.

Senin, 06 Maret 2017

Sudahkah Anda Menerapkan Ilmu Ekonomi?

 Oleh ; DIMAS ABIMANYU                      

Abstrak

            Ilmu Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku individu dan masyarakat membuat pilihan (dengan atau tanpa uang) menggunakan sumber-sumber yang terbatas, dengan cara atau alternatif terbaik untuk menghasilkan barang dan jasa. Ilmu ekonomi ini terbagi menjadi 4 yang terdiri dari ekonomi teori, ekonomi terapan, ekonometrika, dan ekonomi deskriptif. Di era global saat ini masyarakat perlu menerapkan ilmu ekonomi tersebut. Apalagi sekarang masyarakat Indonesia menghadapi era MEA yang mau tidak mau persaingan ekonomi akan sangat ketat. Ilmu ekonomi ini bisa diterapkan di berbagai bidang, dan tidak bisa dipungkiri jika suatu negara yang setiap masyarakatnya menerapkan ilmu ekonomi akan membawa negara tersebut menjadi negara yang maju dan dapat bertahan di era persaingan ekonomi yang ketat seperti ini.

Kata Kunci : Ilmu eknomi, ekonomi mikro, ekonomi makro.

A.    Pengertian Ilmu Ekonomi.
            Kata "ekonomi" sendiri berasal dari kata Yunani οἶκος (oikos) yang berarti "keluarga, rumah tangga" dan νόμος (nomos), atau "peraturan, aturan, hukum," dan secara garis besar diartikan sebagai "aturan rumah tangga" atau "manajemen rumah tangga." Sementara yang dimaksud dengan ahli ekonomi atau ekonom adalah orang menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja.
Sedangakan Ilmu Ekonomi sendiri adalah ilmu yang mempelajari perilaku individu dan masyarakat membuat pilihan (dengan atau tanpa uang) menggunakan sumber-sumber yang terbatas, dengan cara atau alternatif terbaik untuk menghasilkan barang dan jasa.  Inti masalah ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas. Permasalahan tersebut kemudian menyebabkan timbulnya kelangkaan. Ilmu ekonomi terbagi menjadi 4 cabang yaitu ;
1.      Ekonomi Teori.
Ekonomi teori atau Economic Theory adalah ilmu ekonomi yang berperan dalam menerangkan hubungan peristiwa-peristiwa ekonomi dan kemudian merumuskan hubungan-hubungan tersebut ke dalam suatu hukum ekonomi atau teori ekonomi. Di dalam ekonomi teori inilah, masih terdapat dua bagian cabang lain yakni ekonomi makro dan ekonomi mikro.
2.      Ekonomi terapan.
ekonomi terapan dapat dikatakan bersifat mempraktikkan atau menerapkan ekonomi teori untuk digunakan dalam pemecahan masalah ekonomi. Karena bersifat penerapan, maka muncul pula cabang-cabang ekonomi terapan.Cabang-cabang ekonomi terapan ini misalnya: ekonomi koperasi, ekonomi pembangunan, ekonomi moneter, ekonomi internasional.
3.      Ekonomi deskriptif.
Ekonomi deskriptif atau Descriptive Economic merupakan cabang ilmu ekonomi yang menggambarkan keadaan perekonomian yang sebenarnya terjadi di masyarakat. Misalnya kondisi yang menggambarkan keadaan perekonomian petani bawang merah di Tawangmangu Jawa Tengah
4.      Ekonometrika.
Ekonometrika atau Econometrics yakni ilmu ekonomi yang menjelaskan mengenai gejala-gejala ekonomi yang terjadi dengan menggunakan metode matematis dan statistik. Ekonometrika merupakan penggabungan antara ilmu ekonomi, matematika dan statiska.
B.     Pengertian Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro

1.      Ekonomi Mikro.
ekonomi mikro adalah cabang ilmu ekonomi yang membhasa tentang ekonomi dalam ruang lingkup kecil, misalnya perusahaan, rumah tangga, dan lainnya. Teori ekonomi mikro adalah teori yang mempelajari perilaku dari konsumen dan perusahaan serta menentukan harga-harga pasar dan kuantitas dari beberapa factor. Ada tiga aspek penting dalam ekonomi mikro diantaranya adalah interaksi dengan pasar, tingkah laku penjual dan pembeli, interaksi di pasar factor produksi.
2.      Ekonomi Makro.
Ekonomi makro merupakan kegiatan perekonomian yang mempelajari secara keseluruhan,  artinya dalam cabang ilmu ekonomi makro menjelaskan perubahan ekonomi yang memengaruhi banyak masyarakat, perusahaan, dan pasar. perkembangan Ekonomi Makro berkaitan dengan masalah ekonomi publik (negara). Aspek analisis dalam Ekonomi Mikro adalah sebagai berikut..

·         Pendapatan nasional
·         Investasi
·         Kesempatan kerja
·         Inflasi 
·         Neraca pembayaran
Menurut Gregory Mankew dalam buku “Pengantar Ekonomi”, teori ekonomi makro dan ekonomi mikro ini pada dasarnya saling berkaitan satu dengan yang lain.Hal ini dapat dilihat ketika terjadi suatu perubahan ekonomi secara menyeluruh (makro), maka sudah barang tentu hal ini merupakan hasil dari perubahan berjuta-juta individu yang melakukan kegiatan ekonomi mikro.

Daftar Pustaka:
Raharja. P dan M. Manurung 2008. Pengantar Ilmu Ekonomi LPFEUI. Jakarta
http://dosenekonomi.com/ilmu-ekonomi/teori-ekonomi-mikro (diakses 6 Maret 2017)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.