.

Sabtu, 10 Maret 2018

Keseimbangan Pasar



Oleh : Alvian Fuadi
Kode Peserta : @C05-Alvian

ABSTRAK
Mekanisme pasar adalah kecenderungan dalam pasar bebas untuk terjadinya perubahan harga sampai pasar menjadi seimbang (jumlah yang ditawarkan sama dengan jumlah yang diminta). Mekanisme pasar yang bisa berjalan secara sehat akan dapat membentuk kondisi yang seimbang antara permintaan dan penawaran, yaitu kondisi di mana tidak ada kelebihan ataupun kekurangan stok.
Sehingga jumlah barang yang ditawarkan dalam satu periode tertentu sama dengan barang yang diminta. Pada kondisi inilah harga keseimbangan akan terbentuk.
    
KATA KUNCI
Mekanisme pasar, harga keseimbangan, permintaan, penawaran.

PENDAHULUAN
Pada prinsipnya, aktivitas perekonomian yang terjadi di pasar didasarkan dengan adanya kebebasan dalam bersaing, baik itu untuk pembeli maupun penjual. Penjual mempunyai kebebasan untuk memutuskan barang atau jasa apa yang seharusnya untuk diproduksi serta yang akan di distribusikan. Sedangkan bagi pembeli atau konsumen mempunyai kebebasan untuk membeli dan memilih barang atau jasa yang sesuai dengan tingkat daya belinya.
Mekanisme pasar yang bisa berjalan secara sehat akan dapat membentuk kondisi yang seimbang antara permintaan dan penawaran, yaitu kondisi di mana tidak ada kelebihan ataupun kekurangan stok. Sehingga jumlah barang yang ditawarkan dalam satu periode tertentu sama dengan barang yang diminta. Pada kondisi inilah harga keseimbangan akan terbentuk.

PERMASALAHAN
1.      Apa pengertian keseimbangan pasar ?
2.      Apa saja faktor yang mempengaruhi keseimbangan pasar ?
3.      Bagaimana contoh kurva keseimbangan pasar ?

PEMBAHASAN
1.      Pengertian keseimbangan pasar
Keseimbangan pasar adalah harga yang terbentuk pada titik pertemuan kurva permintaan dan kurva penawaran, atau dengan kata lain adalah harga kesepakatan antara penjual dengan pembeli. Pada harga keseimbangan penawaran bersedia melepas barang/jasa, sedangkan konsumen bersedia membayar harganya. Dalam kurva harga keseimbangan terjadi titik temu antara kurva permintaan dan kurva penawaran, yang disebut Equilibrium Price. Terbentuknya harga dan kuantitas keseimbangan di pasar merupakan hasil kesepakatan antara pembeli (konsumen) dan penjual (produsen) di mana kuantitas yang diminta dan yang ditawarkan sama besarnya. Jika keseimbangan ini telah tercapai, biasanya titik keseimbangan ini akan bertahan lama dan menjadi patokan pihak pembeli dan pihak penjual dalam menentukan harga.
Harga keseimbangan dapat dicari berdasarkan fungsi permintaan dan fungsi penawaran yang telah diketahui. Harga keseimbangan pasar di dapat pada saat jumlah barang yang diminta sama dengan jumlah barang yang ditawarkan menunjukkan satu tingkat harga yang sama. Dengan demikian, untuk mencari harga keseimbangan dan jumlah keseimbangan pasar, fungsi permintaan sama dengan fungsi penawaran. Secara matematis hal ini dapat ditunjukkan oleh persamaan Qd=Qs.
2.      Faktor yang mempengaruhi keseimbangan pasar :
a)      Permintaan terhadap barang atau jasa bertambah, sedangkan jumlah barang atau jasa terbatas.
b)      Tinggi rendahnya biaya produksi. Jika biaya pembuatan atau produksi suatu produk sangat tinggi maka produsen akan membuat produk lebih sedikit dan harga jual yang mahal karena takut tidak mampu bersaing dengan produk sejenis dan produk tidak laku terjual. Hal ini dapat mempengaruhi keseimbangan pasar. Tingginya harga barang membuat daya pembeli masyarakat selaku konsumen turun tetapi jika rendahnya harga suatu barang membuat konsumen berbondong-bondong untuk membelinya.
c)      Pandangan masa depan dari produsen atau konsumen.
d)     Produsen mengetahui selera konsumen. Selera konsumen terhadap barang dan jasa dapat mempengaruhi jumlah barang yang diminta. Jika selera konsumen terhadap barang tertentu meningkat maka permintaan terhadap barang tersebut akan meningkat pula. Dalam hal ini jika produsen pandai melihat peluang, dengan ia menawarkan suatu produk barang atau jasa yang lebih banyak maka akan terjadi sebuah keseimbangan.
e)      Penawaran terhadap barang atau jasa bertambah, sedangkan daya beli konsumen tetap atau berkurang.

3.      Contoh kurva keseimbangan pasar

Silahkan lihat grafik tersebut :




Pada grafik tersebut titik keseimbangan terletak pada huruf E, dimana terjadi kesepakatan harga antara penjual dengan pembeli sebesar 0-P dengan jumlah barang 0-Q. Cara menghitung harga keseimbangan sangat mudah jika disediakan tabel tinggal lihat saja Q yang sama antara Qd dengan Qs, nah P nya pasti harga keseimbangan.

KESIMPULAN
Jika dilihat dari penjelasan yang ada diatas adalah harga bisa dikatakan seimbang apabila permintaan dan penawaran yang ada dipasar juga seimbang. Itu karena ketiga hal tersebut saling berkaitan satu sama lain. Para produsen dan konsumen juga mengharapkan harga di pasar terus seimbang agar kebutuhannya dalam sehari-hari bisa terpenuhi. Disini juga diperlukan peran pemerintah untuk terus menstabilkan harga yang ada dipasar. Semoga harga dipasar bisa terus seimbang.

DAFTAR PUSTAKA:
-          Arlina Design.2017.Harga Keseimbangan. Dalam http://www.ilmu-ekonomi-id.com/2015/12/harga-keseimbangan-equilibrium-price.html
-          Mas Agung.2016.Pengertian Pasar. Dalam http://woocara.blogspot.co.id/2016/01/pengertian-pasar-jenis-jenis-pasar-fungsi-pasar.html
-          Candy Gloria.2011.Keseimbangan pasar. Dalam https://candygloria.wordpress.com/2011/11/05/keseimbangan-pasar/
-          Sevtiana Seva.2017.Keseimbangan pasar dan struktur pasar. Dalam http://beseva88.blogspot.co.id/2017/05/keseimbangan-pasar-dan-struktur-pasar.html
-          Drs. Zaenuddin Kabai, M.Pd..2015.Keseimbangan Pasar. Dalam http://ekonomiakuntansiid.blogspot.co.id/2015/09/harga-keseimbangan-pasar.html




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.