.

Senin, 06 Maret 2017

Ilmu Ekonomi Berguna di Segala Lini Kehidupan Masyarakat

Oleh : Dwi Afriyanti










        Ilmu ekonomi sangat berguna bagi kehidupan kita pada saat ini, tanpa ilmu ekonomi, kita dapat di tipu-tipu oleh banyak orang. Seperti kita ketahui bahwa setiap transaksi termasuk kedalam ilmu ekonomi.

PENGERTIAN
        Menurut Prof . Paul . A . Samuelson Ilmu Ekonomi merupakan  suatu studi mengenai individu - individu dan masyarakat yang membuat pilihan, dengan atau tanpa menggunakan uang, dengan menggunakan sumberdaya terbatas – tetapi dapat digunakan dalam berbagaicara untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa serta mendistribusikannya untuk kebutuhan konsumsi, sekarang dan di masa datang, kepada berbagai individu dan golongan masyarakat.
        Menurut Ensiklopedi Indonesia Ilmu ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari usaha-usaha manusia untuk mencapai kemakmuran serta gejala-gejala dan hubungan yang timbul dari usaha tersebut

 TUJUAN
        Menurut GP.2016.Pengertian,Tujuan, Ciri dan Jenis Prinsip Ekonomi Beserta Contohnya.
Dalam melakukan suatu prinsip ekonomi karna ingin mencapai suatu tujuan, Yaitu Ada beberapa tujuan prinsip ekonomi. yakni sebagai berikut.
  • Untuk mencegah terjadinya pemborosan dalam konsumsi.
  • Untuk memperkecil adanya suatu kerugian akibat dari sebuah kesalahan-kesalahan tertentu.
  • Untuk mendapatkan suatu keuntungan yang semaksimal mungkin.
  • Untuk mempergunakan kemampuan dan modal yang dimiliki.
Permasalahan Ekonomi
        Masalah ekonomi merupakan suatu hal yang terjadi karena kelangkaan atau scarcity . Apa yang langka? yang mengalami kelangkaan adalah sumberdaya atau faktor produksi, dan karena sumber daya itu langka maka alat pemuas kebutuhan manusia yang berupa  barang dan jasa juga mengalami kelangkaan. Baik dari masalah ekonomi modern maupun ekonomi klasik, yaitu:
a. Ekonomi Klasik :
  • Produksi : Kegiatan produksi merupakan kegiatan yang digunakan untuk meningkatkan ataupun membuat sebuah barang maupun jasa. Jika tidak mempunyai sumber daya yang cukup, ataupun terdapat kesalahan pada saat memproduksi sebuah barang dan atau jasa yang ada, kita tidak dapat memproduksi barang tersebut sehingga menjadi kelangkaan di luar sana.
  • Konsumsi : Menurut EK.2016.3Masalah pokok ekonomi dalam aliran klasik. Merupakan kegiatan ekonomi yang mengurangi nilai guna suatu barang maupun jasa. atau juga dapat diartikan sebagai kegiatan memakai suatu prduk. 
  • Distribusi : merupakan kegiatan ekonomi dimana barang yang kita jual akan dikirimkan ke oarang banyak (konsumen) dengan kata lain, apabila ada beberapa karyawan yang tidak dapat mendistribusikan barang (produk) maka akan terjadi kelangkaan.
b. Ekonomi Modern :
  •  What : Arti yang di maksud dengan what merupakan sebuat pertanyaan "apa" yang akan di produksi di sebuah pabrik. Karena, tanpa kita ketahui barang apa yang akan kita jual, makan kita tidak dapat berproduksi. Hal ini lah yang menyebabkan kelangkaan.
  • Whom : Sebeleum memproduksi barang, kita juga harus menentukan orang atau konsumen yang dituju. Agar pada saat di jual atau di publikasikan ke masyarakat banyak yang membelinya. Jika tidak, maka produk yang kita jual tidak akan laku di pasaran.
  • How : Bila kita sudah menentukan produk dan siapa yang akan kita tuju ada baiknya kita memikirkan bagaimana cara agar barang tersebut dapat di buat dan cara agar banyak peminatnya. Jika kita tidak mengetahuinya, kita tidak dapat memproduksi maupun tak ada yang beli.
  • Who : Siapa yang akan melakukan produksi?, oleh sebab itu, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang orang di balik layar.
MANFAAT 
        Menurut SP.2015.Pengertian Dan Manfaat Ilmu Ekonomi :
  • Membantu memahami wujud prilaku sekonomi dalam dunia nyata secara lebih baik
  • Mengetahui lebih baik dari pada tidak mengetahui
  • membuat yang mempelajarinya lebih baik dan aman daripada tidak sama sekali
  • memberikan pemahaman atas potensi dan keterbatasan kebijakan ekonomi
  • mengetahui membuat lebih bijak daripada tidak.

SUMBER
http://www.gurupendidikan.com/pengertian-tujuan-ciri-dan-jenis-prinsip-ekonomi-beserta-contohnya-terlengkap/ Tujuan Ilmu Ekonomi
http://seputarpengertian.blogspot.co.id/2015/09/pengertian-dan-manfaat-ilmu-ekonomi.html Manfaat Ilmu Ekonomi
http://ekonomi-kelasx.blogspot.co.id/2014/06/3-masalah-pokok-ekonomi-dalam-aliran-klasik.html Konsumsi, Ekonomi Klasik
http://www.edukiper.com/2015/10/masalah-pokok-ekonomi-berdasarkan.html
Prathama Rahardja , M.Manurung. 2008. Pengantar Ilmu Ekonomi. LPFEUI. JAKARTA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.