.

Selasa, 16 Mei 2017

Jepang Merupakan Salah Satu Investor di Indonesia

@A27-Shiffa

Oleh : Shiffa Ramadhani

Abstrak
Investasi menurut ahli ekonomi Indonesia adalah penanaman modal yang dilakukan oleh investor, baik investor asing maupun domestic dalam berbagai bidang usaha yang terbuka untuk investasi yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan.
Jepang merupakan investor utama di Indonesia. Jepang merupakan salah satu Negara yang mengalami pertumbuhan ekonomi secara pesat. Dalam pertengahan terakhir tahun 1960-an, Jepang yang sebelumnya mengalami devisit neraca pembayaran mengalami surplus yang terus menerus sejalan dengan pertumbuhan ekonomi yang cepat yang dipuisatkan dalam industri berat dan petrokimia. Melalui pertumbuhan dana-dana surplus, Jepang mulai menginvestasi dana-dana surplus di luar Jepang khususnya Indonesia. Investasi dana-dana surplus tersebut dimaksudkan untuk mendapat sumber-sumber alam guna mencukupi kebutuhan industri, serta mengambil keuntungan dari tenaga murah di Indonesia serta untuk memelihara pusat-pusat pasar yang luas di wilayah Indonesia, serta mencari tempat-tempat industri yang semakin sukar diperoleh di Jepang.

Pendahuluan
Investasi asing untuk saat ini memiliki peran yang sangat penting pada proses internasionalisasi bisnis. Hal ini dianggap dapat merefleksikan berbagai kepentingan yang tidak hanya untuk negara investor saja, namun juga bagi negara – negara tujuan investasi. Bagi beberapa negara yang tergolong dalam negara berkembang seperti Indonesia, keberadaan investasi asing sangat penting untuk perekonomian negara tersebut. mengingat keterbatasan sumber modal nasional yang masih belum cukup untuk memenuhi semua kebutuhan perekonomian yang semakin meningkat. Investasi dari negara – negara maju seperti negara Jepang membuat hubungan kerjasama Indonesia – Jepang yang sangat bergantung satu sama lainnya sudah berlangsung sejak dulu.
Hubungan kerjasama antara Indonesia dengan Jepang sudah terjalin sejak lama. Negara Jepang dikenal sebagai negara maju yang memiliki konstribusi tinggi bagi negara berkembang seperti Indonesia di bidang pembangunan ekonomi. Hubungan kerjasama Indonesia – Jepang masih terjalin baik sampai saat ini dan bisa dibilang Jepang mampu menjadi mitra baik dalam menjalankan investasinya dengan memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak. Hal ini terbukti dengan rencana penyelenggaraan 60 tahun “Hubungan Diplomatik Indonesia – Jepang” yang akan segera dilaksanakan pada tahun 2018.

Rumusan Masalah
1.        Apa saja investasi Jepang di Indonesia?
2.      Komitmen apa yang dibuat oleh negara Jepang dalam investasi di Indonesia?
3.      Bagaimana cara Jepang mempertahankan investasi di Indonesia?
4.      Faktor apa saja yang dapat mempengaruhi Jepang untuk berinvestasi di Indonesia?

Pembahasan
Investasi Jepang di Indonesia Mayoritas Sektor Infrastruktur
Mengutip data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat Jepang sebagai negara kedua terbesar investor di Indonesia. Sebagian besar investor Jepang menanamkan modalnya di sektor infrastruktur.
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Thomas Lembong menilai bahwa Jepang merupakan investor kedua terbesar dan banyak sekali investasi Jepang di sektor infrastruktur. “Seperti pembangkit listrik, MRT, Jakarta pun juga didanai oleh investasi dari Jepang.Jadi, memang dari perspektif investasi Jepang ini satu nasabah kita yang sangat penting,” ujar Kepala BKPM Thomas Lembong dalam rilis resmi.
Beberapa proyek infrastruktur di tahun 2016 seperti proyek ketenagalistrikan yang dimenangkan oleh konsorsium Jepang-Indonesia dan tol laut Surabaya-Sorong saat ini sudah berjalan. Di tahun 2017, investor Jepang juga mulai merambah untuk berinvestasi di bidang real estate dan properti.
“Sudah ada wacana untuk kereta api kecepatan medium dari Jakarta ke Surabaya, dan kelihatannya Jepang cukup tertarik. Selain itu ada pelabuhan Patimban di wilayah timur Jakarta, dekat dengan kluster otomotif. Semua perusahaan mobil motor Jepang ada di sana semua. Jadi, kalau ada pelabuhan raksasa di sana, akan membuat ekspor otomotif kita lebih efisien. Dan Pelabuhan Patimban itu juga didanai oleh investasi dari Jepang,” jelas Tom.

