.

Senin, 06 Maret 2017

Apakah itu Ilmu Ekonomi?



@B25-Fakhrizal

Pengertian ilmu ekonomi dan definisi lainnya

Pengertian ilmu ekonomi adalah bidang yang mempelajari tentang perilaku seseorang dan masyarakat tentang bagaimana memilih untuk menggunakan
sumber-sumber terbatas dengan atau tanpa uang menggunakan alternatif terbaik untuk menghasilkan barang dan jasa sebagai pemenuhan kebutuhan manusia yang umumnya tidak terbatas. Barang dan jasa yang dihasilkan lalu disalurkan untuk kebutuhan konsumsi di masa kini dan masa yang akan dating kepada berbagai individu atau sekelompok masyarakat. Sedang menurut istilah yakni manajemen rumah tangga atau aturan rumah tangga. Pengertian Ekonomi yaitu satu diantara bagian pengetahuan sosial yang mengulas serta pelajari mengenai aktivitas manusia terkait segera dengan distribusi, mengkonsumsi serta produksi pada barang serta layanan.  
Pembagian Ilmu Ekonomi

1.Ekonomi sejarah:
 ilmu ekonomi yang bertugas memberikan gambaran serta pembahasan tentang systemperekonomian di berbagai negara dan perkembangan teori ekonomi dari jaman ke jaman.

2.Ekonomi statistik:
Ilmu ekonomi bertugas mengumpulkan data tentang peristiwa ekonomi dan memberikan gambaran tentang keadaan ekonomi yang akan datang

3. Ekonomi Deskriftif
Ekonomi deskriftif menggambarkan keadaan ekonomi dalam bentuk angka-angka. Caranya adalah dengan mencatat atau mendafatarkan peristiwa-peristiwa ekonomi sehingga keadaan ekonomi itu tertulis dalam bentuk angka-angka. Melalui analisis terhadap hubungan dan perbandingan tadi, dapatlah diramalkan keadaan yang mungkinterjadi di masa dating.

4. Ekonomi Terapan
Ekonomi terapan merupakan penggunaan teori ekonomi pada masalah-masalah ekonomi tertentu. Dalam ekonomi terapan kita dapat melihat manfaat langsung teori ekonomi itu dalam kehidupan sehari-hari.

5. Ekonomi Teori
Ekonomi teori merupakan kumpulan teori-teori di bidang ekonomi yang dapat digunakan sebagai acuan dalam melaksanakan kebijakan ekonomi untuk kepentingan masyarakat. Ekonomi teori merupakan kerangka konsep. Kerangka seperti ini berasal dari data-data konkret yang disusun, diolah, serta diuji coba sehingga akhirnya membentuk asumsi yang bersifat umum.

Pengertian ilmu ekonomi sendiri memiliki ruang lingkup mikro dan makro sehingga mudah untuk dipelajari karena keduanya memberikan batasan dan asumsi yang jelas.
Pengertian ilmu ekonomi
Ekonomi mikro
Merupakan cabang ilmu ekonomi yang terfokus bagaimana cara mempelajari bagian-bagian terkecil dari keseluruhan kegiatan perekonomian, dimana bagian terkecil disini adalah perseorangan. Analisis dalam teori ekonomi mikro antara lain meliputi perilaku antara produsen dan konsumen (pembeli) secara individu dalam pasar.
Sikap dan perilaku konsumen terlihat dalam bagaimana cara mereka memakai pendapatan yang diperolehnya sedangkan sikap dan perilaku produsen dapat terlihat dalam bagaimana cara mereka menawarkan barangnya. Maka pengertian ilmu ekonomi mikro adalah tentang bagaimana menentukan harga, sehingga ekonomi mikro sering dinamakan dengan teori harga (price theory)
Tujuan dan sasaran analisa ekonomi mikro lebih bertumpu pada bagaimana membuat pilihan untuk untuk mewujudkan efisiensi dalam penggunaan sumber daya dan bagaimana cara mencapai kepuasan maksimum.
Ekonomi makro
Merupakan cabang ilmu ekonomi yang secara spesifik mempelajari mekanisme kerja perekonomian sebagai suatu keseluruhan yang terkait dengan penggunaan faktor produksi yang tersedia secara maksimal agar kemakmuran masyarakat dapat berada di tingkatan tertinggi.
Jika masalahnya berhubungan dengan produsen, maka produsenlah yang dianalisis secara keseluruhan demikian juga halnya apabila masalahnya berhubungan dengan konsumen maka yang dianalisis adalah seluruh konsumen dalam menggunakan pendapatannya untuk membeli barang atau jasa yang dihasilkan oleh perekonomian. Begitu pula dengan variabel permintaan, penawaran, perusahaan, harga serta sebagainya.
Pada intinya, permasalahan ekonomi yang senantiasa dihadapi oleh manusia sebagai makhluk sosial serta makhluk ekonomi yaitu jumlah keperluan manusia tak terbatas sedang jumlah alat pemuas keperluan manusia terbatas. Ada banyak aspek yang memengaruhi jumlah keperluan seorang tidak sama dengan jumlah keperluan orang lain, yakni diantaranya :
·         Aspek fisik
·         Aspek moral
·         Aspek pendidikan
·         Aspek ekonomi
·         Aspek sosial budaya
Asal kata Ekonomi
Istilah ekonomi sebelumnya berasal dari 2 kata bahasa Yunani yaitu :

