.

Selasa, 23 Mei 2017

Investasi terbesar di indonesia dan akankah bertahan?



Secara Bahasa , Investasi adalah melakukan sesuatu di waktu saat ini, dengan harapan untuk mendapatkan manfaat yang lebih banyak dimasa yang akan datang .




Kata investasi ini bukanlah sesuatu yang asing. Semua orang mungkin pernah mendengar kata ini. Dominan orang merasa mengerti apa itu investasi. Tapi, cobalah anda bertanya kepada sepuluh orang tentang kata ini, maka anda akan terkejut dengan jawabab-jawaban mereka. Masing-masing orang akan memberikan jawaban dengan pemahaman yang beragam tentang kata yang bernama investasi ini.

investasi memiliki banyak jenis yang dikelompokkan menurut sektor nya, diantaranya :


Investasi disektor keuangan.

> Ini bisa berupa investasi saham , obligasi, deposito, mata uang asing, reksadana (produk kombinasi dari saham, obligasi dan deposito).

Investasi di sektor properti .

> Ini bisa berupa sebidang tanah kosong, rumah, ruko, kos-kosan, vila, apartemen, hotel. Kunci dari investasi di sektor ini adalah disamping harganya yang cendrung meningkat dari tahun ke tahun, juga bisa mendapatkan uang sewa.

Investasi dalam bisnis.

> Bisnis tidak selalu memerlukan modal yang besar.


Investasi logam mulia.

> Produk yang umum dibeli untuk investasi jenis ini adalah emas. Namun ada juga produk lain seperti intan, platinum.


Investasi dalam pendidikan.

> Ini adalah investasi untuk meningkatkan kemampuan akademis dan kemampuan praktis individu.


Investasi dalam jaringan.

> Ini adalah investasi dengan meningkatkan jumlah sahabat, teman, kenalan dan koresponden, yang keseluruhannya merupakan pangsa pasar bagi sesuatu produk yang hendak kita jual. Kita dapat melihat bagaimana bisnis yang menggunakan jenis investasi ini meningkat dengan cepat sejak internet mulai muncul. Membuat investasi ini meningkat pesat. Sekarang tentu semua orang sudah tidak asing dengan Multi Level Marketing (MLM).


Investasi dalam bentuk barang antik.

> Ini bisa berupa lukisan, uang kuno, kendaraan kuno, peralatan-peralatan kuno. Sejarah tentang benda-benda itulah yang memberinya nilai yang semakin tinggi.


Investasi dalam website.

> Ini adalah bentuk investasi yang jika sukses, melangit nya luar biasa. Facebook awalnya cuma dibuat untuk bisa saling sharing foto. Sekarang kita bisa tahu berapa kekayaan si pembuat Facebook.


menurut Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal BKPM, Azhar Lubis, menyampaikan Singapura merupakan investor terbesar di 2016 dengan nilai investasi US$ 9,2 miliar. Disusul Jepang di posisi ke-2 US$ 5,4 miliar, dan China di urutan ke-3 US$ 2,7 miliar. Di posisi 4 dan 5 diisi Hong Kong US$ 2,2 miliar, dan Belanda US$ 1,5 miliar. dengan jumlah proyek dari masing negara tersebut diantaranya adalah Singapura memiliki 5.874 proyek, Jepang 3.302 proyek, Tiongkok memiliki 1.734 proyek, Hong Kong RRT 1.137 proyek, dan Belanda 840 proyek. negara2 tersebut memiliki fokus sektornya masing-masing dan di peringkat teratas yaitu singapura , pada investasinya ia memfokuskan investasinya di bidang maritim , infrastruktur , dan juga manufaktur/industri. sisanya menjalar ke berbagai sektor. negara singapura menginvestasikan dananya untuk beberapa daerah di indonesia.

namun dengan besarnya investasi negara singapura di indonesia ia masih mengalami kendala-kendala diantaranya : 


dilansir dari ( katadata.co.id )
Pertama, masalah lahan. Swajaya mencontohkan, ada perusahaan dari Singapura yang berkomitmen investasi hingga US$ 400 juta. Namun, hal tersebut urung terlaksana hingga 3 tahun karena masalah lahan. "Ternyata (perubahan) tata ruangnya belum selesai."

Kedua, masalah pembiayaan dan kualitas produk ekspor asal Indonesia. Swajaya mengatakan, pengusaha Singapura masih kerap mempertanyakan konsistensi eksportir Indonesia, terutama dari sisi kemasan dan kualitas produk. "Belum lagi waktu pengiriman kita yang dianggap masih lemah," katanya.

Masalah ketiga adalah pasokan listrik yang dianggap belum mumpuni untuk mendukung operasional usahanya di Indonesia.


Keempat, persoalan pariwisata. Menurut Swajaya, banyak turis asal Singapura yang mempermasalahkan keamanan tempat wisata di Indonesia, seperti banyaknya aksi pencopetan.
"Lalu mereka (turis Singapura) masih mengeluhkan koneksi internet (yang lambat) dan makanan yang higienis,"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.