.

Sabtu, 30 Juni 2018

Pengaruh Pajak Terhadap Keseimbangan Ekonomi


@C06-Bendy, @Proyek-12
Oleh Bendy Emeraldi Alvaro





Abstrak
Sistem perhitungan pajak setiap negara berbeda tergantung kepada kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintahnya.Seiring dengan penyempurnaan yang dilakukan secara berkesinambungan, sistem perhitungan pajak di Indonesia telah beberapa kali mengalami perubahan.Hal tersebut tercermin dari perubahan yang terjadi pada undang-undang yang terkait dengan masalah perpajakan sebagai landasan hukum bagi berlakunya sistem perpajakan di Indonesia.Pajak merupakan sumber penerimaan negara yang utama.

KataKunci
Pajak, Negara, Warga Negara, Ekonomi.

Pendahuluan
Pajak adalah pungutan yang bersifat dipaksakan oleh negara kepada warga negaranya untuk memenuhi berbagai macam tuntutan dan perkembangan dalam pembangunan. Peran pajak sangat besar dalam pertumbuhan ekonomi suatu Negara sebagai salah satu pendapatan utama untuk membiayai segala macam kebutuhan.
Ada beberapa persoalan mendasar yang terkait dengan mempengaruh pajak dalam perekonomian. Dalam hal tersebut akan dibahas melalui pengaruh pajak terhadap kemampuan dan keinginan untuk melakukan pekerjaan, menabung, dan kemampuan serta keinginan untuk melakukan investasi.

Permasalahan
1. Apakah yang dimaksud dengan pajak, dan hal apa saja yang terkait dengan pajak?
3. Efek apakah yang ditimbulkan pajak terhadap perekonomian?
3. Apa tujuan dari pajak itu sendiri?
4. Pengaruh apa yang ditimbulkan pajak dalam produksi?

Pembahasan
Pajak merupakan suatu pungutan yang dipaksakan oleh pemerintah untuk berbagai tujuan, misalnya untuk membiayai penyediaan barang dan jasa publik, untuk mengatur perekonomian, dapat juga mengatur konsumsi masyarakat. Karena sifatnya yang dipaksakan tersebut maka pajak akan mempengaruhi perilaku ekonomi masyarakat atau seseorang.
   Pajak merupakan sumber penerimaan negara yang sangat penting dalam menopang pembiayaan pembangunan yang bersumber dari dalam negeri. Besar-kecilnya pajak akan menentukan kapasitas anggaran negara, baik untuk pembiayaan pembangunan maupun anggaran rutin. Pajak sebagai instrumen fiskal yang merupakan penerimaan negara kemudian menjadi suatu investasi pemerintah dan digunakan untuk memenuhi kemakmuran rakyat.

Efek Perpajakan Dalam Perekonomian
            Pajak merupakan suatu pungutan yang dipaksakan oleh pemerintah untuk berbagai tujuan, misalnya untuk membiayai penyediaan barang dan jasa publik, untuk mengatur perekonomian, dapat juga mengatur konsumsi masyarakat. Karena sifatnya yang dipaksakan tersebut maka pajak akan mempengaruhi perilaku ekonomi masyarakat atau seseorang.

Pengaruh Pajak Terhadap Produksi
            Pengaruh pajak terhadap produksi dapat dibagi dalam pengaruhnya terhadap produksi sebagai keseluruhan dan komposisi produksi. Pengaruhnya terhadap produksi sebagai keseluruhan berlangsung melalui pengaruh-pengaruhnya terhadap kerja, tabungan dan investasi. Kemudian lebih jauh lagi kita melihat pengaruh-pengaruh terhadap kerja, tabungan, dan investasi itu melalui kemampuan dan keinginan, yaitu kemampuan dan keinginan untuk bekerja, menabung dan mengadakan investasi.

Tujuan Perpajakan
Perlunya system perpajakan adalah untuk membiayai berbagai pengeluaran Negara. Tujuan dari perpajakan itu sendiri adalah untuk menekan konsumsi dan investasi dari system kegiatan social sehingga system administrasi dapat menyediakan barang dan jasa public, social atau kolektif dan dapat memberikan  subsidi kepada golongan miskin tanpa menimbulkan inflasi dan kesukaran dalam neraca pembayaran. Selain itu, perpajakan juga mempunyai tujuan sebagai sumber pendapatan Negara.

Kesimpulan
Pajak merupakan iuran wajib yang harus di bayar oleh setiap warga Negara Indonesia berdasarkan jenisnya masing-masing. Pajak juga berpengaruh dalam perekonomian dan produksi. Pajak mempunyai tujuan seperti memberikan subsidi kepada golongan miskin.

Daftar Pustaka
-Cici, Maisri.2014.Makalah Pengaruh Pajak dalam Perekonomian Indonesia.Dalam http://cicimaisri65.blogspot.com/2014/02/makalah-pengaruh-pajak-terhadap.html
-Zhelika, Nurtriani.2013.Pengaruh Pajak dalam Perekonomian.Dalam http://zhelikazheaa.blogspot.com/2013/05/pengaruh-pajak-terhadap-perekonomian.html
-Handoyono.2013.Pengaruh Pajak dalam Perekonomian.Dalam https://analisishands.blogspot.com/2012/04/pengaruh-pajak-terhadap-perekonomian.html
-Nunik, Septiani.2014.Pengaruh Pajak Terhadap Perekonomian.Dalam http://pos-ekonomi.blogspot.com/2014/11/pengaruh-pajak-terhadap-perekonomian.html
-Maudy, Citra.2014.Pengaruh Pajak Terhadap Perekonomian.Dalam http://mavitri.blogspot.com/2014/11/pengaruh-pajak-terhadap-perekonomian.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.