@B22-Rekso
Pengertian Perilaku
KonsumenØ Perilaku konsumen adalah proses yang dilalui oleh
seseorang atau organisasi dalam mencari, membeli, memakai, mengevaluasi, dan
membuang produk ataupun jasa setelah dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhannya.
Pengertian Perlaku Konsumen
menurut para ahliØ Menurut Schiffman dan Kanuk [2000]: adalah proses yang
dilalui oleh seseorang dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, &
bertindak pasca konsumsi produk, jasa maupun ide yang diharapkan bisa memenuhi
kebutuhannya.Ø Lalu menurut, Schiffman & Kanuk: Merupakan studi
yang mengkaji bagaimana individu membuat keputusan membelanjakan sumber daya
yang tersedia & dimiliki (waktu, uang & usaha) untuk mendapatkan barang
atau jasa yang akan dikonsumsi.Ø Dan menurut, John C. Mowen & Michael Minor :
perilaku konsumen sebagai studi tentang unit pembelian (buying unit) &
proses pertukaran yang melibatkan perolehan, konsumsi berbagai produk, jasa
& pengalaman serta ide-ide.Pendekatan Perilaku Konsumen, diantaranya ada 2 (dua) macam,
yaitu:Ø Perilaku kardinal yaitu merupakan kepuasan individu atau
seorang konsumen diukur dengan satuan kepuasan. Setiap menambahan satu unit
barang yang dikonsumsi akan menambah kepuasan yang diperoleh konsumen tersebut
dalam jumlah tertentu. Semakin banyak atau semakin besar jumlah barang yang
dapat dikonsumsi maka semakin tinggi pula tingkat kepuasannya. Konsumen ini
akan berusaha untuk memaksimalkan kepuasannya pada tingkat pendapatan yang dia
dimiliki. Besarnya nilai kepuasan akan sangat bergantung pada konsumen yang
bersangkutan. Konsumen ini dapat mencapai mencapai kepuasan yang maksimum jika
dalam membelanjakan pendapatannya mencapai kepuasan yang sama pada berbagai
barang.Ø Perilaku ordinal yaitu, dalam pendekatan ini daya
guna suatu produk atau jasa tidak perlu diukur, cukup untuk diketahui
saja dan konsumen mampu membuat urutan tinggi – rendahnya daya guna yang
diperoleh dari mengkonsumsi sekelompok produk atau jasa. Proses pembentukan perilaku konsumenPerilaku konsumen dilakukan berdasarkan suatu proses sebelum dan
sesudah seorang konsumen melakukan proses pembelian suatu barang maupun jasa.
Berikut beberapa tahapan pengambilan keputusan seorang konsumen :Ø Pengenalan Masalah.Biasanya seorang konsumen melakukan pembelian
atas dasar kebutuhan atau untuk menyelesaikan keperluan, masalah dan
kepentingan yang dihadapi. Jika tidak ada pengenalan masalah terlebih dahulu,
maka konsumen juga tidak akan tahu produk mana yang harus dibeli. Ø Pencarian Informasi.Setelah mengetahui permasalahan yang dialami,
maka pada saat itu seorang konsumen akan aktif mencari tahu tentang bagaimana
cara penyelesaian masalahnya tersebut. Dalam mencari sumber atau informasi,
seseorang dapat melakukannya dari diri sendiri (internal) maupun dari orang
lain (eksternal) seperti masukan, sharing pengalaman, dan lain
sebagainya. Ø Mengevaluasi Alternatif.Setelah konsumen mendapatkan berbagai macam informasi yang
dibutuhkan dalam pengambilan keputusan, maka hal selanjutnya yang dilakukan
oleh konsumen tersebut adalah mengevaluasi segala alternatif keputusan maupun
informasi yang diperoleh. Hal itu lah yang menjadi landasan dalam
mengatasi permasalahan yang dihadapi.PEMBENTUKAN
& PERUBAHAN SIKAP KONSUMEN1. SIKAPSikap adalah kecenderungan yang dipelajari dalam berperilaku
dengan cara yang menyenangkan atau tidak menyenangkan terhadap suatu objek
tertentu.Mempengaruhi
dalam Melakukan Usaha KonsumsiHambatan
PRIBADI POTENSIAL·
"Saya
bertanya-tanya apakah kuku saya akan lebih panjang pada saat pernikahan
saya."
·
“Saya
ingin mencoba menghilangkan berat badan 15 pound pada musim panas
mendatang."
·
“Saya
akan mencoba mendapatkan tiket pertunjukan Broadway untuk ulang tahun
Kamu."
·
“Saya
akan mencoba berhenti merokok di ulang tahun saya."
