.

Jumat, 09 Maret 2018

Penawaran Barang dan Jasa













@C18-Devi, @Proyek02
Disusun Oleh : Devi Yanti Naibaho


ABSTRAK
Pasar mempunyai peran utama dalam menggerakkan roda kehidupan ekonomi. Fluktuasi harga yang ada di dalamnya menunjukkan dinamika kehidupan ekonomi yang pada akhirnya dapat dijadikan sandaran untuk mengambil keputusan. Pasar yang sehat merupakan elemen ekonomi yang dapat mewujudkan kemaslahatan dan kesejahteraan hidup manusia. Ironisnya, belakangan ini fakta yang terjadi di Indonesia berbeda dengan mekanisme pasar yang seharusnya. Banyak campur tangan oknum-oknum yang lebih mendahulukan kepentingan diri sendiri walaupun dengan cara mengorbankan orang lain. Oleh karena itu, tulisan  ini akan sedikit mengupas tentang pasar yang sehat berikut mekanismenya.

KATA KUNCI  : Pasar, Mekanisme Pasar, Penawaran Barang dan Jasa

PENDAHULUAN
Dalam teori ekonomi konvensional, mekanisme pasar adalah suatu cara agar dapat mencapai tujuan ekonomi, yakni berupa kesejahteraan masyarakat di dunia. Dan kesejahteraan masyarakat itu didefinisikan sebagai kesejahteraan material. Dengan kata lain kualitas kehidupan manusia itu tidak hanya ditentukan oleh kemampuan untuk memenuhi kesejahteraan material saja tapi juga untuk memenuhi kesejahteraan non material.

A.     Permasalahan
1.      Apa itu Pasar dan Mekanisme Pasar ?
2.      Apa saja faktor yang mempengaruhi penawaran barang  dan jasa ?
3.      Bagaimana Teori Hukum dan Kurva penawaran barang dan jasa ?

B.     Pembahasan
a.      Pengertian Pasar dan Mekanisme Pasar
Pasar dalam pengertian ilmu ekonomi adalah pertemuan antara permintaan dan penawaran. Dalam pengertian ini, pasar bersifat interaktif, bukan fisik. Adapun mekanisme pasar adalah proses penentuan tingkat harga berdasarkan kekuatan permintaan dan penawaran. Pertemuan antara permintaan (demand) dan penawaran (supply) dinamakan equilibrium price (harga keseimbangan).
Mekanisme pasar adalah suatu Mekanisme untuk menjalankan aktivitas perekonomian dalam rangka mengadakan penyesuaian atas gejolak-gejolak yang timbul dalam system tersebut dan melakukannya secara otomatis tanpa campur tangan aktif dari suatu kekuasaan tertentu dalam setiap kasus.
Menurut Eius Amalia, mekanisme pasar dan penetapan harga perlu diatur untuk menegakkan keseimbangan pasar dan keadilan ekonomi dengan mempertimbangkan kepentingan para pihak yang terlibat di pasar. Harga wajar dan adil (fair price) adalah harga yang diperoleh berdasarkan kekuatan penawaran (supply) dan permintaan (demand).
b.      Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penawaran
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi penawaran suatu barang, yaitu
·         Harga barang itu sendiri
·         Harga barang lain yang terkait
·         Harga faktor produksi
·         Biaya produksi
·         Teknologi produksi
·         Jumlah pedagang/penjual
·         Tujuan perusahaan
·         Kebijakan pemerintah

c.       Teori Hukum dan Kurva Penawaran
Hukum Penawaran
Makin rendah harga dari suatu barang/jasa
makin sedikit pernawaran atas barang/jasa tersebut,
Cateris Paribus
Sebaliknya
Makin tinggi harga dari suatu barang/jasa
makin banyak penawaran atas barang/jasa tersebut,
Cateris Paribus
Kurva Penawaran
















C.    Kesimpulan
Mekanisme pasar adalah proses penentuan harga berdasarkan permintaan dan penawaran. Permintaan sendiri adalah keinginan konsumen dalam membeli suatu barang atau jasa dalam berbagai tingkat harga selama periode tertentu sedangkan penawaran adalah jumlah barang/jasa yang ditawarkan pada tingkat harga tertentu selama satu periode. Pasar akan mengalami keseimbangan (equilibrium) jika kuantitas barang yang diminta sama dengan jika kuantitas barang yang diminta sama dengan kuantitas barang yang ditawarkan dan tidak ada kekuatan internal yang menyebabkan perubahan.

Daftar Pustaka
§  Amalia, Eius. 2013. Mekanisme Pasar dan Kebijakan Penetapan Harga Adil . Dalam https://media.neliti.com/media/publications/195011-ID-mekanisme-pasar-dan-kebijakan-penetapan.pdf. Diunduh (05 Maret 2018).
§  Rahardja, Pratama., dan Mandala Manurung. 2008. Pengantar Ilmu Ekonomi (Mikroekonomi & Makroekonomi) Edisi Ketiga. Jakarta : Lembaga Penerbit FEUI.
§  Sukriah, Erry. 2009.  Mekanisme Pasar (Permintaan & Penawaran) Kuliah ke 3. Dalam http://file.upi.edu/Direktori/FPIPS/LAINNYA/ERRY_SUPRIAH/EKO_WK3_Mekanisme_Pasar_%5BCompatibility_Mode%5D.pdf. Diunduh (05 Maret 2018)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.