.

Sabtu, 18 Maret 2017

Meningkatnya Permintaan Cabai di Indonesia

@B23-SITI

Oleh: Siti Sarah Rizkiya

ABSTRAK:
Cabai termasuk salah satu komoditas penting rakyat Indonesia. Biasanya paling banyak digunakan dalam bentuk segar maupun olahan untuk konsumsi rumah tangga,industri pengolahan makanan,dan industri makanan. Selain itu cabai merah dimanfaatkan untuk pembuatan obat-obatan dan kosmetik.
Cabai merah mempunyai luas areal penanaman paling besar diantara komoditas sayur-sayuran,sehingga permintaan terhadap komoditas ini cenderung besar. Oleh sebab itulah, pergerakan harga cabai sangat disoroti , apalagi seperti saat ini menjelang perayaan hari raya Idul Adha yang biasanya kenaikan permintaannya bisa tiga sampai empat kali lebih besar dibanding hari biasa. 

PENDAHULUAN:
Cabai  merupakan  komoditas  hortikultura  penting  di  Indonesia  yang  dikonsumsi oleh  sebagian  besar  penduduk  tanpa  memperhatikan  tingkat  sosial.  Cabai memiliki  pengaruh  besar  terhadap  dinamika  perokoniman  nasional  sehingga dimasukkan  dalam  jajaran  komoditas  penyumbang  inflasi  terbesar  yang  terjadi setiap  tahun.  Komoditas  ini  berprospek  cerah,  mempunyai  kemampuan menaikkan  taraf  pendapatan  petani,  nilai  ekonomisnya  tinggi,  merupakan  bahan baku  industri,  dibutuhkan  setiap  saat  sebagai  bumbu  masak,  berpeluang  ekspor, dapat  membuka  kesempatan  kerja,  dan  merupakan  sumber  vitamin  C

PERMASALAHAN:
   1.       Jenis-jenis cabai di Indonesia
   2.       Penyebab Permintaan Cabai Naik
3       3.       Penyebab Harga Cabai Meningkat
4       4.       Kondisi Cabai di Pasar Saat Ini

5       5.       Cara Mengatasi Kenaikan Harga Cabai

      PEMBAHASAN:
1      1.       Jenis-jenis Cabai di Indonesia
Di banyak propinsi atau kota-kota di Indonesia, maupun di luar negeri, biasanya punya sebutan sendiri-sendiri nama cabai yang umumnya tumbuh dan dikonsumsi. Namun demikian, setiap cabai biasanya memiliki nama ilmiah sebagai nama internasionalnya. Macam-macam cabai tersebut juga memberikan efek rasa dan pewarna alami untuk berbagai masakan. Mari kita lihat.
-          Cabai Rawit
-          Cabai Gendot
-          Cabai Merah
-          Cabai Hijau
-          Cabai Keriting
-          Cabai Jawa
1      2.       Penyebab Permintaan Cabai Naik
Berdasarkan  data  yang  diperoleh  dari  Badan  Ketahanan  Pangan  Provinsi Sumatera  Utara,  selama  periode  tahun  2010  sampai  dengan  tahun  2013  menunjukkan bahwa jumlah cabai merah yang diminta meningkat setiap tahunnya  seiring  dengan  meningkatnya  jumlah  penduduk  dan  pendapatan  di  Provinsi Sumatera Utara.
Peningkatan  kebutuhan/permintaan  akan  cabai  merah  tentunya  akan mengakibatkan  peningkatan  dari  sisi  produksi  sehingga  penawaran  terus meningkat.  Berdasarkan  data  yang  diperoleh  dari  Dinas  Pertanian  Provinsi Sumatera Utara menunjukkan bahwa jumlah cabai merah  yang ditawarkan setiap tahunnya  lebih  besar  daripada  jumlah  cabai  merah  yang  diminta.  Hal  tersebut menunjukkan bahwa Provinsi Sumatera Utara memiliki potensi yang cukup besar dalam memproduksi cabai merah sehingga dapat memenuhi kebutuhan akan cabai merah yang cenderung meningkat tiap tahunnya.  (Chairia.dkk, 2017)
1     3.       Penyebab Harga Cabai Naik
Ada beberapa penyebab kenaikan harga cabai di pasaran, antara lain:

