.

Kamis, 08 Juni 2017

perhitungan inflasi

@A04-Anifia

oleh : Anifia Adriati
41616010004


                Ada beberapa indicator ekonomi makro yang digunakan untuk mengetahui laju inflasi selama satu periode tertentu. Tiga diantaranya akan dibahas dalam uraian berikut ini :

 

1)      Indeks Harga Konsumen (IHK)

IHK adalah angka indeks yang menunjukkan tingkat harga barang dan jasa yang harus dibeli konsumen dalam satu periode tertentu. Angka IHK diperoleh dengan menghitung harga-harga barang dan jasa utama yang dikonsumsi masyarakat dalam satu periode tertentu. Masing-masing harga barang diberi bobot berdasarkan tingkat keutamaannya. Barang dan jasa yang dianggap paling penting diberi bobot yang palng besar.

Di Indonesia, perhitungan IHK dilakukan dengan mempertimbangkan sekitar beberapa ratus komoditas pokok. Untuk lebih mencerminkan keadaan yang sebenarnya, perhitungan IHK dilakukan dengan melihat perkembagan regional, yaitu dengan mempertimbangkan tingkat inflasi kota-kota besar terutama ibukota provinsi-provinsi di Indonesia.

Rumus :

 


 

2)      Indeks Harga Perdagangan Besar (IHPB)

Jika IHK melihat inflasi dari sisi konsumen, maka IHPB melihat inflasi dari sisi produsen. Oleh karena itu IHPB sering juga disebut sebagai indeks harga produsen. IHPB menunjukkan tingkat harga yang diterima produsen pada berbagai tingkat produksi.

Rumus :


 

3)      Indeks Harga Implisit (GDP Deflator)

IHK dan IHPB memberikan gambaran laju inflasi yang sangat terbatas. Sebab, dilihat dari metode perhitungannya, kedua indicator tersebut hanya melingkupi beberapa puluh atau mungkin ratus jenis barang dan jasa, di beberapa puluh kota saja. Padahal dalam kenyataan, jenis barang dan jasa yang diproduksi dapat mencapai ribuan, puluhan ribu bahkan mungkin ratusan ribu jenis. Kegiatan ekonomi juga terjadi tidak hanya di beberapa kota saja, melainkan di seluruh wilayah. Untuk mendapatkan gambaran inflasi yang paling mewakili keadaan sebenarnya, ekonom menggunakan indeks harga implisit deflator (GDP deflator, disingkat IHI.

Rumus :


 

 

Daftar Pustaka :

Anonym.2017. cara menghitung laju inflasi umum yang sering digunakan. http://dosenekonomi.com/ilmu-ekonomi/cara-menghitung-laju-inflasi

Makruf, sandy. 2017. 3 cara menghitung inflasi dengan indeks harga konsumen dan laju inflasi. http://www.akuntansilengkap.com/ekonomi/3-tiga-cara-menghitung-inflasi-dengan-indeks-harga-konsumen-dan-laju-inflasi/


Manurung,mandala.2008.pengantarilmuekonomi.jakarta:lembagapenerbitanfakultasekonomiuniversitasindonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.