dilakukan masyarakat Sulawesi Utara dengan memanfaatkan SDA yang tersedia, sehingga masyarakat sekitar dapat terdorong untuk ikut berperan dalam memajukan perekonomian Sulawesi Utara dan Indonesia.
D. KESIMPULAN
Pertumbuhan ekonomi ( Economic Growth ) adalah perkembangan kegiatan dalam perekonomian yang menyebabkan barang dan jasa yang diproduksikan dalam masyarakat bertambah dan kemakmuran masyarakat meningkat. Provinsi Sulawesi utara berada pada posisi strategis karena terletak di Pasifik Rim yang secara langsung berhadapan dengan negara-negara Asia Timur dan negara-negara Pasifik. Posisi strategis ini menjadikan Sulawesi Utara sebagai pintu gerbang Indonesia ke Pasifik dan memiliki potensi untuk menjadi pusat pertumbuhan ekonomi. Sulawesi utara pada triwulan II 2016 mulai mengalami peningkatan dibandingkan dengan triwulan sebelumnya.

E. DAFTAR PUSTAKA

BPS Provinsi Sulawesi Utara. 2016. Pertumbuhan Ekonomi Sulawesi Utara Triwulan III-2016 Perekonomian Sulawesi Utara Triwulan Iii-2016 Tumbuh 6,01 Persen. Tersedia: https://minahasakab.bps.go.id/lawas/new/backend/brs_ind/brsInd-20161121010925.pdf. Diakses: 7 November 2016.

Manado, Tribun. 2016. Wisman Tiongkok Penggerak Ekonomi Sulut Triwulan III 2016. Tersedia: http://manado.tribunnews.com/2016/11/09/wisman-tiongkok-penggerak-ekonomi-sulut-triwulan-iii-2016. Diakses: 9 November 2016

Manado, Tribun. 2016. Pertumbuhan Ekonomi Sulut Triwulan III Naik Berkat 'Badai Wisman Tiongkok. Tersedia: http://manado.tribunnews.com/2016/11/09/pertumbuhan-ekonomi-sulut-triwulan-iii-naik-berkat-badai-wisman-tiongkok. Diakses: 9 November 2016

Fajarpra. 2013. Makalah Provinsi Sulawesi Utara. Tersedia: https://fajarpras69.wordpress.com/2013/10/31/makalah-provinsi-sulawesi-utara/. Diakses: 31 Oktober 2013






















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.