1. Faktor Cuaca
Kenaikkan harga cabai disebabkan anomali musim, yang menyebabkan produktifitas cabai menurun. Karena tanaman cabai membutuhkan sinar matahari yang memadai, akibat cuaca yang sangat extrim dan tidak dapat di prediksi, akibatnya sangat berpengaruh kepada perkembangan pertanian, dan akibat itu para petani mengakibatkan gagal panen terus menerus dan para petani pun mengalami kerugian yang sangat besar. Sedangkan para petani membutuhkan pemasukan atau modal untuk menjaga tanaman mereka.

2. Penyerangan Hama / Penyakit
Cabai merupakan salah satu komoditas hortikultura yang memiliki sejarah serangan hama dan penyakit yang cukup banyak, salah satunya hama thrips, lalat buah, kutu daun, dan tungau. Serangan hama dan penyakit ini berpotensi menurunkan produksi cabai dan mampu menyebabkan gagal panen.

3. Spekulasi Tengkulak
Petani tak punya daya tawar sama sekali untuk menjual produknya. Selama ini, harga ditentukan tengkulak. Jika tak sepakat dengan harga, tengkulak pun tidak akan mengambil cabai dari petani.

4. Buruknya Pengelolaan Stok Pangan Nasional
Karena persedian yang sedikit yang tidak sebanding dengan permintaan yang tinggi harga cabai ditentukan oleh jumlah pasokan/suplai dan jumlah permintaan/kebutuhan. Pada saat pasokan kurang dari permintaan maka harga akan meningkat cepat, sebaliknya pada saat pasokan lebih besar dari permintaan maka harga akan turun harga cabai sangat elastis terhadap pasokan.

