Oleh : Anna Lusiana
Dalam
pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang Teori Perilaku Konsumen Konsumen yang sangat mempengaruhi terhadap
permintaan barang atau jasa.
Perilaku konsumen adalah proses yang dilalui oleh seseorang/ organisasi dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan membuang produk atau jasa setelah dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhannya. (Siska. 2011. http://merdifransisca.blogspot.co.id/, 20 Maret 2017)
Perilaku konsumen adalah proses yang dilalui oleh seseorang/ organisasi dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan membuang produk atau jasa setelah dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhannya. (Siska. 2011. http://merdifransisca.blogspot.co.id/, 20 Maret 2017)
Kenapa Perilaku konsumen dapat mempengatuhi
Keputusan Pembelian Jasa?
Menurut Subianto, Totok (2016) Perilaku konsumen
menjadi dasar untuk melakukan kebijakan pemasaran yang didasarkan pada
pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen sehingga dapat memiliki Customer Loyalty.
Selain itu terdapat
beberapa teori-teori perilaku konsumen adalah sebagai berikut:
1. Teori
Ekonomi Mikro. Teori ini beranggapan bahwa setiap
konsumen akan berusaha memperoleh kepuasan maksimal. Mereka akan berupaya
meneruskan pembeliannya terhadap suatu produk apabila memperoleh kepuasan dari
produk yang telah dikonsumsinya, di mana kepuasan ini sebanding atau lebih
besar dengan marginal utility yang diturunkan dari pengeluaran yang sama untuk
beberapa produk yang lain.
Asumsi dari teori ini
adalah :
a. konsumen selalu mencoba memaksimumkan kepuasannya
dlm batas-batas kemampuan finansialnya.
b. konsumen mempunyai pengetahuan tentang
beberapa alternatif sumber untuk memuaskan kebutuhannya. (Andrian,
Dyka. 2014. https://dykaandrian.blogspot.co.id/2014/12/teori-teori-perilaku-konsumen.html,
20 Maret 2017)
2.
Teori
Psikologis.
Teori
ini mendasarkan diri pada faktor-faktor psikologis individu yang dipengaruhi
oleh kekuatan-kekuatan lingkungan. Bidang psikologis ini sangat kompleks dalam
menganalisa perilaku konsumen, karena proses mental tidak dapat diamati secara
langsung
3.
Teori
Antropologis. Teori ini juga menekankan perilaku
pembelian dari suatu kelompok masyarakat yang ruang lingkupnya sangat luas,
seperti kebudayaan, kelas-kelas sosial dan sebagainya. (Siska. 2011. http://merdifransisca.blogspot.co.id/,
20 Maret 2017)
Kemudian ada beberapa pengertian dan asumsi dasar (utama)
yang harus diketahui:
1) Barang
adalah benda dan jasa yang produsen
jual untuk dikonsumsi sehingga dapat memenuhi kebutuhan konsumen dan memiliki
manfaat serta kegunaan.
2) Utilitas adalah ukuran manfaat yang
diperoleh karena menggunakan produk atau jasa dan dibandingkan dengan
alternatif penggunaannya.
3) Hukum
Pertambahan Manfaat yang Makin Menurun
Pada
awalnya penambahan konsumsi suatu barang akan memberi tambahan utilitas yang
besar, tetapi makin lama pertambahan itu akan merubah nilai utilitas menjadi menurun
bahkan negatif.
4) Kosistensi Preferensi merupakan kemampuan konsumen untuk
menyusun prioritas pilihan agar dapat mengambil keputusan. Seperti mana yang
lebih utama atau lebih baik. (Rahardja, Prathama dan Mandala
Manurung. 2008. Pengantar Ilmu Ekonomi)
5) Pengetahuan Sempurna berguna untuk konsumen agar dapat
melihat mana barang yang lebih berkualitas maka konsumen akan mencari informasi
lebih lanjut mengenai barang tersebut.
Daftar Pustaka :
Andrian, Dyka. 2014. Teori – Teori Perilaku Konsumen. dykaandrian.blogspot.co.id.
Diambil dari: https://dykaandrian.blogspot.co.id/2014/12/teori-teori-perilaku-konsumen.html
. (diakses 20 Maret 2017)
Rahardja, Prathama dan Mandala Manurung.
2008. Pengantar Ilmu Ekonomi.
Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Sisca. 2011. Teori Perilaku Konsumen. merdifransisca.blogspot.co.id. Diambil
dari: http://merdifransisca.blogspot.co.id/
. (diakses 20 Maret 2017)
Subianto,
Totok. 2007. Studi Tentang Perilaku
Konsumen Beserta Implikasinya terhadap Keputusan Pembelian. Malang: Jurnal Ekonomi
Modernisasi. Vol. 3, No.3, Oktober 2007. Diambil dari: http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JEKO/article/viewFile/945/720
(diakses 20 Maret 2017)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.