Komitmen Investasi Jepang
Jepang meneguhkan komitmen untuk melanjutkan investasi di indonesia karena masih banyak proyek infrastruktur yang berpeluang untuk digarap. Sepanjang 2010-2015, Jepang menanamkan investasi US 14,9 miliar. Komitmen Jepang berinvestasi di Indonesia ditunjukan Toyota Motor Corporation yang menanamkan Rp2,3 triliun untuk pembangunan pabrik mesin baru di Karawang, Jawa Barat. Dana itu merupakan bagian dari komitmen investasi Rp20 triliun hingga 2019. Tahun ini, nilai investasi Toyota Motor diperkirakan Rp5,4 triliun lebih tinggi dari tahun 2015 sebesar Rp5 triliun.
Senior Managing Officer Toyota Motor Corporation Koei Saga mengatakan komitmen pabrikan Jepang itu meningkatkan investasinya karena telah memposisikan indonesia sebagai basis produksi. Saat ini, Toyota Motor Corporation melalui PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia telah memiliki lima pabrik di Tanah Air, yakni dua pabrik di kawasan Sunter, Jakarta Utara, dan tiga pabrik di Karawang.

Cara Jepang Mempertahankan Investasi di Indonesia
Jepang adalah salah satu negara yang mampu mempertahankan investasinya di Indonesia. Dalam lima tahun terakhir, total investasi Jepang senilai 14,3 miliar dollar AS. Jumlah perusahaan Jepang di Indonesia saat ini juga sudah mencapai lebih dari 1.700 perusahaan, dengan kegiatan  utamanya di bidang infrastruktur, jasa dan manufaktur.
Ada hal penting yang mengemuka yakni spirit monozukuri. Seminar monozukuri sudah sebelas kali diselenggarakan sejak April 2012. Spirit ini berakar di dalam perusahaan manufaktur Jepang.
Monozukuri dalam Bahasa Jepang berasal dari kata mono berarti produk atau barang.  Lalu zukuri berarti proses pembuatan, penciptaan atau produksi (manufacturing).
Konsep ini mengandung makna yang jauh lebih luas dari arti harafiahnya yakni mengungkapkan kepemilikan spirit mencipta dan memproduksi produk-produk unggul serta kemampuan terus menyempurnakan proses dan sistim produksinya.
Monozukuri di Jepang berhasil menjadi penggerak ekonomi sektor riil dan sekaligus cikal bakal kemajuan teknologi. Konsep yang telah diterapkan oleh wirausaha Jepang sejak ratusan tahun lalu ini mengandung nada keunggulan (excellence), keahlian dan ketrampilan (skills), jiwa (spirit –roh pendorong atau penggerak), semangat (zest), dan kebanggaan (pride) dalam kemampuan menciptakan dan memproduksi barang dengan sangat baik.

Faktor yang Mempengaruhi Jepang berinvestasi di Indonesia
Indonesia merupakan Negara yang kaya akan Sumber daya Alam terutama bahan-bahan tambang yang sangat di butuhkan bagi perusahaan Jepang. Kekayaan sumber daya alam yang dimiliki Indonesia tidak di barengi dengan modal, teknologi, dan kemampuan pengelolaan dalam mengeksploitasi sumberdaya alam yang dimiliki. Melalui investasi asing pengelolaan sumber daya alam akan mendapatkan hasil yang lebih optimal.
Perkembangan Investasi Jepang di Indonesia juga disebabkan karena dukungan pemerintah dari kedua belah pihak. Dari pemerintah indonesia yang memberikan rangsangan kepada para Negara-negara kreditur untuk memberikan investasinya di Indonesia.

Kesimpulan
Jepang merupakan pasar ekspor ke-3 Indonesia, di sisi lain juga merupakan investor kedua terbesar di negeri kita, khususnya di sektor infrastruktur. Oleh karena itu kunjungan PM Jepang Shinzo Abe ke Indonesia penting bagi hubungan ekonomi kedua negara.

Daftar Pustaka
Anonim.2017.6 tahun terakhir investasi jepang di Indonesia.

Anonim.2015.Definisi dan pengertian investasi.Carainvestasi.com

A.S, Stefanus. 2015. Jepang Tak Akan Hengkang.

BaruEra.2017.Investasi Jepang di Indonesia Mayoritas Sektor Infrastruktur.

Kompas.2016.Cara Jepang Mempertahankan Investasi di Indonesia.

Rizky, Miftakhul.2013. INVESTASI ASING JEPANG DI INDONESIA MASA ORDE BARU TAHUN 1967-1974.Surabaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.