5. Lemahnya Regulasi Pengaturan Harga oleh Pemerintah
Petani mendesak pemerintah agar bergerak ikut mengendalikan harga cabai di tingkat petani. Sebab, selama ini harga dan nilai komoditas cabai sangat fluktuatif dan tak bisa diduga.
1    4.       Kondisi Cabai di Pasar Saat Ini
Menurut berita yang kami dapatkan dari detik.com (5/11), harga cabai di pasaran melambung hingga Rp 40.000/kg. Hal ini disebabkan karena adanya pergesaran titik keseimbangan harga yang diakibatkan oleh pergeseran supply dan demand cabai di pasar dimana terjadinyakenaikan tajam pada permintaan menjelang lebaran sementara kenyataan di lapangan jumlah ketersediaan cabai sangat terbatas. Kondisi ini sebenarnya sudah pasti terjadi di Indonesia apalagi menjelang hari raya Idul Adha, walaupun tidak sebesar kenaikan yang terjadi pada hari raya Idul Fitri.  
Jika dianalisis dari fenomena ini, maka keadaan cabai sedang berada pada kondisi shortage dimana jumlah permintaan lebih besar dari jumlah penawaran sehingga terjadilah keterbatasan supply cabai di pasaran. Inilah yang kemudian menyebabkan kenaikan harga. Namun walaupun sedemikian mahalnya harga cabai, penjual mengaku barang dagangannya yang sedikit itu tetap saja laku, sebagian besar pembeli memang mengurangi jatah pembeliannya akibat dari kenaikan harga tersebut. Inilah fenomena khusus tersendiri yang terjadi ketika mendekati perayaan hari raya umat Islam dimana permintaan yang cenderung besar dengan terbatasnya jumlah pasokan cabai di masyarakat menyebabkan melambungnya harga cabai.
Selain itu kondisi terbatasnya jumlah pasokan cabai juga diakibatkan oleh terganggunya produksi yang dialami oleh para petani yang diakibatkan oleh bergesernya perubahan cuaca yang mengganggu pola dan kuantitas produksi cabai. Seperti yang dilansir Kompas.com (8/11) bahwa biaya produksi cabai naik hingga 3x lipat.Kenaikan biaya produksi ini terjadi dikarenakan serangan hama yang bersamaan degan musim hujan. Jadi para petani harus menyediakan biaya ekstra untuk pembelian obat-obatan pengusir hama. Belum lagi cuaca yag buruk menyebabkan beberapa petani harus panen muda ataupun hasil panen yang jadi cepat membusuk.
1     5.       Cara Mengatasi Kenaikan Harga Cabai
-          Tanam Cabai Merah Sendiri
Beberapa dari kita akan berpikir tentang cara menanamnya karena tidak punya lahan. Jangan khawatir karena untuk menanam cabe, ada beberapa metode yang bisa digunakan, meskipun berada di lahan yang sempit atau tidak memiliki lahan, asalkan tetap memiliki sinar matahari yang cukup.
Jika kita tidak memiliki lahan untuk menanam, hal ini bisa dilakukan pada pot ataupun botol bekas. Kita cukup mencari media tanam dan menyemai benih cabe saja. Jika cabe sudah mulai tumbuh, kita tinggal merawatnya saja dengan pemberian pupuk serta air dan sinar matahari yang cukup sehingga cabe akan berbuah dengan sendirinya.
Campuran media yang digunakan untuk menanam cabe, antara lain pasir, tanah, dan sekam padi. Jika tidak mau repot, kita bisa membeli media tanamnya di toko pertanian ataupun toko yang menjual peralatan menanam. Jika masih tidak mau repot dengan media tanam tersebut, kita bisa menggunakan cara bertanam hidroponik. Media yang digunakan hanyalah air yang telah diberi pupuk AB mix saja. Tugas kita selama bertanam hanya memastikan bahwa tanaman terkena sinar matahari dan persentase pupuk yang diberikan telah sesuai saja.
Ada baiknya untuk menanam cabe dengan jangka waktu yang berbeda setiap tanaman. Dengan demikian, kita tidak akan pernah kehabisan persediaan cabe karena ketika satu tanaman telah selesai berbuah, tanaman yang lain sudah siap untuk berbuah.
-          Jangan Banyak Makan Cabai
Solusi lain agar tidak terkena imbas harga cabe merah yang selalu naik, yaitu jangan makan cabe merah dalam jumlah yang terlalu banyak. Apalagi, jika hal ini dilakukan saat bulan puasa, sangatlah tidak baik bagi kesehatan pencernaan.

KESIMPULAN:
Permintaan terhadap cabai merah terus meningkat dari tahun ke tahun. Permintaan pasar  domestik  maupun  pasar  internasional  terhadap  komoditas  hortikultura  di masa  mendatang  diperkirakan  tidak  hanya  bersumber  dari  peningkatan  jumlah penduduk  dan  tingkat  pendapatan  tetapi  juga  konsumsi  per  kapita.  Selain  itu, seiring  dengan  makin  tumbuh  dan  berkembangnya  perekonomian  nasional permintaan  dari  industri  pengolahan  maupun  industri  makanan  juga  semakin tinggi

DAFTAR PUSTAKA:
Maspary. 2014. Jenis-jenis Cabai di Indonesia. http://www.gerbangpertanian.com/2014/04/jenis-jenis-cabai-indonesia.html. (diakses tgl 18 Maret 2017)
Maulina, Andi Sarah. Komoditas Cabai di Indonesia. http://andisarahmimaulina.blogspot.co.id/2011/11/komoditas-cabai-di-indonesia.html. (diakses tgl 18 Maret 2017)
Mardianto, Bayu. 2016. Ini 5 Penyebab Naiknya Harga Cabai di Pasaran. http://media.iyaa.com/article/2016/03/ini-5-dampak-naiknya-harga-cabai-di-pasaran-3437128.html. (diakses tgl 18 Maret 2017)
Arifin, Zainal. 2015. 2 Tips Jitu Mengatasi Kenaikan Harga Cabe Merah. http://abiummi.com/2-tips-jitu-mengatasi-kenaikan-harga-cabe-merah/. (diakses tgl 18 Maret 2017)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.