.

Rabu, 27 Juni 2018

Efektivitas Kebijakan Moneter



Efektivitas Kebijakan Moneter
Oleh                : Lucia Debby Gracella Sihombing
Kode Peserta   : @C13-Lucia, @Proyek-06
Abstrak
Penulisan tulisan ini bertujuan untuk membantu pembaca dan juga penulis dalam memahami kebijakan moneter dan pengaruhnya ataupun hal-hal yang timbul karena kebijakan moneter ini. Adapun latar belakang penulisan tulisan ini adalah masih banyaknya kekurangpahaman masyarakat atau kelompok terhadap pengertian ataupun akibat-akibat yang ditimbulkan oleh kebijakan moneter yang sebenarnya dapat menambah wawasan tersendiri bagi yang mempelajari atau memahaminya dengan seksama.
Kata kunci: Kebijakan, Moneter.
Pendahuluan
Dewasa ini, banyak sekali permasalahan ekonomi yang dapat kita lihat bahkan alami dikehidupan sehari-hari. Dalam permasalahan kali ini akan lebih mendalam menjelaskan tentang kebijakan moneter yang ada di negara kita Indonesia ini. Sudah pantaskah atau secara layakkah kebijakan moneter ini berjalan?.
Sepengetahuan penulis, buku-buku, teks, dan artikel-artikel ilmiah yang dibuat dalam jurnal yang ditulis para ahli tentang bidang ekonomi adalah sebagai berikut:
(1) Jurnal yang berjudul “ Efektifitas Kebijakan Moneter Terhadap Inflasi Di Indonesia Oleh Andi Rachman
(2) Buku yang berjudul “ Sejarah kebijakan moneter oleh drs.Oey Beng To”
(3) Buku yang berjudul “ Potret Kebijakan moneter Indonesia oleh Aulia Pohan”.

Hasil penelitian dan pembahasan tentang efektivitas kebijakan moneter, sekurang-kurangnya hasil penelitian ini dapat mengembangkan dan menyempurnakan teori pengantar ekonomi , teori perkembangan ekonomi, teori pengaruh ekonomi masa kini. Jika ditinjau dari sudut pandang praktikal, hasil penelitian tentang pemahaman ekonomi dimasa kini  menghasilkan konsep, strategi, prinsip, skema dan alur proses yang dimanfaatkan dan diaplikasikan secara praktis oleh user penelitian untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Dalam konteks penelitian ini pengguna penelitian yang dapat memanfaatkan penelitian ini.
  Identifikasi masalah
Berdasarkan masalah yang telah dituliskan pada pendahuluan, kita dapat mengidentifikasi beberapa masalah yang harapannya dapat diselesaikan yaitu sebagai berikut:
1.      Memahami arti kebijakan moneter
2.      Memahami pengaruh dan efektivitas kebijakan moneter

Pembahasan
1.      Kebijakan moneter
Moneter adalah sesuatu yang berhubungan dengan uang, dan dapat kita simpulkan bahwa kebijakan moneter itu adalah kebijakan yang bergerak dalam bidang keuangan.
kebijakan moneter adalah tindakan yang dilakukan oleh penguasa moneter (biasanya bank sentral) untuk mempengaruhi jumlah uang beredar dan kredit yang pada gilirannya akan mempengaruhi kegiatan ekonomi masyarakat (Nopirin, 1992:45)

2.      Pengaruh dan Efektivitas Kebijakan Moneter
Yang dimaksud dengan efektifitas kebijakan moneter adalah, sejauh mana kebijakan moneter yang ditempuh pemerintah (apapun bentuknya), memberi dampak positif bagi perekonomian dan masyarakat, dalam arti :
a. dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi
b. dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat
c. dapat meningkatkan kesempatan kerja
d. dapat meningkatkan penerimaan devisa negara
e. serta memberi pengaruh pada kebijakan makro lainnya
 ada beberapa teori yang dapat menjelaskan efektivitas kebijakan moneter.
Teori yang membicarakan mengenai efektifitas kebijakan moneter ini diantaranya adalah :
1. Teori Natural Rate Hypothesis, yang percaya bahwa kebijakan hanya akan
efektif dan memberi dampak dalam jangka pendek saja, namun tidak akan
efektif untuk jangka panjang
2. Teori Rational Expectation Hypothesis, yang percaya bahwa baik dalam
jangka pendek maupun dalam jangka panjang, kebijakan moneter tidak akan
      efektif.

Kesimpulan
         Kebijakan moneter berbicara tentang kebijakan dalam keuangan, tidak terlepas dari itu pengaruh ataupun aktivitas serta efektivitas kerja kebijakan moneter ini dapat diihat dari beberapa teori yang telah dibahas pada tulisan di atas.
Daftar Pustaka
Mariana, Novita. 2012. Kebijakan Moneter dan Perbankan dalam upaya mengalami krisis Ekonomi Indonesia. Dalam http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=7503. Diunduh 30 Juli 2012.
Anonim. 2012. Efektivitas kebijakan moneter. Dalam https://hafidzdotorg.wordpress.com/2012/03/10/efektifitas-kebijakan-moneter/. Diunduh 10 Maret 2012.
Anonim.KBBI. Pengertian Kebijakan Moneter. Dalam https://kbbi.web.id/moneter. Disearch pada 26 Juni 2018.
Andi, rachman. 2012. Efektivitas kebijakan moneter terhadap inflasi indonesia. Dalam http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=97747. Diunduh 10 Juli 2012.
Wolok, Tineke. 2009.Reorientasi kebijakan moneter. Dalam http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=40623. Diunduh 5 Mei 2009.


                                                              

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.