PERILAKU KONSUMEN DEFINISI PERILAKU KONSUMENPerilaku konsumen adalah proses yang dilalui oleh seseorang/
organisasi dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan membuang
produk atau jasa setelah dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhannya. Perilaku
konsumen akan diperlihatkan dalam beberapa tahap yaitu tahap sebelum pembelian,
pembelian, dan setelah pembelian.Riset PemasaranStudi tentang perilaku konsumen juga tidak
terlepas pada masalah riset pemasaran. Riset pemasaran adalah salah satu
perangkat dalam Sistem Informasi Manajemen (SIM), yang melakukan pengumpulan
informasi tentang sikap, motivasi, keinginan, dan hal-hal lainnya tentang
konsumen. Dapat di lihat dari pengertiannya sebagai berikut :·
MotivasiMotivasi sebagai tenaga dorong dalam diri
individu yang memaksa mereka untuk bertindak, yang timbul sebagai akibat
kebutuhan yang tidak terpenuhi. Motivasi muncul karena adanya kebutuhan yang
dirasakan. Kebutuhan sendiri muncul karena konsumen merasakan ketidaknyamanan
(state of tension) antara yang seharusnya dirasakan dan yang sesungguhnya
dirasakan.Untuk memahami kebutuhan manusia, Teori Maslow
dan McClelland menggambarkan bahwa manusia memiliki kebutuhan-kebutuhan yang
berbeda sehingga hal ini dapat digunakan pemasar untuk mendorong konsumsi suatu
produk dan atau jasa.·
PersepsiPersepsi didefinisikan sebagai proses yang
dilakukan individu untuk memilih, mengatur, dan menafsirkan stimuli ke dalam
gambar yang berarti dan masuk akal mengenai dunia, yaitu proses “bagaimana kita
melihat dunia di sekeliling kita”. Stimuli ini diterima oleh alat pancaindra
manusia. Stimuli mana yang akan diproses tergantung dari apakah stimuli dapat
masuk ke dalam proses untuk menginterpretasikannya. Untuk dapat masuk ke dalam
proses interpretasi suatu stimuli harus mampu mengekspos manusia (mendapat
perhatian) melalui indra penerimaan, artinya harus diperhatikan ambang
penerimaan stimuli manusia. Setelah stimuli diterima maka proses interpretasi
dapat dilakukan yang terkait dengan faktor individu·
SikapTerdapat beberapa pengertian sikap yang
disampaikan oleh para ahli. Intinya sikap adalah perasaan dari konsumen
(positif dan negatif) dari suatu objek setelah dia mengevaluasi objek tersebut.
Semakin banyak objek yang dievaluasi akan semakin banyak sikap yang terbentuk.Sikap memiliki beberapa fungsi, yaitu fungsi penyesuaian, ego
defensive, ekspresi nilai, dan pengetahuan. Untuk lebih memahami sikap perlu
dipahami beberapa karakteristik sikap, diantaranya memiliki objek, konsisten,
intensitas dan dapat dipelajari.Pengertian Perilaku KonsumenPerilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang
berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta
pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan.Jenis Perilaku Konsumen· Berikut ini beberapa
ciri-ciri dari Perilaku Konsumen yang bersifat Rasional:1. Konsumen
memilih barang berdasarkan kebutuhan2. Barang yang
dipilih konsumen memberikan kegunaan optimal bagi konsumen3. Konsumen
memilih barang yang mutunya terjamin4. Konsumen memilih barang yang
harganya sesuai dengan kemampuan konsumen.Cara Mengenali Perilaku Konsumen1. Pendekatan Interpretif.Pendekatan ini adalah pendekatan yang membahas secara mendalam
hal-hal mendasar mengenai perilaku konsumen. Dalam pendekatan ini menggunakan
teknik observasi langsung yaitu menggunakan teknik wawancara yang dilakukan
secara mendalam dan menyeluruh.Sikap, Motivasi,
dan Konsep diri1.
Komponen sikapAda tiga komponen yang secara bersama-sama membentuk sikap
yang utuh (total attitude) yaitu:a. Kognitif (cognitive).Berisi kepercayaan seseorang mengenai apa yang berlaku atau
apa yang benar bagi obyek sikap. Sekali kepercayaan itu telah terbentuk maka ia
akan menjadi dasar seseorang mengenai apa yang dapat diharapkan dari obyek
tertentu.b. Afektif (affective)Menyangkut masalah emosional subyektif seseorang terhadap
suatu obyek sikap. Secara umum komponen ini disamakan dengan perasaan yang
dimiliki obyek tertentu.c. Konatif (conative) Komponen
konatif atau komponen perilaku dalam struktur sikap menunjukkan bagaimana
perilaku atau kecenderungan berperilaku dengan yang ada dalam diri seseorang
berkaitan dengan obyek sikap yang dihadapi.
DAFTAR PUSTAKA
Wijayanti FARINA. 2015. Perilaku Konsumen. http://farinawijayanti.blogspot.co.id/2015/11/perilaku-konsumen.html
Putra Syah Muhammad. 2013. Pembentukan Perubahan dan Sikap Konsumen. http://putra-nter.blogspot.co.id/2013/12/pembentukan-perubahan-sikap-konsumen_20.html
Sisca. 2011. Teori Perilaku Konsumen. http://merdifransisca.blogspot.co.id/2011/10/teori-perilaku-konsumen.html
Dot Putri. 2016. Pengertian Perilaku Konsumen. http://pitriarum.blogspot.co.id/2016/10/perilaku-konsumen.html
Renita. 2013. Sikap Motivasi Dan Konsep Diri. http://rerenita-renita.blogspot.co.id/2013/11/perilaku-konsumen.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.