οἶκος (oikos) --> artinya RUMAH
νόμος (nomos) --> artinya ATURAN, TATANAN, PERATURAN, HUKUM

Jika digabungkan οἰκονόμος (oikos nomos)? artinya pengelolaan / manajemen rumah tangga. Sistem pengelolaan seperti halnya sistem administrasi. Istilah ini pertama kalinya muncul pada sebuah catatan di sebuah tempat peribadatan Kristen tahun 1440, oleh karenanya istilah ekonomi baru dipakai oleh bangsa-bangsa pada abad 19-20 ini.

Pada perkembangannya ilmu ekonomi ini mencakup beberapa ilmu sosial yang lain seperti sejarah, geografi, sosiologi maupun antropologi yang kesemuanya saling berkaitan dan saling menimbulkan sebab akibat.

Mengikuti perkembangan zaman lagi sesuai dengan penerapan bidang-bidang baru, ilmu ekonomi juga berkembang dalam cakupan ilmu keuangan, ilmu administrasi, ilmu perdagangan, ilmu bisnis, ilmu produksi, ilmu distribusi, ilmu manajemen, ilmu teknik, sains terapan dan lain-lain.

Dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia mengelompokkan ekonomi ke dalam 5 sektor ekonomikebutuhan, yaitu :



·                     Sektor Primer
·                     Sektor Sekunder, dan
·                     Sektor Tersier
·                     Sektor Quartener
·                     Sektor Quiner

Motif Ekonomi
·         Motif Ekonomi adalah keinginan atau alasan yang mendorong manusia untuk melakukan tindakan ekonomi baik dari dalam diri manusia maupun dari luar/lingkungan.
·         Motif ekonomi dibagi 2 yaitu motif ekonomi individu dan motif ekonomi perusahaan.
·         Motif ekonomi individu antara lain :
·         motif memenuhi kebutuhan
·         motif mencari kekuasaan ekonomi
·         motif mencari penghargaan
·         motif sosial
·         Sedangkan motif ekonomi perusahaan antara lain :
·         motif mencari laba
·         motif menghasilkan produk tertentu dengan biaya seminimal mungkin
·         motif menjaga kontinuitas perusahaan

Politik Ekonomi 

   Politik ekonomi adalah keseluruhan kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah untuk    
   memperbaiki   kondisi perekonomian yang sedang memburuk. contoh politik ekonomial: 
   politik moneter

Daftar pustaka:
Lim,jay. Definisi, pengertian, pembagian ekonomi. 2016, http://9wiki.net/pengertian-ilmu-ekonomi/ diakses( 03-05-2016)
Lahiya. Aspek. 2016. http://www.lahiya.com/pengertian-ekonomi-dan-ilmu-ekonomi/ diakses(04-09-2016)
Adam,dani.Kebutuhan ekonomi. 2016. http://www.ekoonomi.com/2016/07/pengertian-ekonomi.html diakses(18-07-2016)
Sitomorang,Romada.tindakan dan ilmu ekonomi. 2013. http://mamatumorang.blogspot.co.id/2013/09/ilmu-ekonomi.html diakses(13-09-2013)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.