.

Kamis, 08 Maret 2018

Dampak Permintaan Terhadap Ekonomi



Dampak Permintaan Terhadap Ekonomi
Oleh                : Lucia Debby Gracella Sihombing
Kode Peserta   : @C13-Lucia, @Proyek-02
Abstrak
Penulisan tulisan ini bertujuan untuk mengajak pembaca dan penulis dalam memahami permintaan dibidang ekonomi yang sering sekali berdampak banyak terhadap perekonomian kita. Adapun latar belakang tulisan ini karena Indonesia merupakan salah satu contoh nyata yang bisa kita lihat sebagai agen-agen ekonomi. Kita pasti pernah mengalami atau merasakan banyak sekali keinginan yang ingin dipenuhi tetapi akan ada titik keadaan dimana semua keinginan belum tentu terpenuhi. Masalah yang seperti inilah yang seharusnya kita pahami lebih dalam karna ada banyak sekali di dalam nya, termasuk faktor permintaan yang akan dibahas  dalam tulisan ini.
Kata kunci: permintaan, dampak, ekonomi.
Pendahuluan
Dewasa ini, banyak sekali permasalahan ekonomi yang dapat kita lihat bahka alami dikehidupan sehari-hari. Permasalahan yang biasanya timbul adalah kenaikan harga, besarnya permintaan namun kurang barang dan jasa, ataupun kebalikannya permintaan sedikit namun barang yang tersedia melimpah.
Sepengetahuan penulis, buku-buku, teks, dan artikel-artikel ilmiah yang dibuat dalam jurnal yang ditulis para ahli tentang bidang ekonomi adalah sebagai berikut:
(1) Jurnal yang berjudul “pola komsumsi dan permintaan , dipublikasikan 2 Maret 2012”.
 (2) Buku yang berjudul “ ekonomi mikro oleh sugiarto dkk.”
 (3) Buku mengenai “Pengantar Ilmu Ekonomi”.

Hasil penelitian dan pembahasan tentang dampak permintaan terhadap ekonomi. Ditinjau dari sudut pandang teoritis, sekurang-kurangnya hasil penelitian ini dapat mengembangkan dan menyempurnakan teori pengantar ekonomi , teori perkembangan ekonomi, teori pengaruh ekonomi masa kini. Jika ditinjau dari sudut pandang praktikal, hasil penelitian tentang pemahaman ekonomi dimasa kini  menghasilkan konsep, strategi, prinsip, skema dan alur proses yang dimanfaatkan dan diaplikasikan secara praktis oleh user penelitian untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Dalam konteks penelitian ini pengguna penelitian yang dapat memanfaatkan penelitian ini.
Identifikasi masalah
Berdasarkan masalah yang telah dituliskan pada pendahuluan, kita dapat mengidentifikasi beberapa masalah yang harapannya dapat diselesaikan yaitu sebagai berikut:
1.      Permintaan yang banyak sering kali tidak seimbang dengan barang yang tersedia.
2.      Permintaan yang terlalu tinggi memaksa kaum yang berada dalam bidang ekonomi memiliki jam terbang tinggi untuk membuat sistem ekonomi semakin efektif.
3.      Pemeritah sering kali mengabaikan hal-hal kecil seperti permintaan yang banyak dengan persediaan yang kurang menjadi penyebab kenaikan harga karena harus impor dari luar lagi.
Pembahasan
1.      Memahami  Permintaan
Permintaan adalah suatu keadaan dimana keinginan untuk membeli barang atau jasa pada kurun waktu tertentu. Menurut Gilarso (2007), dalam ilmu ekonomi istilah permintaan (demand) mempunyai arti tertentu, yaitu selalu menunjuk pada suatu hubungan tertentu antara jumlah suatu barang yang akan dibeli orang dan harga barang tersebut.Permintaan juga erat kaitannya dengan keinginan. Jika berbicara tentang permintaan kita akan bertemu atau mengetahui lebih lanjut yang dinamakan dengan hukum permintaan yaitu:
Jika harga barang naik, jumlah permintaan akan turun, begitu juga sebaliknya, jika harga turun permintaan akan naik. Pada hukum permintaan berlaku cateris paribus . Hukum permintaan tersebut berlaku jika keadaan atau faktor-faktor selain harga tidak berubah (dianggap tetap).

2.      Pengaruh Permintaan Terhadap Ekonomi
Beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat permintaan:
·         Harga barang substitusi (pengganti)
Harga barang dan jasa pengganti (substitusi) ikut memengaruhi jumlah barang dan jasa yang diminta. Apabila harga dari barang substitusi lebih murah maka orang akan beralih pada barang substitusi tersebut.
·         Harga barang komplementer (pelengkap)
Barang pelengkap juga dapat memengaruhi permintaan barang/jasa.
·         Jumlah Pendapatan
Besar kecilnya pendapatan yang diperoleh seseorang turut menentukan besarnya permintaan akan barang dan jasa.
·         Selera konsumen
Selera konsumen terhadap barang dan jasa dapat memengaruhi jumlah barang yang diminta.
·         Intensitas kebutuhan konsumen
Intensitas kebutuhan konsumen berpengaruh terhadap jumlah barang yang diminta.
·         Perkiraan harga pada masa depan
Apabila konsumen memperkirakan bahwa harga akan naik maka konsumen cenderung menambah jumlah barang yang dibeli karena ada kekhawatiran harga akan semakin mahal.
·         Jumlah penduduk
Pertambahan penduduk akan memengaruhi jumlah barang yang diminta. Jika jumlah penduduk dalam suatu wilayah bertambah banyak, maka barang yang diminta akan meningkat.

Kesimpulan
Permintaan sangat erat kaitannya dengan keinginan manusia. Permintaan harus dipahami dengan baik agar menghasilkan kesimpulan yang baik dalam ekonomi, mulai dari terjangkaunya harga pasar, hingga terjamin mutu yang diminta dalam proses permintaan. Dan pada akhirnya kita diharapkan agar selalu peka terhadap lingkungan salah satunya lingkungan ekonomi agar memahami lebih baik lagi dalam bertindak ataupun menanggapi isu yang ada disekitar kita.

Daftar Pustaka
Saepudin, tete. 2013. Analisis Pembangunan Sumber Daya Manusia Dan Pertumbuhan Ekonomi : Studi Pengaruh Investasi, Tenaga Kerja, Rata-Rata Lama Sekolah, Dan Pengeluaran Pemerintah Untuk Pendidikan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Provinsi - Provinsi Di Indonesia Periode 1. Jurnal ekonomi. Dalam http://id.portalgaruda.org/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=104392. Diunduh 22 Mei 2013.
Sri Budi. 2012. Mengelola Sumber Daya Manusia Dalam Menyongsong Millenium Development Goals (Mdgs). Jurnal ekonomi. Dalam http://id.portalgaruda.org/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=12768. Diunduh 19 November 2012.
Murdadi, Bambang. 2016. ARSITEKTUR PERBANKAN INDONESIA (API) ROADMAP €˜TAK Berujung”. Jurnal ekonomi. Dalam http://id.portalgaruda.org/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=418589. Diunduh 29 Februari 2016.
Anonim. KBBI. Pengertian permintaan. Dalam https://kbbi.web.id/minta. Di browsing pada 8 Maret 2018.
Mauludyani, Anna Vipta Resti dkk. 2012. Pola Komsumsi Dan Permintaan Pangan Pokok. Jurnal ilmiah. Dalam http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=5383. Diunduh 2 Maret 2012.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.