.

Minggu, 15 April 2018

Penggolongan Sektor Industri Dalam Perekonomian

Oleh : Alvian Fuadi
Kode peserta : @C05-Alvian

ABSTRAK
Di dalam artikel ini akan dibahas mengenai apa itu sektor industri dan bagaimanakah pembagian jenis industri itu sendiri dalam perekonomian Indonesia.
Latar belakang dalam penulisan artikel ini adalah saya melihat masih banyaknya masyarakat awam yang belum memahami bagaimana penggolongan jenis industri itu dalam perekonomian Indonesia. Maka dari itu diharapkan kepada masyarakat awam untuk membaca artikel ini agar mereka bisa lebih memahami apa itu penggolongan jenis industri dalam perekonomian Indonesia.
Kata kunci : sektor industri, penggolongan jenis industri, perekonomian

PENDAHULUAN
Di era globalisasi ini, negara-negara di berbagai belahan dunia berlomba-lomba untuk memajukan seluruh sektor yang terdapat di negaranya. Tidak terkecuali dalam sektor industri. Saat ini sektor perindustrian di seluruh dunia sangat berkembang pesat. Hal ini dapat dilihat dari perkembangan teknologi dalam bidang perindustrian yang semakin lama semakin canggih. Akan tetapi meskipun banyak sekali kelebihan-kelebihan yang dirasakan dalam sektor industri ini, ternyata sektor perindustrian juga memiliki dampak yang negatif.
Begitu pula di Indonesia, Indonesia merupakan negara yang menjadikan sektor industri menjadi mata pencaharian sebagian besar penduduknya. Hal ini dibuktikan dari banyaknya industri-industri menggunakan teknologi yang cukup canggih, sehingga tidak sedikit sektor industri di Indonesia bisa menembus pasar asing.

PERMASALAHAN
1.      Apa itu sektor industri ?
2.      Bagaimanakah penggolongan sektor industri dalam perekonomian ?
3.      Adakah dampak positif dan negatif nya dari pembangunan sektor indutri ini ?

PEMBAHASAN
        I.            Sektor Industri
Industri adalah suatu usaha atau kegiatan pengolahan bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi barang jadi yang memiliki nilai tambah untuk mendapatkan keuntungan. Usaha perakitan atau assembling dan juga reparasi adalah bagian dari industri. Hasil industri tidak hanya berupa barang, tetapi juga dalam bentuk jasa. Sedangkan perindustrian adalah tatanan dan segala kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan industri.
Industri mengacu pada produksi barang dan jasa dengan mengubah input menjadi output dan atau penciptaan utilitas ke pelanggan. Barang yang diproduksi oleh industri digunakan oleh konsumen untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan mereka atau oleh industri lain untuk produksi lebih lanjut. Suatu industri dapat merujuk pada ekstraksi, pembangkitan, konversi atau produksi barang dan jasa atau konstruksi produk bangunan dengan harga tertentu.
      II.            Penggolongan sektor industri
·         Macam-macam industri berdasarkan tempat bahan baku :
1. Industri ekstraktif
Industri ekstraktif adalah industri yang bahan baku diambil langsung dari alam sekitar. Contoh : pertanian, perkebunan, perhutanan, perikanan, peternakan, pertambangan, dan lain lain.
2. Industri nonekstaktif
Industri nonekstaktif adalah industri yang bahan baku didapat dari tempat lain selain alam sekitar.
3. Industri fasilitatif
Industri fasilitatif adalah industri yang produk utamanya adalah berbentuk jasa yang dijual kepada para konsumennya. Contoh : Asuransi, perbankan, transportasi, ekspedisi, dan lain sebagainya.
·         Penggolongan industri menurut jumlah tenaga kerja :

1.      Industri kecil : industri yang menggunakan tenaga kerja kurang dari 10 orang, misalnya industri rumah tangga. 
2.      Industri menengah : industri yang menggunakan tenaga kerja antara 10 – 50 orang. Modal usahanya sudah besar, misalnya dalam bentuk CV dan PT. 
3.      Industri besar : industri yang menggunakan lebih dari 50 orang, dan antara pemimpin perusahaan dan karyawannya tidak saling mengenal. Modal usaha jauh lebih besar dan penjualan hasil produksinya pun lebih luas.

