.

Minggu, 28 Mei 2017

Bursa Efek Indonesia Wadah Untuk Berinvestasi

ABSTRAK
Bursa Efek Indonesia Wadah Untuk Berinvestasi
Putri Ayu
Investasi merupakan suatu cara untuk menyelamatkan dana agar tidak terpakai secara sia-sia, investasi sendiri terdiri dari berbagai macam ialah investasi saham, emas,properti,ataupun reksadana. Dalam berinvestasi, kita pasti membutuhkan wadah untuk menyalurkannya salah satu contohnya ialah dalam berinvestasi saham. Dalam berinvestasi saham wadah untuk menyalurkan bisnis tersebut ialah ada di Bursa Efek, Bursa Efek ini merupakan pasar yang sudah terorganisasi jadi kita tidak perlu khawatir untuk memulai bisnis disini,karena di Bursa Efek ini terdapat program yang akan mengajarkan bagaimana menjadi investor-investor yang handal walaupun masih usia dini.

PENDAHULUAN
 Pada bulan Februari lalu Bursa Efek Indonesia mengadakan kompetisi yang berjudul ”yuk nabung saham” kompetisi ini merupakan salah satu cara dari pihak Bursa Efek untuk mengajak seluruh masyarakat Indonesia berinvestasi di pasar modal, tujuan dari diadakannya kompetisi ini ialah untuk melawan inflasi,menyelamatkan masa depan terutama bagi investor, dan dari berinvestasi ini kita dapat mewujudukan mimpi kita dimasa depan. Akan tetapi, yang menjadi pertanyaan mendasar, apasih BEI itu? Jika ditanya hal tersebut tidak semua orang tahu apa itu BEI. Nah,untuk mengetahui hal tersebut pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai Bursa Efek Indonesia.

PERMASALAHAN
·         Apa pengertian BEI?
·         Bagaimana sejarah terbentuk nya BEI?
·         Bagaimana struktur pasar modal Indonesia?
·         Apa saja program-program dari BEI?

PEMBAHASAN
A.      Apa pengertian BEI
Bursa efek indonesia adalah sebuah pasar yang teroganisasi dimana para palang melakukan transaksi jual beli saham/ surat berharga dengan berbagai perangkat aturan yang ditetapkan di Bursa Efek tersebut.
B.      Bagaimana sejarah terbentuknya BEI
Secara historis, pasar modal telah hadir jauh sebelum Indonesia merdeka, pasar modal ini didrikan sejak jaman kolonial Belanda dan tepatnya tahun 1912 di Batavia. Meskipun telah hadir sejak lama,perkembangan dan pertumbuhan pasar modal tidak berjalan seperti yang diharapkan, bahkan beberapa periode sempat mengalami kevakuman. Faktor utama penyebab kevakuman ini ialah adanya perang dunia I dan Perang dunia II.
Berikut beberapa ulasan sejarah terbentuknya BEI:
C.      Bagaimana struktur pasar modal Indonesia?
D.      Apa saja program-program BEI?
Program pendidikan
Program pendidikan yang dicanangkan oleh BEI adalah Sekolah Pasar Modal (SPM) dan Sekolah Pasar Modal Syariah ( SPMS) , program ini adalah program edukasi dan sosialisasi pasar modal yang diselenggarakan secara berkala oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). Seluruh masyarakat dapat menjadi peserta SPM dan SPMS
Galeri Investasi BEI
Galeri Investasi BEI adalah sarana untuk memperkenalkan pasar modal sejak dini kepada dunia akademisi. Galeri Investasi BEI berkonsep 3 in 1 yang merupakan kerjasama antara BEI,perguruan tinggi, dan perusahaan sekuritas yang diharapkan tidak hanya memperkenalkan pasar modal dari sisi teori saja akan tetapi juga prakteknya.
Kantor Perwakilan (KP) BEI
KP BEI didirikan dengan tujuan untuk melakukan pendekatan kepada calon pelaku pasar . kegiatan –kegiatan dari KP BEI itu sendiri ialah meliputi berbagai usaha untuk meningkatkan jumlah pemodal lokal dan perusahaan tercata dari daerah dimana KP PEI berada dan sekitarnya. Saat ini BEI telah mempunyai KP BEI yang tersebar dari sabang sampai merauke
Indonesian Capital Market Electronic Library (IcaMaEL)

PT Bursa Efek Indonesia, sebagai Self Regulatory Organization(SRO), bersama-sama PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia dan PT Kustordian Sentral Efek Indonesia memiliki komitmen untuk menyediakan informasi serta edukasi terkait pasar modal bagi masyrakat Indonesia. Sebagai salah satu wujud komitmen SRO tersebut, dan dukungan serta arahan Bapepam-LK, SRO mendirikan sebuah institusi baru (dalam bentuk perseroan terbatas) yaitu PT Indonesian Capital Market Electronic Library yang berfungsi untuk mengumpulkan dan menyediakan data atau informasi terbuka untuk umum terkait dengan pasar modal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.