.

Senin, 13 Maret 2017

Terbentuknya Harga Keseimbangan

@A23-Eva

Oleh : Eva Nindita

Abstrak :
Harga Keseimbangan (Harga Pasar) merupakan harga yang terjadi sebagai akibat interaksi permintaan dan penawaran terjadi di pasar, maka harga keseimbangan disebut harga pasar.
Kecenderungan pembeli ialah menginginkan harga murah dengan kualitasbarang yang bagus, sedangkan penjual mempunyai kecenderungan untuk mendapatkan keuntungan banyak. Kecenderungan berlawanan ini tidak akan menghasilkan transaksi jika tidak ada kesepakatan harga.
Kesepakatan harga pasar terbentuk melalui tawar menawar antara pembelidan penjual. Hasil tawar menawar antara pembeli dengan penjual dinamakanharga pasar, dalam ilmu ekonomi disebut harga keseimbangan atau equilibrium.

Proses terbentuknya harga keseimbangan
Proses terbentuknya harga keseimbangan berawal dari adanya interaksi antara pembeli (permintaan) dan penjual (penawaran) yang dilakukan secara wajar. Interaksi antara permintaan dan penawaran sangat dipengaruhi oleh hukum permintaan dan penawaran karena hal berikut :
·         Hukum permintaan menyatakan bahwa permintaan cenderung akan bertambah apabila harga berangsur turun
·         Hukum penawaran menyatakan bahwa penawaran cenderung akan bertambah jika harga berangsur naik.

Di pasar persaingan sempurna pembentukan harga sepenuhnya tergantung pada kekuatan permintaan dan penawaran. Permintaan dan penawaran di pasar langsung dapat mempengaruhi pembentukan harga. Setiap perubahan harga dapat mengubah permintaan dan penawaran.
Diagram berikut ini melukiskan pergeseran kurva permintaan.

Kita anggap harga keseimbangan mula-mula pada titik E, yang merupakan titik pertemuan antara harga OP dan permin-taan/penawaran sebesar OQ bila penawaran tetap. Sedangkan permintaan naik sebesar OQ1, dengan bergesernya kurva per-mintaan dari D menjadi D1, maka titik keseimbangan adalah El dengan tingkat harga naik sebesar O P1.
Pada pihak lain bila permintaan turun sebesar OQ2, permintaan bergeser ke DD2, maka pada titik keseimbangan E2, tingkat harga turun menjadi OP 2  - Purnamasari, N (2016)

Apabila permintaan tetap, maka berlaku hal berikut.
1.                  Kenaikan penawaran menyebabkan penurunan harga dan kenaikan jumlah keseimbangan, kurva penawaran bergeser ke kanan.
2.                  Penurunan penawaran menyebabkan kenaikan harga dan penurunan jumlah keseimbangan, kurva penawaran bergeser ke kiri.

Diagram berikut ini melukiskan pergeseran kurva penawaran.

Menurut Purnamasari, N (2016), Pada kenaikan penawaran dari OQ menjadi OQ1, kurva S bergeser ke Sl, terlihat titik keseimbangan E ikut berubah menjadi El, karena harga dari OP turun menjadi OP1. Sebaliknya dengan berkurangnya penawaran dari OQ ke OQ2, harga akan naik menjadi OP2 dan titik keseimbangan terjadi pada E2.

Pergeseran kurva permintaan dan kurva penawaran mengakibatkan perubahan posisi equilibrium, seperti tampak pada diagram di atas. Perubahan posisi equilibrium (keseimbangan) dapat juga disebabkan oleh perubahan permintaan dan penawaran sekaligus.

Faktor – faktor yang mempengaruhi harga pasar :
1.       Permintaan terhadap barang atau jasa bertambah, sedangkan jumlah barang atau jasa terbatas.
2.       Tinggi rendahnya biaya produksi.
3.       Pandangan masa depan dari produsen atau konsumen.
4.       Produsen mengetahui selera konsumen.
5.       Penawaran terhadap barang atau jasa bertambah, sedangkan daya beli knsumen tetap atau berkurang.

Peranan harga pasar dalam perekonomian :
1.       Menunjukan perubahan kebutuhan masyarakat
2.       Membantu menentukan penawaran
3.       Menggerakan pengusaha untuk berkreasi terhadap perubahan permintaan

Fungsi harga pasar adalah sebagai berikut :
1.       Menetukan jenis barang yang akan diproduksi
2.       Menentukan pembagian hasil produksi diantara para konsumen

3.       Menentukan teknologi yang akan digunakan dalam proses produksi.

Kesimpulannya
Hukum permintaan menyatakan bahwa permintaan cenderung akan bertambah apabila harga berangsur turun.
Hukum penawaran menyatakan bahwa penawaran cenderung akanbertambah jika harga berangsur naik

Daftar Pustaka :
Andre. 2012. Harga keseimbangan dan elastisitas. Diakses pada 13 maret 2017 http://xcacingpanasx.blogspot.co.id/2012/11/harga-keseimbangan-dan-elastisitas.html

Buku PENGANTAR ILMU EKONOMI, Rahardja, P dan Manurung, M Edisi ketiga.

Nuraisyah purnamasari. 2016. Penjelasan tentang perubahan harga keseimbangan. Diakses pada 13 maret 2017 Https://jagadedukasi.blogspot.co.id/2016/05/penjelasan-tentang-perubahan-harga.html

Nuraisyah purnamasari .  2016. Pengertian dan proses terbentuknya harga keseimbangan. Diakses pada 13 maret 2017 https://jagadedukasi.blogspot.co.id/2016/05/pengertian-dan-proses-terbentuknya.html

DODIK RIDHO NURROCHMAT dan TATANG TIRYANA (2000) “ANALISA KESEIMBANGAN PASAR DAN REPOSISI STRATEGI PEMASARAN KAYU LAPIS” Vol. 6 No. 2 diambil dari : http://download.portalgaruda.org/article.php?article=84410&val=195&title=Analisa%20Keseimbangan%20Pasar%20dan%20Reposisi%20Strategi%20Pemasaran%20Kayu%20Lapis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.