·        Jenis industri berdasarkan produktifitas perorangan
1.      Industri primer
adalah industri yang barang-barang produksinya bukan hasil olahan langsung atau tanpa diolah terlebih dahulu
.
Contohnya adalah hasil produksi pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, dan sebagainya.
2.      Industri sekunder
Adalah industri yang mengolah bahan mentah sehingga menghasilkan barang-barang untuk diolah kembali.
Misalnya adalah pemintalan benang sutra, komponen elektronik, dan sebagainya.
3.      Industri tersier
Adalah industri yang produk atau barangnya berupa layanan/jasa.

Contoh seperti telekomunikasi, transportasi, perawatan kesehatan, dan masih banyak lagi yang lainnya.
·       Penggolongan industri menurut tingkat produksi 
1.      Industri berat : penggunaan mesin untuk produksi alat-alat berat. 
2.      Industri ringan : Penggunaan mesin untuk memproduksi barang jadi.
3.      Industri dasar : Industri yang menggunakan mesin-mesin untuk memproduksi bahan baku atau bahan pendukung bagi indutri lainnya. 
4.      Industri rumah tangga :Industri yang menghasilkan kerajinan tangan.

    III.            Dampak positif dan negatif
·       DAMPAK POSITIF
a. Menambah penghasilan penduduk sehingga meningkatkan kemakmuran
b. Perindustrian menghasilkan aneka barang yang dibutuhkan oeh masyarakat.
c. Perindustrian memperbesar kegunaan bahan mentah
d. Usaha perindustrian dapat memperluas lapangan pekerjaan bagi penduduk.
e. Mengurangi ketergantungan Negara pada luar negeri.  
f. Dapat merangsang masyarakat utuk meningkatkan pengetahuan
·         DAMPAK NEGATIF
a. Limbah industry akan menimbulkan pencemaran air, tanah dan udara
b. Asap-asap pabrik menimbulkan polusi udara.
c. Akibat dari pncemaran, banyak menimbulkan kematian bagi binatang-binatang, manusia dapat terkena penyakit, hilangnya keindahan alam dan lain-lain.

KESIMPULAN
Berdasarkan dari isi artikelini maka dapat disimpulkan bahwa Industri adalah suatu usaha atau kegiatan pengolahan bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi barang jadi yang memiliki nilai tambah untuk mendapatkan keuntungan. Sedangkan perindustrian adalah tatanan dan segala kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan industri. Lalu dari industri ini sendiri dapat digolongkan masing-masing seperti apa yang telah dijelaskan diatas. Pembangunan industri atau perindustrian ini sendiri juga memiliki berbagai dampak positif dan negatif nya. Perindustrian juga bisa bermanfaat sebagai sumber mata pencaharian. Sekian dan terima kasih.

DAFTAR PUSTAKA
-          Dosen Ekonomi.2018.Jenis-jenis industri. Dalam https://dosenekonomi.com/ilmu-ekonomi/industri/jenis-jenis-industri
-          Maya Utama.2015.Sektor industri di Indonesia. Dalam http://mayautamanf.blogspot.co.id/2015/05/sektor-industri-di-indonesia.html
-          Tedi Mulyadi.2016.Pengertian sektor industri. Dalam http://budisma.net/2016/06/pengertian-sektor-industri.html
-          Reszajulianisha.2016.Dampak industrialisasi di Indonesia. Dalam https://reszajulianisha.wordpress.com/2016/06/23/perekonomian-indonesia-industri-dan-industrialisasi/
-          Dheayani Ellen.2016.Industri. Dalam http://dheayaniellen.blogspot.co.id/2015/05/industri.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.