.

Selasa, 16 Mei 2017

Hubungan Mesra antara Jepang & Indonesia

@B07-Rahmat

Oleh : Rahmat Nur Mahendra

Abstrak

Artikel ini ditulis dengan tujuan memberikan informasi bahwa negara Indonesia sebagai tempat sasaran investasi bagi investor karena Indonesia memiliki kekayaan SDA dan SDM yang sangat melimpah. Dari sekian banyak investor asing yang ada di Indonesia,salah satunya yang paling banyak berinvestasi adalah negara Jepang.

Kata Kunci : Ekonomi,Investasi,Jepang,Indonesia

A. PENDAHULUAN

Negara Jepang merupakan negara yang termasuk negara maju seperti Amerika,Jerman dll. Karena kemajuannya dari segala bidang membuat Indonesia membangun kerja sama dengan negara ini agar Indonesia mampu mengelola SDA yang dimiliki & mengelola SDM yang ada untuk mampu bersaing.

B. PERMASALAHAN

1.      Bagaimana Investasi Jepang di Indonesia?
2.      Apa saja cara untuk menarik dan meningkatkan minat investor Jepang untuk lebih berinvestasi di Indonesia?

C. PEMBAHASAN

·         Investasi Jepang di Indonesia

Di tengah pertumbuhan ekonomi global yang belum membaik, investasi Jepang di Indonesia menunjukkan peningkatan signifikan. Hal tersebut membuat Jepang jadi mitra strategis Indonesia.

Nilai investasi Jepang di Indonesia termasuk yang terbesar.  BKPM  mencatat,   pada 2011  investasi Jepang berada di urutan kedua  (USD 1,5 miliar)  2012 di urutan kedua (USD 2,5 miliar), 2013 di urutan pertama (USD 4,7 miliar),  2014 di urutan kedua (USD 2,7 miliar), 2015 di urutan ketiga (USD 2,9 miliar), dan 2016 di urutan kedua (USD 5,4 miliar). Dalam enam tahun mencapai Rp262,9 triliun.(Setiawan A.,2017)

Jumlah perusahaan Jepang di Indonesia saat ini juga sudah mencapai lebih dari 1.750 perusahaan, dengan kegiatan  utamanya di bidang infrastruktur, jasa dan manufaktur. Investasi Jepang di Indonesia telah memberikan nilai tambah lebih tidak sekadar meningkatkan foreign direct investment dan penyerapan tenaga kerja

Jepang telah memberi kontribusi dalam peningkatan kualitas SDM,pengelolaan SDA dan alih teknologi. Investasi Jepang yang melibatkan sektor usaha kecil dan menengah, akan sangat membantu dalam percepatan alih teknologi dan pertumbuhan perekonomian nasional.(M.Ashari,2017)

·        Cara untuk menarik dan meningkatkan minat investor Jepang untuk lebih berinvestasi di Indonesia

Cara menarik minat Investor harus dipelajari oleh pemerintah dan pemilik usaha yang mengalami masalah dalam mencari modal yang cukup untuk usahanya. Dibandingkan dengan meminjam pada bank, menjaring investor bisa memberikan keuntungan lebih bagi bisnis dari segi jumlah modal yang cukup besar dan pengembalian investasi yang lebih fleksibel. Namun, mencari investor yang mau memberikan modal berjumlah besar memang tidak mudah. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus dicermati oleh pemilik usaha.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam Cara Memikat Investor yaitu:

1.      Membuat konsep usaha yang matang dan jelas.
Sebuah usaha tidak akan berjalan tanpa konsep yang matang. Investor akan mencari pengusaha yang bisa meyakinkan mereka dengan jelas bahwa usahanya telah terkonsep dengan baik dengan kemungkinan keberhasilan yang tinggi.

2.      Analisa dan perencanaan yang detail.
Hal ini dibutuhkan karena para investor membutuhkan bukti dari analisa yang telah dilakukan dan memerlukan keyakinan dari setiap langkah yang telah direncanakan.

3.      Kreativitas dan inovasi dalam membuat produk yang berbeda.
Hal ini  mampu menarik konsumen yang artinya keuntungan bagi usaha dan keuntungan bagi investor. Inovasi bisa dilakukan dengan berbagai cara. Jenis usaha dan produk tidak harus benar-benar baru, tetapi ada sesuatu yang berbeda yang bisa menarik perhatian.

4.      Terlihat meyakinkan dan percaya diri.
Bagaimana investor bisa yakin jika pengusaha yang membutuhkan modal tidak yakin pada usahanya sendiri. Oleh karena itu, pengusaha harus memiliki keyakinan diri yang kuat dan kepercayaan diri saat mempresentasikan usahanya.

5.      Perhitungan return on investment yang menarik.
Inti dari investasi adalah mencari keuntungan sehingga perhitungan return on investment harus bisa menunjukkan keuntungan yang menggiurkan yang bisa didapatkan oleh para investor sehingga mereka tertarik untuk menanamkan modalnya.(Anonim,2015)

D. KESIMPULAN

Adanya investasi yang masuk ke Indonesia baik secara langsung maupun tidak langsung meningkatkan pertumbuhan perekonomian nasional dan kesejahteraan masyarakat. Tetapi pemerintah ataupun pemilik usaha harus memiliki persiapan yang baik dan matang  untuk menawarkan investasi. Jadi, jangan sampai terburu-buru dalam mencari investor. Selain itu, pandai-pandailah mencari investor yang kredibel. Pastikan sumber dana yang didapatkan tidak bermasalah. Jangan sampai sumber dana tersebut terkait masalah korupsi atau pencucian uang.

DAFTAR PUSTAKA :

·         Anonim.2015.Cara memikat investor sehingga mau menanamkan modal. http://www.jasatulisartikel.com/blog/cara-memikat-investor-sehingga-mau-menanamkan-modal (Diakses 16 Mei 2017)
·         Adiwijaya,Setiawan.2017.Investasi Jepang di Indonesia Melonjak Dua Kali Lipat. https://m.tempo.co/read/news/2017/03/07/087853470/investasi-jepang-di-indonesia-melonjak-dua-kali-lipat (Diakses 16 Mei 2017)
·         Ashari,Muhammad.2017.Investasi Jepang di Indonesia Mencapai 4,498 Miliar. http://www.pikiran-rakyat.com/nasional/2017/01/15/investasi-jepang-di-indonesia-mencapai-4498-miliar-390682 (Diakses 16 Mei 2017)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.